ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret Coach Desandrew Pudyo Tinoto Adiwidjaja saat memantau Skuad Gloria 1 di laga Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Pelatih yang tak sekadar melatih. Ungkapan tersebut tepat ditujukan untuk coach Desandrew Pudyo Tinoto Adiwidjaja. Ia merupakan pelatih tim basket SMA Gloria 1 Surabaya.

Pria kelahiran Bondowoso itu mengabdikan dirinya untuk SMA Gloria 1 sejak tahun 2005. Menuju dua dekade perjalanan melatihnya, coach Desandrew ingin membagikan sejumlah kiat belajar basket.

Penulis bertemu dengan sosoknya selepas pertandingan usai. Sebelum beranjak pulang, ia bersedia untuk berbincang dengan penulis. Agar nyaman, kami mengobrol di dalam ruang ganti nomor dua. Gema obrolan kami terdengar nyaring, bersama dengan lengang DBL Arena di malam hari.

Coach Desandrew memulai obrolan dengan ulasan terhadap roster Gloria 1 musim ini. Kedatangan penggawa baru, sang pelatih mengatakan model yang diterapkannya membantu proses adaptasi para pemain. Pemain dengan perkembangan signifikan, pasti akan masuk roster.

“Anak-anak yang sudah sering latihan paham polanya, sedangkan yang baru pasti akan beradaptasi. Tiga yang menonjol, mereka kita bawa,” buka sang pelatih.

Baca Juga: Persiapan Mantap Putra Gloria 1, Yogie: Pengen Ketemu SMA Ciputra

Terkait target skuad besutannya, ia berkata titel adalah hal kesekian. Lewat sana, pelatih berzodiak Capricorn itu memberikan pitutur menarik tentang keberuntungan.

“Bagi saya, beruntung itu bukan hasil akhir, tapi ketika tim menghargai kesempatan. Kalau kita sudah siap, kita pasti beruntung,” ujar coach Desandrew.

“Semua tim pasti sudah punya persiapan matang. Tapi kita berharap, keberuntungan dari Tuhan datang lagi buat kita,” lanjutnya sambil tersenyum.

Obrolan kami kian berbobot tatkala sang pelatih membagikan penekanannya terhadap tim soal pemantapan mental. Menurutnya, para pemain harus menerapkan thinking basketball. Ketika dilakukan, performa mereka akan semakin baik.

“Nanti dari sana, mereka akan belajar bermain agresif, penilaian, pengambilan keputusan, hingga antisipasi kesalahan,” bebernya.

Pelatih Gloria 1 itu juga menyatakan antusiasmenya dalam melatih. Ia senang ketika anak didiknya bisa melewati proses berharga untuk pencapaian tertinggi mereka. Tentunya, lewat serangkaian latihan yang dilakukan.

“Ketika anak-anak sudah memandang latihan itu sebagai kebutuhan, bukan sebagai tuntutan. Itu baru asik,” tutupnya.

Obrolan kami berakhir ketika malam kian larut. Selepas itu, kami berdua saling berpamitan. Sang pelatih terlihat berjalan menuruni tangga dengan senyum terukir di wajahnya.

Skuad Gloria 1 berhasil memulai laga Round 2 mereka dengan kemenangan atas CH West -sebutan tim basket SMA Cita Hati West. Skor akhir 53-19 jadi angka pemungkas pertandingan Jumat, 13 September 2024 itu.

Baca Juga: Bonding Makan Bareng ala Srikandi Gloria 1 Surabaya Menuju Round 2

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY