ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Coach Filixs Bendatu (kiri) bersama Coach Deo (kanan) selepas laga Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Guru terbaik adalah pengalaman, apalagi pengalaman berguru pada ahlinya.

Laga Selasa, 17 September 2024 menjadi momen reuni pelatih SMA Petra 4 Sidoarjo dengan SMA Petra 1 Surabaya. George Christiano Amadeo Buraen kembali bertemu dengan mantan pelatihnya di klub dulu, Filixs Bendatu.

Pertandingan Srikandi Petra 4 dan Petra 1 berakhir di angka 18-40 untuk kemenangan Petra 1. Ini adalah laga perdana Petra 1 di Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North.

Selepas gim, penulis menemui coach Filixs terlebih dahulu untuk memintanya berfoto dengan mantan anak asuhnya, yang akrab dipanggil Deo itu. Setelah sekian lama, akhirnya mereka berdua kembali bertemu di DBL Arena. Bukan sebagai guru dan murid lagi. Tapi sebagai sesama pelatih.

Karena coach Filixs masih memimpin tim putra SMA Petra 1 Surabaya untuk laga berikutnya, penulis mengajak Deo untuk berbincang. Setelah ngobrol sejenak, ternyata Deo juga adik dari salah satu teman penulis. Memang dunia sempit. Tim Petra 4 juga tampak menunggu sang pelatih selesai berbincang dengan penulis.

Baca Juga: Srikandi Petra 1 Siap Mengulang Sejarah dari Tahun ke Tahun

Setelah puas bertukar cerita, Deo membuka pengalamannya ketika dilatih coach Filixs dulu. Pelatih Petra 4 itu mengaku, ia dilatih di salah satu klub Sidoarjo saat masih duduk di bangku SD.

“Aku dilatih Suk Filixs itu pas masih kelas 4 atau 5 SD. Tahun 2014 lalu,” buka Deo.

Meski sudah 10 tahun lalu, Deo masih ingat beberapa arahan dan penekanan yang diberikan pelatihnya dulu. Beberapa hal diantaranya adalah terkait kontrol bola dan kerja sama tim.

“Aku inget, pesannya dulu itu kalau masuk paint area, jangan langsung nembak. Lari-lari dulu. Sama kalau main, perhatikan teman, kasih bola ke yang on fire,” ujar Deo,  sambil mengingat arahan pelatihnya dulu.

Ketika tahu akan menghadapi mantan pelatihnya, cowok kelahiran 2004 itu berkata dirinya cukup overthinking ketika persiapan laga hari itu.

“Ya gimana ya, ndredeg, takut kalah, tapi ya seneng juga. Campur aduk lah. Dapat skor segitu musuh coach Filixs ya, lumayan lah,” ujarnya sambil tersenyum.

Baca Juga: Lolos ke Round 2, Coach Felix: Semoga Ini Tahunnya Petra 1 Surabaya

Bagi kalian yang belum tahu, Filixs Bendatu adalah salah satu pebasket legendaris tanah air yang akrab dikenal sebagai “The Lion.” Ia mendapatkan ‘cinderamata’ berupa julukan itu dari salah satu pemain Filipina saat membela skuadnya tahun 1995.

Tapi, dibanding Filixs, ia lebih dikenal dengan sebutan Felix. Kenapa begitu? Hal itu karena kekeliruan penyebutan namanya oleh salah satu komentator di masa ia masih bermain. Si pencetus nama  'Felix' itu bernama Helmy Yahya.

Sang shooter kenamaan Indonesia itu kemudian memilih untuk mengabdikan diri sebagai pelatih. Ia ingin mencetak generasi pebasket muda yang lebih baik untuk kedepannya. Sebelum menetap di Surabaya, ia sempat di Sidoarjo. Kebetulan melatih klub tempatnya bertemu dengan Deo.

Dari situlah, Deo menaruh respek terhadap mantan pelatihnya itu. Ia benar-benar bangga, pernah menjadi salah satu hasil ‘polesan’ sang legenda. Hingga kini bisa melatih sebuah tim basket yang berlaga di kompetisi sebesar DBL.

“Berkat pengalamannya, beliau berhasil mencetak banyak pemain berbakat juga. Makanya itu, pas ketemu ya tadi yang tak bilang. Siapa yang nggak ndredeg ketemu legend basket,” katanya sembari tertawa.

“Pasti punya pride tersendiri lah,” tutup Deo dengan mantap.

Meski sudah tak melantai sebagai pemain, Filixs Bendatu tetap meneruskan baktinya sebagai pelatih demi kemajuan basket tanah air. Teruslah poles generasi penerusmu, The Lion!

Baca Juga: SMP Petra 1 Menang Dramatis, Filixs Bendatu: Musuh Terbesar adalah Diri Sendiri!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY