ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret pertandingan SMAN 10 Surabaya (jersei putih) versus SMA Petra 4 Sidoarjo di DBL Arena Surabaya

Malam Minggu bersama DBL Surabaya yang luar biasa. Dari pagi hingga malam, tensi di lapangan tidak pernah menurun. Bahkan partai terakhir antara SMKN 2 Surabaya dan SMAN 20 Surabaya justru penuh sesak. Alias DBL Arena Surabaya full house.

Hari keempat Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North berhasil menyajikan laga yang menarik untuk disaksikan ulang. Sabtu, 14 September 2024, merupakan hari yang bersejarah bagi beberapa tim. 

Selain ada yang meraih kemenangan dramatis, juga ada tim yang mengalami kekalahan menyakitkan. Simak rangkumannya di sini.

SMA Muhammadiyah 1 Gresik vs SMA Nation Star Academy Surabaya (PUTRI)

Laga debut SMA Nation Star Academy Surabaya tak terbendung. Masih dengan formasi pemain yang tak jauh berbeda dengan musim lalu, membuat barisan srikandi SMA Nation Star Academy Surabaya (NSA) masih sangat perkasa. 

SMA Muhammadiyah 1 Gresik (Aremu) merupakan tim dari Round 1 yang jadi penantang pertama mereka di Round 2 DBL East Java-North. Meski Aremu adalah salah satu tim putri terbaik yang berangkat dari fase sebelumnya, tetap saja NSA sulit untuk dikalahkan.

Bahkan sejak pertandingan dimulai, NSA bermain begitu cepat. Peluang demi peluang berhasil dikonversi menjadi poin. NSA berhasil menutup kuarter pertama dengan margin dua digit, dan terus bertambah pada setiap kuarternya.

Seperti biasa, hampir semua pemain NSA berhasil catatkan angka pada halaman statistik masing-masing. Paling banyak, Aileen Winanda Gunawan mentereng dengan 15 poin serta Faustina Jocelyn Emiliana 10 poin. Dominasi NSA berhasil membuat Aremu bertekuk lutut dengan skor 67-7.

Kemenangan mulus NSA di laga perdananya bukan jaminan bagi mereka untuk bisa beranjak ke playoffs. Pasalnya masih ada SMAN 1 Manyar Gresik yang bakal menjadi lawan mereka selanjutnya. Begitupun lawan bagi Aremu.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Gresik vs SMA Nation Star Academy Surabaya (PUTRA)

Solid. Barisan penggawa SMA Nation Star Academy Surabaya juga berhasil mengamankem kemenangan perdananya di Round 2. Pada kesempatan ini, mereka menumbangkan sesama puncak klasemen Round 1, yakni SMAN 1 Gresik dengan skor 54-32.

Permainan agresif NSA berhasil membuat SMAN 1 Gresik tak berdaya. Bahkan anak asuhan Aries Herman itu saja menutup kuarter pertama dengan margin 15 angka. Hal itu seolah memupuskan harapan SMAN 1 Gresik untuk bisa terbang ke playoffs.

Sejatinya, SMAN 1 Gresik sendiri bukan tanpa perlawanan. Tertinggal cukup jauh di paruh pertama, mereka berhasil mengimbangi permainan NSA di paruh kedua. Bahkan dua pemain milik SMAN 1 Gresik berhasil catatkan dua digit angka, yakni Edward Bezaleel dengan 12 poin dan Muhammad Rizal dengan 11 poin.

Namun, NSA tak kalah perkasa. Dua pemain mereka juga ikut menyumbangkan dua digit angka. Adalah Daniel Sutisna dengan 19 poin dan Macxquel Rehan Thiemailattu, si langganan top skor dengan 15 poin.

Hasil baik berhasil membuka peluang NSA untuk bisa melanjutkan perjalanan ke fase berikutnya. Namun, mereka harus menghadapi dua tim unggulan lebih dulu, di antaranya SMA Gloria 2 Surabaya dan SMA Cita Hati East Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Gresik vs SMAN 2 Jombang (PUTRI)

Gagal balaskan kekalahan tim putranya, tim putri SMAN 1 Gresik justru ikut tumbang. Berjumpa dengan SMAN 2 Jombang pada pertandingan pertama di Round 2, SMAN 1 Gresik justru pulang dengan tangan kosong. Mereka harus ketangguhan lawan, di mana SMAN 2 Jombang berhasil menyudahi laga dengan skor 23-21.

Selamat dari overtime. Pertandingan antardua tim pendatang ini seolah mengawali laga panas yang hadir pada hari keempat Round 2 DBL East Java-North 2024. SMAN 1 Gresik harusnya memimpin sejak kuarter pertama hingga kuarter ketiga. Namun, ambisi SMAN 2 Jombang membuat mereka cukup kewalahan.

Benar-benar bukan debutan biasa. Setelah berhasil mengamankan dua kemenangan penuh di Round 1, SMAN 2 Jombang kembali tebar ancaman di Round 2. Bahkan mereka berhasil bangkit dari ketertinggalan di kuarter pemungkas.

Hal itulah yang akhirnya membuat SMAN 1 Gresik kewalahan dan sulit untuk memegang kendali permainan. Syifa Azmi adalah tulang punggung SMAN 2 Jombang. Selain bermain selama empat kuarter penuh, Syifa juga berhasil membukuan poin pada saat-saat krusial. Total, pemain bernomor punggung 28 itu mencetak 12 poin.

Masih ada satu pertandingan tersisa. Pada laga berikutnya, SMAN 1 Gresik dan SMAN 2 Jombang akan bersua dengan salah satu tim unggulan Surabaya, SMA St. Louis 1 Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMP Negeri 21 Surabaya vs SMP Ciputra Surabaya (PUTRA)

Pertandingan Junior Exhibition Games 2024 Surabaya selalu menyimpan cerita. Bahkan laga kelas SMP ini selalu panas, mengingat para peserta harus mengamankan kemenangan demi bisa melanjutkan perjalanan ke fase berikutnya.

Pada laga yang kesekian, SMP Negeri 21 Surabaya akhirnya melantai lagi setelah absen beberapa musim terakhir. Di kesempatan ini, mereka berjumpa dengan SMP Ciputra Surabaya yang sudah memenangkan satu pertandingan atas laga sebelumnya.

Sejak kuarter pertama, SMP Negeri 21 Surabaya langsung jauh memimpin. Malah, mereka mampu menutup paruh pertama dengan margin 17 angka, yakni 20-3. Keunggulan SMP Negeri 21 Surabaya. Namun, siapa sangka SMP Ciputra Surabaya punya mentalitas yang luar biasa.

Di paruh kedua, Ciputra justru mulai mengejar. Anak didik Bhiantoro Darmawan itu seolah menemukan rasa percaya dirinya kembali. Dari margin dua digit, mereka mampu memangkasnya. Bahkan keadaan berbalik, di mana keunggulan menjadi milik mereka.

Tembakan gratis Devdan Sumin Nathaniel dan Kim Kenard Barlian lah yang menjadi jaminan kemenangan Ciputra. Pertandingan berakhir dengan skor tipis 25-23. Kemenangan ini berhasil memboyong Ciputra melaju ke fase berikutnya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Waru vs SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (PUTRA)

Pertandingan antara tim runner up grup terbaik, SMAN 1 Waru dengan tim pemuncak klasemen Round 1, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya berlangsung tak kalah menegangkan. Mengingat, satu kemenangan ini sangat mempengaruhi perjalanan mereka berikutnya.

Itulah mengapa kedua tim tampil habis-habisan pada laga ini. Sejatinya, SMAN 1 Waru (Smantaru) tak jauh tertinggal pada awal pertandingan. Bahkan mereka mampu mengimbangi permainan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (Smamda Surabaya).

Aksi solid Smamda Surabaya berhasil membuat mereka memegang kendali permainan. Meskipun Smantaru beberapa kali berusaha mendobrak tembok pertahanan mereka, namun Smamda Surabaya seolah tak rela peluang menuju playoffs berpindah ke tangan Smantaru.

Sejatinya, Smantaru sempat hampir menyamakan skor di kuarter pemungkas. Mereka berhasil memangkas margin menjadi dua poin saja. Sayang, aksi gegabah membuat mereka kembali tertinggal jauh. 

Ditambah 10 angka Farrel Aulia Pramudana mampu meresmikan kemenangan timnya. Smamda Surabaya pun menutup pertandingan dengan skor 35-24. Ke depannya, masih ada dua penantang lain yang harus mereka hadapi, yakni SMA Petra 5 Surabaya dan SMAN 1 Puri Mojokerto.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 10 Surabaya vs SMA Petra 4 Sidoarjo (PUTRA)

Laga seru dan dramatis kembali hadir di pertandingan SMAN 10 Surabaya. Setelah menjalani laga krusial yang cukup fenomenal melawan SMA Gloria 2 Surabaya di pertandingan do or die Round 1 silam, saat ini SMAN 10 Surabaya (Bigten) kembali menjalani laga serupa saat berjumpa SMA Petra 4 Sidoarjo.

Pertandingan benar-benar berjalan ketat sepanjang 40 menit waktu berjalan. Bagaimana tidak, margin dari kedua tim saja tak pernah lebih dari dua angka. Baik saat Bigten maupun Petra 4 yang memimpin.

Kuarter pemungkas kembali menjadi saksi. Di mana para pemain habis-habisan mengeluarkan seluruh kemampuannya demi mencapai sebuah kemenangan. Mengingat satu kemenangan bakal sangat berarti bagi perjalanan mereka berikutnya.

Tensi di lapangan makin panas saat waktu tersisa satu menit. Di mana kedua tim saling menambahkan poin dan berbalas keunggulan. Hingga tembakan dua angka dari Maulidiar Fathir Athalla berhasil membuat seisi DBL Arena Surabaya bergemuruh.

Pemain bernomor punggung 11 sekaligus kapten Bigten itu lagi-lagi jadi poin penentu kemenangan Bigten. Dirinya berhasil menambahkan poin saat waktu tersisa 13 detik dan meresmikan kemenangan timnya. Laga berakhir dengan skor 29-28.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMKN 2 Surabaya vs SMAN 20 Surabaya (PUTRA)

Partai pentup paling panas. Baru memasuki hari keempat Round 2 DBL East Java-North 2024, SMKN 2 Surabaya dan SMAN 20 Surabaya berhasil membawa pertandingan ke babak tambahan waktu. Hal itu menjadi bukti bahwa persaingan yang tersaji di Round 2 sangat ketat.

Bukan tanpa alasan, kedua tim ini bisa menjadi pemuncak klasemen Round 1. Kualitas SMKN 2 Surabaya (Smekda) dan SMAN 20 Surabaya (Twenty) benar-benar luar biasa. Bahkan Twenty mampu mengimbangi permainan Smekda yang sedang diunggulkan musim ini

Sejak awal pertandingan, Twenty memang lebih sering berada di posisi unggul. Namun, seperti yang kita tahu, Smekda tidak mungkin tinggal diam. Mereka juga ikut memberikan ancaman dan membuat Twenty jauh dari kata aman.

Sejatinya, Smekda juga unggul di akhir kuarter pemungkas. Hingga, tembakan gratis dari Reivano Benaiah seolah jadi mimpi buruk bagi Smekda. Skor pun berakhir imbang 22-22 dan membawa kedua tim beranjak ke babak tambahan waktu.

Sepanjang lima menit waktu tambahan, Twenty justru on fire. Mereka jauh meninggalkan Smekda dan terus menambahkan pundi-pundi poin. Sedangkan, Smekda tampak sulit menembus tembok pertahanan Twenty. Alhasil, anak asuhan Septian Rizky Saputra itu mampu menambahkan 12 poin, sedangkan Smekda hanya dua poin. Pertandingan berakhir dengan skor 34-24.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Cek hasil klasemen sementara Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY