Nothing is impossible. Ungkapan itu terasa cocok untuk menggambarkan duel antara tim putra SMA CIta Hati West Surabaya dan SMAN 1 Pacet Mojokerto pada Sabtu, 21 September 2024. 

Bagaimana tidak. Posisi skuad Cheetah West (sebutan tim SMA Cita Hati West Surabaya) tak tergoyahkan selama tiga kuarter berjalan. 

Namun, di satu sisi, pergerakan kesatria Smansapa (julukan tim SMAN 1 Pacet Mojokerto) juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Perlahan tapi pasti. Mereka bangkit mengejar ketertinggalan. 

Putra Smansapa terus mendulang poin demi poin, memperkecil selisih skor. Ketika waktu tersisa satu menit, three point dari Genaya Muslim berhasil menyamakan kedudukan dengan skor sementara 30-30. 

Aksi heroik itu seketika mengundang sorak sorai penonton. Akankah pertandingan berlanjut hingga overtime?

Rasa penasaran yang muncul segera terjawab di 26 detik terakhir. Lagi-lagi, tembakan three point menyelamatkan putra Smansapa dari jurang kekalahan. Kali ini, giliran Mochammad Iqbal Cahaya yang menjadi penyelamat tim. 

Laga ditutup dengan Smansapa menambah satu poin buah dari free throw Genaya Muslim. Itu artinya skuad besutan Andrea Tedy Kristanto sukses membalikkan keadaan dengan kemenangan 30-34 atas Cheetah West. 

Keberhasilan putra Smansapa ini sekaligus menandai kemenangan perdana dari tiga laga yang telah dijalani di Round 2. Sayangnya, pencapaian tersebut belum berhasil membawa putra Smansapa melaju ke babak Playoffs.

Meski begitu, kebahagiaan jelas tergambar di wajah setiap pemain. Tak sedikit pula dari mereka yang seketika sujud syukur begitu buzzer dibunyikan. 

Terlebih, kegembiraan itu tentu terasa lebih spesial bagi dua sosok pahlawan Smansapa hari ini. Di tengah peluh yang masih membasahi wajah keduanya, baik Genaya maupun Iqbal tak henti-henti menunjukkan senyuman. 

Bahkan, saat dihampiri tim DBL.id, mereka langsung membuka obrolan dengan ungkapan apresiasi bagi jajaran pendukung Smansapa. 

“Terima kasih buat Spartans (sebutan suporter SMAN 1 Pacet Mojokerto), bapak ibu guru, dan temen-temen semua. Pokoknya, warga Smansapa yang udah ngeluangin waktu buat nonton!” buka Genaya. 

Iqbal yang mendengar perkataan Genaya pun tak mau kalah membagikan perasaannya. Baginya, pencapaian kali ini jelas menjadi kebanggaan tersendiri. 

“Wah, pas kuarter terakhir itu leading-nya bisa dari 20 ke 34 itu keren banget!” ungkap Iqbal. 

Baca juga: Dukungan Para Guru di DBL Arena, Kawal Putra Smansapa Menuju Round 2!

Tidak ada rahasia khusus di balik momen comeback putra Smansapa. Satu hal pasti, menanamkan rasa yakin ternyata menjadi sumber kekuatan mereka. 

“Kita yakin aja pokoknya tadi. Coach Andre juga bilang yang penting fokus dan yakin. Apalagi, tadi juga udah dikasih tugas sama coach buat three point, jadi lakuin aja,” beber Genaya. 

Meski terdengar mudah, Iqbal sendiri tak menampik jika rasa grogi sempat menghantui dirinya. Apalagi, mengingat waktu yang semakin dekat dengan akhir pertandingan. 

“Jelas sempet agak tegang, tapi kita kan main untuk nama sekolah. Apalagi, cuma seumur hidup sekali, jadi harus totalitas,” ujarnya. 

Sebagai siswa kelas 12, Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North tentu menjadi kesempatan terakhir bagi Genaya dan Iqbal. Bukan hal yang mengherankan jika perasaan senang maupun sedih dirasakan keduanya secara bersamaan. 

“Kemarin, kita sempet down karena kalah. Siapa sih yang nggak mau juara. Ini juga tahun terakhir, tapi kita ternyata cuma bisa sampe Round 2. Tapi, seneng juga akhirnya menang,” ucap Genaya sambil tersenyum. 

Di balik emosi campur aduk yang menghampiri, Iqbal sendiri tak lupa menyelipkan harapan yang ditujukan bagi penerus skuad Smansapa. Pemain bernomor punggung satu ini tentu menantikan aksi Smansapa di musim depan. 

“Harapan untuk adik-adik semoga bisa lebih baik dari tahun ini. Semangat juga karena banyak pemain baru yang belum pengalaman juga. Intinya semangat!” tutup Iqbal. 

Terima kasih untuk putra Smansapa yang telah bermain dengan sportif selama gelaran Honda DBL 2024 East Java-North. See you on next season, guys!

Baca juga: Dari Wilayah Paling Selatan Mojokerto dan Mimpinya di DBL Surabaya

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Hasil DBL Malang: Kosayu Berjumpa Smasa Blitar di Big Eight!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 21 September 2024
Hasil DBL Malang: Ini Deretan Tim Putra yang Lolos ke Babak Big Eight!
Siapkan Timmu! Ini Jadwal Babak Playoffs DBL Malang
Misi Lestarikan Budaya Jawa Berlanjut, Tentacles Suguhkan Koreo Reog Ponorogo!