Selalu ada hal baru yang bisa “digali” dari para peserta Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. Selain sibuk mengasah skill basket, banyak student athlete yang kerap menyibukkan diri dengan segudang aktivitas lain di luar lapangan. Salah satunya adalah Onesimus Berthyoni Sasabone, center tim putra SMAN 19 Surabaya. 

Kecintaan cowok yang akrab disapa One terhadap basket memang tak perlu diragukan lagi. Dirinya telah menekuni bidang olahraga ini sejak duduk di bangku SMP. 

Tak heran jika kegemarannya itu membawanya untuk berada dalam barisan skuad Nineteen (sebutan tim SMAN 19 Surabaya) selama tiga musim berturut-turut di ajang DBL. Dari lima game musim ini, One bahkan mampu mencatatkan 27 poin, 22 rebound, 7 assist, dan 11 steal

Namun, siapa sangka bila persiapannya menuju Honda DBL 2024 East Java-North justru mengantarkannya menemukan hobi baru. Jika menilik Instagram pribadinya, terlihat jelas bahwa dirinya kerap mengikuti berbagai event olahraga lari. Lantas, apa yang membuatnya tertarik menekuni dunia baru ini?

“Aku terjun ke lari karena awalnya nyoba-nyoba aja, eh ketagihan. Akhirnya, sampe beli sepatu sama sering ikut lomba, sekalian buat persiapan fisik DBL,” bukanya. 

Pemain bernomor punggung 55 ini mengaku bahwa ketertarikan itu muncul dengan sendirinya. Tidak ada dorongan dari mana pun. Menurutnya, kegemaran baru ini membawa dampak positif bagi performanya selama melantai di DBL Arena Surabaya. 

“Buat motivasi diri sendiri, sih. Aku pingin jadi yang tercepat. Akhirnya, tertarik olahraga lari dan langsung nyiapin,” tutur One. 

One mengungkapkan bahwa minatnya terhadap dunia lari mulai tumbuh pada bulan Mei. Sejak itu, ia semakin serius menggeluti hobi barunya ini. 

“Buat sekarang aku berhenti dulu buat fokus DBL, abis gitu lanjut lagi. Sejauh ini, saya udah ikut empat event dan paling jauh itu 14 kilometer,” ungkap cowok berperawakan 183 sentimeter. 

Baca juga: Sempat Dilema, Coach Dhanendra Sukses Bawa Putri Nexix’s Menuju Round 2!

Seperti peserta Honda DBL 2024 East Java-North dengan segudang ritual uniknya, One juga punya kebiasaan tersendiri sebelum memulai lomba larinya. Bukan persiapan khusus, ia justru menikmati camilan ringan sebelum berlomba. 

“Saya suka makan cokelat sebelum lari. Nggak tahu ya, enak aja rasanya buat lari kalo abis makan cokelat, hehehe,” ujarnya seraya terkekeh. 

Ia tidak menampik bahwa terdapat perbedaan signifikan terkait persiapan yang dilakoninya untuk olahraga basket dan lari. Menurutnya, perbedaan itu terletak pada kebutuhan latihan yang bertolak belakang. 

“Pertama, program latihannya beda. Basket menggunakan semua otot, kalo lari lebih ke otot kaki. Jadi, latihannya udah beda,” beber cowok kelahiran 2007.

Nah, One ternyata punya tips yang bisa diterapkan buat kamu yang tertarik untuk mulai mendalami dunia lari. Penasaran apa saja itu?

“Percaya diri aja dulu, nggak usah malu sama perlengkapan yang ada. Kedua, mulai sama latihan ringan. Buat perlengkapannya, maksimalin yang ada dulu. Kalo larinya udah maksimal, baru beli yang lebih bagus,” ungkapnya. 

Selain itu, One pun menambahkan bahwa tidak memaksakan diri juga tidak kalah penting. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera. 

Kalo mampunya jogging, ya jogging aja dulu daripada cedera. Terus, berdoa sih supaya nggak cedera,” katanya. 

One pun tampak tidak main-main dengan hobi barunya ini. Dirinya bahkan telah menetapkan target sebagai bentuk keseriusannya. 

“Target saya ikut yang 21 kilometer dengan rata-rata pace empat,” pungkasnya. 

Baca juga: Minta Maaf ke Mama Jadi Ritual Pemanggil Dua Digit ala De’Angelist Saviour

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Lucu! Berikut Best Five DBL Dance Competition 2024 West Nusa Tenggara
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Yuk kenalan Sama si Jaguars, Maskot Pertama di Seri Ibu Kota
Preview Opening Party North Region : Depoel Punya Rookie yang mengancam