ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim putri SMAN 5 Malang berhasil memenangkan pertandingan kontra SMAN 1 Batu di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-South dengan skor akhir 24-10, Jumat 13 September 2024.

Kerja sama tim yang baik berhasil ditunjukan oleh putri Dhamysoga (julukan SMAN 5 Malang) di laga ini. Tentu performa solid yang mereka tunjukan di lapangan tidak lepas dari tangan dingin pelatih mereka, yakni Dina Charisma.

Pelatih perempuan itu memang dipercaya menangani tim basket putra dan putri Dhamysoga di DBL Malang. Sifatnya yang tegas sukses membuat anak didiknya begitu disiplin. Tim basket putra mereka bahkan sudah mengoleksi dua kemenangan di DBL Malang.

Baca juga: 3DX Terinspirasi Beauty and The Beast, 7Legacy dan SMDC Kirim Pesan Cinta

Ketika ditanya urusan melatih, pelatih berusia 34 tahun ini mengatakan kunci tim putra dan putri Dhamysoga memenangkan pertandingan adalah sifat tegas di dirinya. “Iya, saya memang galak, saya akui,” ujarnya.

“Saya nggak pernah membeda-bedakan pemain putra dan putri. Di basket, nggak mengenal gender, kamu harus berjuang, disiplin, dan konsisten kalo mau menang dan juara. Nggak boleh ada yang baper. Kalau baper, nggak usah main basket,” tuturnya.

Uniknya, Dina punya cara tersendiri untuk melatih anak-anaknya. Terutama ketika sebelum pertandingan mulai. Beberapa jam sebelum tim putri mereka turun lapangan, Dina menyuruh anak didiknya untuk pemanasan sambil menyanyikan lagu-lagu Islami. Lebih spesifik, lagu yang liriknya melafalkan sifat-sifat Allah SWT.

Saat ditanya mengenai alasannya, ternyata Dina punya sebuah cerita yang menarik. Di tahun lalu, tim putra dan putri SMAN 5 Malang harus menelan kekalahan di DBL Malang. Ketika dievaluasi, ternyata banyak anak didiknya yang lupa berdoa sebelum bertanding.

Baca juga: Kapten Dhamysoga Bongkar Suka-duka Dilatih oleh Pelatih Perempuan, Apa Rasanya?

“Makanya saya suruh mereka buat berdoa dan berserah. Percuma kalau latihan dan jaga pola hidup tanpa berdoa, karena semuanya tergantung dengan yang di Atas,” ujarnya.

Selain berdoa, Dina juga menyuruh pemainnya untuk berpuasa dan salat Tahajud sebelum pertandingan mulai. Menariknya, tidak semua pemain putri beragama muslim. Ada satu pemain yang beragama Kristen. Dia adalah Laurencia Novena.

Meskipun demikian, Laurencia justru menunjukan sikap toleransi yang tinggi. Laurencia sendiri merupakan ketua ekstrakulikuler basket di SMAN 5 Malang.

“Dia (Laurencia) bahkan yang membangunkan teman-temannya untuk salat Tahajud semalam. Dia bertanggung jawab banget dan toleransinya memang oke,” ungkap Dina.

Ikuti terus cerita menarik dari Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-South lainnya di aplikasi DBL Play!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY