ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret Coach Ateng saat memantau permainan Skuad CH East di Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Skill bagus tapi mental nol ya percuma.”

Ungkapan itu datang dari pelatih SMA Cita Hati East Surabaya, Ateng Sugijanto. Berkiprah di dunia pelatih lebih dari tiga dekade, coach Ateng ingin membagikan sejumlah kiat-kiat melatih basket. Khususnya dalam pemantapan mental.

Kami bertemu tepat setelah laga hari Minggu, 15 September 2024 usai. Pertandingan antara skuad Cheetah East -sebutan SMACita Hati East Surabaya- melawan Gloria 2 -sebutan SMA Gloria 2 Surabaya- berakhir di angka 51-4. Skuad besutannya berhasil mengamankan kemenangan perdana mereka.

Kebetulan saat itu lorong ruang ganti DBL Arena Surabaya tengah ramai. Karena penuh, kami terpaksa berbincang di saat riuh decitan sepatu pemain dan teriakan semangat pemain saling bersahutan.

Coach Ateng membuka obrolan dengan perjalanan melatihnya. Ternyata,  pria kelahiran Surabaya itu sudah melatih sejak tahun 1992. Berawal dari klub, ia kemudian mulai melirik tim basket sekolah.

“Dulu pertama saya melatih klub. Baru 2008 saya masuk IPH East. Buat persiapan DBL. Sekarang saya bersama dengan Cita Hati East,” buka Ateng, sambil mengingat momen tersebut.

Baca Juga: Musik Plus Speaker Jadi Rumus All Out Putra Cheetah East Jelang Round 2

Dari pengalamannya, coach Ateng punya sejumlah kiat yang ingin dibagikan. Menurutnya, tim solid harus punya kemampuan individu yang merata. Hal tersebut bertujuan agar bisa saling back up satu sama lain.

“Nah, buat yang kurang, itu dapat perhatian khusus. Kita kasih mereka drill yang harus dilakukan. Kita juga kasih mereka kesempatan untuk mengejar ketertinggalannya. Jam terbang mereka juga ditambah,” ujarnya.

Cara melatih coach skuad Cheetah East ini juga terbilang keras, namun terukur. Ia menyatakan, anak didiknya harus dibiasakan disiplin.

“Saya nggak terlalu banyak adjust sama anak-anak Mas. Kalau sudah di lapangan harus tegas. Kalau di luar lapangan bebas. Kita bisa sebagai saudara atau orang tua,” tutur pelatih berzodiak Taurus itu.

Sebagai penutup, sang pelatih ingin menekankan pembentukan mental yang kuat bagi timnya. Hal tersebut berangkat dari pembiasaan tim bertemu lawan yang lebih kuat. Dari sana, barulah dominasi tim bisa terbentuk.

“Kita harus melihat kekuatan lawan. Harus diantisipasi juga. Nanti baru kita perhatikan komposisi latihannya bagaimana,” tutup coach Ateng.

Baca Juga: Sempat Ganti Kostum Dadakan, CH East Surabaya Cheers Team Boys: Sedikit Lega!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY