Setelah melewati proses penyaringan ketat, para delegasi asal Round 1 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North berhasil memberikan warna baru pada pertempuran di Round 2. Seperti halnya yang terjadi pada Senin, 16 September 2024.

Barisan tim dari Round 1 berlomba-lomba mengamankan kemenangan demi tiket playoffs yang jumlahnya sangat terbatas. Hanya ada masing-masing delapan tiket untuk sektor putra dan putri yang dibagikan. Itupun mereka harus bersaing dengan beberapa tim unggulan musim lalu.

Itulah alasan di balik terciptanya pertarungan-pertarungan sengit di DBL Arena Surabaya. Buat kalian yang terlewat akan keseruan pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North pada Senin, 16 September 2024, simak selengkapnya di sini.

SMAN 1 Pacet Mojokerto vs SMA Gloria 1 Surabaya (PUTRA)

Kemenangan kedua SMA Gloria 1 Surabaya berhasil diamankan. Artinya, jalan menuju playoffs pun terbuka makin lebar. Seolah tak ada gangguan berarti, anak asuhan Desandrew Pudyo Tinoto Adiwdijaja tersebut menyudahi pertandingan pembuka atas SMAN 1 Pacet Mojokerto dengan skor 58-14.

Sebagai runner up musim lalu, kegaharan Gloria 1 masih sangat layak untuk diperhitungkan. Bahkan seolah menjadi mimpi buruk bagi para penantangnya. Mengingat Gloria 1 sukses menuntaskan dua laga terakhir dengan kemenangan yang meyakinkan.

Pada kesempatan ini, Gloria 1 makin solid. Seluruh amunisi Gloria 1 berhasil torehkan angka pada halaman statistik. Mereka juga punya catatan waktu yang cenderung merata. 

Paling banyak, Kenas Lebtinneo menyumbangkan sembilan angka untuk Gloria 1. Disusul Carlson Tjiang dengan 8 poin dan 8 rebound.

Baca Juga: Glenn Matondang, Mengejar Mimpi Basketnya Hingga Surabaya

Masih ada satu penantang terakhir yang harus dihadapi Gloria 1 yang bakal menentukan perjalanan mereka ke fase berikutnya, yakni SMA Ciputra Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Gloria 1 Surabaya vs SMAN 5 Surabaya (PUTRI)

Siapa sudah rindu aksi para srikandi SMA Gloria 1 Surabaya di lapangan? Juara bertahan DBL East Java ini akhirnya melantai untuk pertama kalinya musim ini. Gloria 1 adalah salah satu tim yang langsung bertanding sedari Round 2 DBL East Java-North 2024.

SMAN 5 Surabaya atau Smala merupakan “ujian” perdana bagi mereka. Mengingat Gloria 1 masih dengan tujuan yang sama seperti musim-musim sebelumnya, yakni mempertahankan singgasananya. Hal itu yang akhirnya membuat Gloria 1 langsung tancap gas sejak tepis mula.

Seperti biasa, permainan cepat Gloria 1 membuat lawan begitu kewalahan. Baru memasuki kuarter pertama, mereka langsung melesatkan 21 poin dan terus menjauh di setiap kuarternya. 

Sebaliknya, Smala justru tidak menambahkan poin satu pun hingga kuarter ketiga. Mereka begitu kesulitan menambahkan pundi-pundi angka. Melihat tembok pertahanan para pemain Gloria 1 juga begitu kokoh.

Di samping itu, para pemain Gloria 1 begitu lihai di lapangan. Tercatat, tiga pemain mereka berhasil catatkan tiga digit angka, yakni Shannon Dominique Susila dengan 13 poin, serta Mayviana Lysandra Tandiono dan Putu Kezia Angelie Setiawan yang sama-sama membukukan 11 poin.

Baca Juga: Cerita Shannon Bertemu Phil Handy dan Ketenangan Berkat Musik Mellow

Kemenangan ini membawa SMA Gloria 1 Surabaya bakal menjalani laga do or die demi memperebutkan kursi playoffs. Di mana mereka akan berhadapan dengan SMA Cita Hati East Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Waru vs SMAN 2 Mojokerto (PUTRI)

SMAN 1 Waru (Smantaru) seolah beri kejutan. Siapa sangka, mereka langsung melibas pertahanan SMAN 2 Mojokerto pada pertandingan perdananya. Meski beberapa pemain akui masih nervous, namun Smantaru berhasil menyudahi laga dengan kemenangan meyakinkan 47-20.

Awal mula yang baik untuk barisan srikandi Smantaru. Terlebih mereka juga merupakan salah satu tim yang berhasil melesat sampai putaran Big Eight musim lalu, sehingga anak didik Andri Danarto itu punya waktu yang lebih panjang untuk membidik kekuatan para penantangnya.

Terbukti, pada laga ini, Smantaru berhasil membuat SMAN 2 Mojokerto tak punya daya untuk mengungguli mereka. Pada kesempatan ini, tercatat dua pemain berhasil menorehkan pada halaman statistik.

Adapun dua pemain itu di antaranya, Angel Theodora dengan 11 rebound dan Amelia Nur Aqilah dengan 14 poin. Menariknya, Amelia Nur, pemain Smantaru dengan nomor punggung 10 itu punya akurasi tembakan tiga angka yang sempurna. Dua percobaan tiga angka berhasil dikonversi menjadi angka.

Baca Juga: Merawat Kekompakan Skuad Putri Smantaru ala Coach Andri

Tersisa satu pertandingan terakhir bagi SMAN 1 Waru untuk bisa memastikan satu tempat di babak playoffs. Di mana mereka bakal bertanding sekaligus menjalani laga do or die kontra SMAN 3 Sidoarjo pada Sabtu, 21 September 2024.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMP Petra 3 Surabaya vs SMP Negeri 19 Surabaya (PUTRA)

Pertempuran Junior Exhibition Games 2024 Surabaya juga tak henti-hentinya memberikan kejutan. Siapa sangka, SMP Negeri 19 Surabaya berhasil menumbangkan salah satu semifinalis musim lalu, yakni SMP Petra 3 Surabaya.

Sejatinya, Petra 3 masih cukup kuat. Bahkan salah satu pemain mereka berhasil membukukan dua digit poin pada pertandingan melawan SMP Negeri 19 Surabaya. Adalah Jayden Christian Thio, pemain dengan nomor punggung sembilan itu bermain selama 37 menit dan menyumbangkan 17 poin.

Namun, aksi ciamik Jayden rupanya belum bisa membawakan kemenangan untuk timnya. Pasalnya SMP Negeri 19 Surabaya justru punya formasi pemain yang terbilang solid. Anak asuhan Elanggono Eka Putra langganan torehkan angka pada halaman statistik. 

Pada kesempatan ini, Regan Naufal Effendy adalah top skor dari tubuh SMP Negeri 19 Surabaya. Guard dengan nomor punggung enam itu membukukan total 10 poin, 5 steal, 4 rebound, dan 2 assist. Disusul Galih Putra Kharisma dengan 8 poin, 7 rebound, 5 steal, 3 assist, dan 3 blok.

Torehan itu membuat SMP Negeri 19 Surabaya berhasil menyudahi pertandingan dengan skor telak 40-22. Kemenangan ini membawa SMP Negeri 19 Surabaya bakal berjumpa dengan SMP Negeri 22 Surabaya yang juga mengantongi kemenangan atas laga sebelumnya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo vs SMAN 19 Surabaya (PUTRA)

Keep the hope alive. SMAN 19 Surabaya dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo sama-sama mengantongi kekalahan atas pertandingan sebelumnya. Namun, semangat dari kedua tim justru tak mengendur. 

Mereka tetap bermain habis-habisan demi menjaga asa itu tetap ada. Pada kesempatan ini, SMAN 19 Surabaya atau Nineteen berhasil unggul lebih dulu dan mampu mempertahankannya sampai akhir laga.

Tak heran, De’Angelist Saviour Matthew kembali menjadi bintang pada pertandingan Nineteen. Pemain dengan nomor punggung 14 itu menyumbangkan 17 poin, 7 steal, dan 4 rebound. Pemain yang cukup fenomenal. Mengingat Matthew selalu menorehkan dua digit poin di setiap laganya.

Sejatinya, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda Sidoarjo) sendiri bukan tanpa perlawanan. Tampak satu pemain mereka juga membukukan dua digit poin, Moch Dedy Nur Fathoni dengan 10 poin. Sayang, torehan itu belum bisa membawanya pada gerbang kemenangan.

Hasil itu membuat Smamda Sidoarjo harus bertengger di dasar klasemen. Sedangkan, Nineteen naik satu tingkat. Pada laga mendatang, Smamda Sidoarjo bakal berjumpa SMA Vita Surabaya. Sedangkan, Nineteen akan bertemu SMAN 5 Surabaya pada laga terakhirnya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Ciputra Surabaya vs SMA Cita Hati West Surabaya (PUTRA)

Pertarungan dua tim asal Surabaya Barat yang begitu mencengangkan. SMA Ciputra Surabaya dan SMA Cita Hati West Surabaya (Cheetah West) menyajikan partai penutup yang luar biasa. Meski Cheetah West sudah mengantongi satu kekalahan, mereka tetap gahar mengejar sebuah kemenangan. 

Namun, ambisi Ciputra lebih besar kali ini. Mengingat Ciputra sukses mengamankan kemenangan atas laga sebelumnya. Sehingga pertandingan ini sangat menentukan nasib mereka di pertandingan selanjutnya. Hal itulah yang membuat pertandingan berlangsung ketat.

Cheetah West sedang berusaha menjegal laju mulus Ciputra. Sementara, skuad Ciputra sendiri berupaya untuk tetap berada dalam posisi aman. Alhasil, paruh pertama berlangsung sengit, bahkan kuarter kedua ditutup dengan skor imbang 17-17. 

Belum aman. Paruh kedua justru makin ketat. Kuarter pemungkas terasa sangat panjang, pasalnya kedua tim saling memberikan serangan yang membuat pertandingan ini nyaris beranjak ke babak tambahan waktu. Ketatnya pertandingan membuat mekanisme Head Coach’s Challenge digunakan untuk pertama kalinya.

Setelah melewati 40 menit waktu pertandingan, Ciputra menolak overtime. Mereka tampil maksimal hingga detik-detik terakhir dan menutup pertandingan dengan skor 29-24. Kemenangan ini membawa Ciputra pada laga do or die melawan SMA Gloria 1 Surabaya pada Selasa, 24 September 2024.

Baca Juga: Reuni di Lapangan, Verrel Tristan: Seru Ketemu Temen Sendiri!

Sedangkan, Cheetah West bakal menghadapi penantang terakhirnya di Round 2 DBL East Java-North 2024 pada Sabtu, 21 September 2024 melawan SMAN 1 Pacet Mojokerto.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Cek hasil klasemen sementara Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
To The Future: Merantau! Binus Jadi Destinasi Studi Gerry Sunandy