ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pemain yang baik, datang dari pelatih yang disiplin dan tegas. Mungkin kalimat itu cocok untuk menggambarkan kondisi tim putra SMAN 1 Blitar. Mereka baru saja menang atas SMA Kalam Kudus di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-South, Senin 9 September 2024, dengan skor akhir 45-23. 

Ini merupakan kemenangan kedua mereka, setelah berhasil mengandaskan SMA Frateran Malang di laga perdananya. Secara statistik, sebenarnya tidak banyak berbeda dari pertandingan sebelumnya. Pemain Smasa (julukan SMAN 1 Blitar) masih menunjukan performa yang baik.

Kunci dari performa pemain Smasa yang konsisten ini tentu tidak lepas dari tangan dingin Andy Setiawan, pelatih Smasa. Pelatih yang telah menakhodai Smasa sejak 2015 ini mengatakan, cara melatihnya yang disiplin dan tegas menjadi faktor di balik kesuksesan Smasa menorehkan kemenangan kedua mereka.

Baca juga: Jadwal dan Link Livestream DBL Malang Hari Ini 9 September 2024

Saat pertandingan, coach Andy memang terlihat sering kali mengoreksi kesalahan pemain mereka. Tentunya sambil berteriak. Tidak hanya itu, ia juga tak segan untuk memarahi pemainnya jika berbuat kesalahan di lapangan.

"Saya lebih pilih dibilang disiplin daripada galak. Kenapa? Karena anak-anak ini memang harus ditegasi. Ini pemain-pemain muda, makanya saya harus tegas supaya bisa membentuk karakter mereka," ungkapnya.

Di tahun 2015 lalu, sebenarnya coach Andy menjabat sebagai asisten pelatih Smasa. Ia baru menjadi kepala pelatih di tahun 2019. Sejak saat itu, ia selalu menanamkan beberapa hal mendasar untuk pemain-pemain Smasa.

"Pokoknya, yang terpenting adalah komunikasi dalam tim. Saya selalu menekankan komunikasi. Kondisi di lapangan, terutama di DBL, sangat meriah dan ramai, makanya komunikasi itu penting. Selain itu, mereka juga harus bagus fundamentalnya," tutur coach Andy.

Dua hal itu, komunikasi dan fundamental, menjadi hal penting yang ia sebut sebagai pondasi bagusnya performa anak-anak Smasa. Ditambah karakternya yang tegas di lapangan, tak ayal Smasa berhasil melaju ke babak Fantastic Four DBL Jawa Timur di musim lalu. Mengalahkan deretan tim yang berasal dari Kota Malang.

Baca juga: Tahun Terakhir Melantai di DBL Malang Bikin Lukas Agastya Overthinking

Perjuangannya membawa Smasa untuk melangkah ke babak Championship Series pun ingin ia ulangi lagi di tahun ini. Coach Andy berharap, karakternya yang tegas ketika di lapangan, bisa membuat anak didiknya jadi lebih disiplin dan membawa tim Smasa kembali mengukir prestasi.

"Saya jadi kepala pelatih tahun 2019. Senior saya selalu mengajarkan dan kalau karakter dan fundamental sangat berpengaruh bagi pemain basket. Mereka harus disiplin sebagai pemain, dan punya fundamental yang baik juga. Dua hal itu akan terus saya tekankan ke anak-anak," tukasnya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY