ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret pertandingan SMAN 1 Puri Mojokerto (jersei gelap) saat berhadapan dengan SMA Petra 5 Surabaya

Mulai sulit ditebak. Perjalanan hari pertama Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North begitu menarik untuk dipantau. Mengingat, hanya tim terbaik dari yang terbaik yang bisa melesat hingga ke tahap ini.

Baru memasuki hari pertama, SMA Frateran Surabaya menjadi tim pertama yang berhasil menumbangkan salah satu tim Round 2, yakni SMA Petra 2 Surabaya. Hal ini menjadi bukti, bahwa kualitas para tim begitu merata, Rabu, 11 September 2024.

Buat kalian yang terlewat momen seru sepanjang Round 2 DBL East Java-North 2024 hari pertama, simak rangkumannya di bawah ini.

SMP Cita Hati West Surabaya vs SMP Cita Hati East Surabaya (PUTRI)

Pertandingan Junior Exhibition Games 2024 Surabaya selalu tak kalah menarik. Pada kesempatan ini, derbi Cheetah berhasil membuat penonton tribun ikut gemas. Pertemuan srikandi SMP Cita Hati West Surabaya (Cheetah West) dengan SMP Cita Hati East Surabaya (Cheetah East) berlangsung ketat. 

Saling berbalas serangan terjadi sejak tepis mula. Keunggulan pun terus berpindak tangan. Cheetah West sempat memimpin di penghujung paruh pertama dengan skor 13-10. Namun, kuarter ketiga, mereka justru tak menambahkan poin satu pun. Sementara, Cheetah West membuat skor menjadi imbang 13-13.

Kuarter pemungkas adalah puncaknya. Ketika waktu tersisa satu menit, Cheetah East sempat memperkecil margin menjadi dua angka. Namun, adanya pelanggaran dan lengahnya tembok pertahanan Cheetah East, membuat Cheetah West berhasil memperjauh keunggulan dan laha berakhir dengan skor 23-17.

Kemenangan ini membawa mereka melaju ke putaran semifinal dan berjumpa dengan pemenang antara SMP Gloria 1 Surabaya kontra SMP Petra 1 Surabaya yang akan bertanding Kamis, 12 September 2024.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Singapore National Academy Sidoarjo vs SMAN 1 Puri Mojokerto (PUTRI)

Sempat sulit di awal pertandingan, SMAN 1 Puri Mojokerto tetaplah SMAN 1 Puri Mojokerto. Yap, salah satu tim pendatang yang kekuatannya selalu diperhitungkan ini kembali menuntaskan tugasnya dengan baik. Di laga perdananya, mereka mampu melibas SMA Singapore National Academy Sidoarjo atau Sabres dengan skor 21-13.

Margin yang tidak pernah lebih dari dua digit. Yap, begitulah yang terjadi sepanjang 40 menit waktu berjalan. Sejatinya, SMAN 1 Puri Mojokerto (Castle) terus memimpin. Namun, Sabres selalu penasaran dan berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Bahkan paruh pertama ditutup dengan skor tipis 9-8, keunggulan Castle.

Laga perdana, seolah berpengaruh dalam permainan Castle. Beruntung, mereka cukup cepat beradaptasi dan mampu memperjauh keunggulan di paruh kedua. Strategi ciptaan Ony Octariza Purnama Putra seperti membangkitkan semangat anak didiknya. Perlahan, Castle pun melesat. 

Hingga kuarter pemungkas, mereka mampu menjaga keunggulannya dengan baik. Kemenangan perdana pun berhasil diamankan, sekaligus membuka jalan menuju playoffs. Castle dan Sabres masih menyimpan satu laga terakhir. Mereka bakal menjalani laga berikutnya kontra SMAN 2 Surabaya. 

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Petra 5 Surabaya vs SMAN 1 Puri Mojokerto (PUTRA)

SMAN 1 Puri Mojokerto benar-benar tak mengecewakan barisan pendukungnya (Castlemania). Pasalnya, tim putra SMAN 1 Puri Mojokerto (Castle) berhasil menyusul kemenangan srikandinya atas SMA Petra 5 Surabaya dengan skor akhir 43-27.

Datang jauh dari Mojokerto, pulang dengan kemenangan penuh. Penggawa Castle membuktikan bahwa keberadaan mereka di Round 2 memang layak untuk diperhitungkan. Kehilangan salah satu pemain kunci, Castle justru punya banyak pengganti.

Aubrey Edrea Zannetha, pemain yang tak seberapa mencolok musim lalu, justru menjadi pencetak skor terbanyak di laga perdananya bersama Castle. Pemain dengan nomor punggung satu itu cukup efektif, dirinya berhasil membukukan 12 poin, 6 rebound, 5 steal, dan 2 assist, dengan akurasi poin 62 persen.

Kemenangan ini membuka peluang Castle untuk mengamankan targetnya musim ini. Mengingat, mereka sedang berusaha mempertahankan titel Big Eight. Masih ada dua laga tersisa. Ke depannya, Petra 5 dan Castle bakal berjumpa SMAN 1 Waru dan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 4 Sidoarjo vs SMAN 19 Surabaya (PUTRI)

Debut SMAN 4 Sidoarjo benar-benar mengerikan. Setelah melibas semua lawannya di Round 1 DBL East Java-North 2024, tren kemenangan SMAN 4 Sidoarjo (Sekawan) rupanya masih terus berlanjut. 

Pada laga perdananya di Round 2, Sekawan kembali mengamankan kemenangan atas SMAN 19 Surabaya, dengan skor 30-19. Meski SMAN 19 Surabaya (Nexix’s) digadang-gadang sebagai salah satu tim unggulan sektor putri, namun Sekawan tetap saja menerkamnya.

Anak asuh Fairuz Husnan itu bermain tanpa ragu sejak peluit tip off dibunyikan. Kuarter pertama saja ditutup dengan margin tiga angka, dan terus bertambah di setiap kuarternya. Rasa percaya diri seolah ingin segera mengakhiri laga dengan kemenangan. Mengingat, hanya ada satu tiket playoffs yang dibagikan setiap grup.

Anak Agung Kimiko Adriana tampil paling menyala dalam laga ini. Pemain dengan nomor punggung 99 itu cukup efektif dengan akurasi tembakan 62 persen. Dirinya sukses menyumbangkan 11 poin, 4 rebound, dan 2 steal.

Satu kemenangan telah dikantongi. Tersisa satu kemenangan lagi untuk bisa melenggang mulus ke playoffs. Begitu pun Nexix’s. Untuk menggagalkan laju Sekawan, mereka juga harus berburu kemenangan pada laga berikutnya. Di mana kedua tim ini bakal berjumpa SMAN 3 Mojokerto.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Vita Surabaya vs SMAN 19 Surabaya (PUTRA)

Laga sengit hadir di partai kelima. SMA Vita Surabaya, juara grup di fase sebelumnya bertanding melawan SMAN 19 Surabaya, salah satu tim dengan predikat runner up terbaik. Pertandingan ini rupanya berhasil membuat para penonton tak berkedip. Melihat tensi di lapangan yang tak pernah turun.

Margin terjauh dari kedua tim hanya mencapai tujuh angka. Hal itu menjadi sedikit gambaran soal sengitnya perebutan pemuncak klasemen sementara. Sejak laga dibuka, sejatinya Vita terus memimpin. Sebaliknya, SMAN 19 Surabaya hampir tak pernah dalam posisi unggul.

Duel antarpemain kunci menjadi hal yang menarik dalam laga ini. Di mana Vita punya Nelson Gunawan dan SMAN 19 Surabaya punya De’Angelist Saviour Matthew yang sama-sama bermain selama empat kuarter serta membukukan 16 poin.

Akan tetapi, dewi fortuna memang lebih berpihak kepada Vita. Melihat SMAN 19 Surabaya tampak ceroboh pada detik-detik penentuan. Mereka sempat memperkecil margin, namun mereka pula yang menjauh dari kata menang. Setelah mencoba beberapa cara untuk mengejar, tetap kemenangan berada di tangan Vita.

Anak besutan David Adiwardhana itu memastikan kemenangan perdananya di Round 2 dengan skor 44-41. Masih ada dua penantang lagi yang harus dihadapi oleh kedua tim, yakni SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dan SMAN 5 Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Petra 2 Surabaya vs SMA Frateran Surabaya (PUTRA)

SMA Petra 2 Surabaya menjadi tim unggulan pertama yang pulang dengan kekalahan. Pada pertandingan penutup kali ini, kekuatan Petra 2 berhasil diredam begitu saja oleh SMA Frateran Surabaya. Di mana laga berakhir dengan kemenangan yang cukup meyakinkan, 33-24.

Petra 2 merupakan salah satu tim sektor putra yang berangkat dari Round 2. Mereka sempat unggul lebih dulu dan cukup sulit untuk dikejar. Hal itu, membuat Frateran menjadi terseok-seok di paruh pertama. Yang mana kuarter kedua sempat ditutup dengan skor sementara 12-10.

Waktu jeda turun minum yang cukup lama, rupanya dimanfaatkan dengan baik oleh Kencawa Wukir, Pelatih Kepala Frateran. Alhasil, Frateran mulai berbalik unggul. Dan mereka mampu menjaganya, hingga peluit buzzer dibunyikan.

Kualitas Frateran memang tak bisa diremehkan. Formasi pemain yang unggul dari segala sisi membuat api mereka sulit untuk dipadamkan. Dari sekian pemain yang moncer dalam laga ini, Jose Tanadi lagi-lagi keluar sebagai pencetak skor terbanyak. Pemain dengan nomor punggung tujuh itu menyumbangkan total 11 poin.

Selamat untuk kemenangan pertamanya, Frateran! Jangan menyerah untuk Petra 2, karena masih ada dua tim lain yang harus dilewati, yakni SMAN 20 Surabaya dan SMKN 2 Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Cek hasil klasemen sementara Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY