ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sosok Damas Adietama, pelatih tim SMAN 1 Gresik, dalam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Selesai sudah perjuangan SMAN 1 Gresik di Round 1. Bukan, bukan berarti langkah mereka terhenti. Justru, tim yang akrab dengan julukan Smansa ini sukses mengunci satu tempat di Round 2!.

Kali ini, mereka harus berhadapan dengan sesama SMAN 1, tepatnya SMAN 1 Surabaya. Dua tim tersebut sebenarnya memiliki peluang yang sama untuk mengamankan satu tiket di babak berikutnya. 

Sebelumnya, Smansa (sebutan SMAN 1 Gresik) telah meraih dua kemenangan beruntun. Sementara, Satoe (sebutan SMAN 1 Surabaya) mengantongi satu kemenangan dan satu kekalahan. 

Satoe bisa saja melangkahkan kaki ke Round 2, asalkan menang atas Smansa dengan margin minimal 18 poin. Namun, keberuntungan belum berpihak kepada mereka. Smansa justru berbalik menang dengan skor akhir 29-19. 

Laga terakhir pada hari Senin, 2 September 2024 ini sempat berlangsung ketat. Bahkan, Smansa sempat tertinggal di kuarter awal. Meski begitu skuad besutan coach Damas Adietama langsung melancarkan aksi balas dendam. Terbukti, mereka selalu unggul dari kuarter kedua hingga terakhir. 

Begitu buzzer berbunyi, pasukan yang mengenakan jersey merah di pertandingan malam ini tak mampu menutupi kebahagiannya. Sang pelatih pun tampak terlihat lega. 

Kendati demikian, seremoni atas prestasi itu hanya berjalan sebentar. Mereka langsung bergegas menuju ruang ganti, mengingat waktu yang sudah semakin larut. 

Briefing akhir juga berlangsung singkat. Tak perlu waktu lama bagi tim DBL.id untuk menunggu sosok pelatih yang akrab disapa Damas ini keluar dari locker room. Ia yang langsung menyadari kedatangan kami langsung terbuka untuk memulai sesi obrolan ini. 

Sebenernya menang pun juga saya nggak seberapa puas karena kemarin sempet ada beberapa pemain yang ikut Porkab (Pekan Olahraga Kabupaten), akhirnya mereka kelelahan. Jadi, kurang maksimal,” bukanya. 

Oleh karena itu, pelatih berperawakan 180 sentimeter ini menuturkan bahwa perlu adanya penyesuaian porsi latihan yang lebih intens demi menghadapi babak yang akan datang. Coach Damas menilai jika pencapaian Round 2 jelas menjadi beban baru tersendiri baginya.  

Baca juga: Baru Pulih dari Cedera Ankle, Putri Widodo C. Putro Sabet Top Poin

Ia tak menampik bahwa beban itu datang dari nama-nama besar yang selama ini mendominasi basket SMA Surabaya yang akan mulai “turun gunung” di Round 2 mendatang. Apalagi, coach Damas juga mengakui adanya perbedaan mencolok antara budaya basket di Surabaya dan Gresik. 

“Surabaya bisa jadi kiblatnya kita yang dari Gresik buat terus belajar. Jadi, berkacanya ke sana. Apalagi, pemain di Surabaya mungkin latihan bisa seminggu tujuh kali, sedangkan di Gresik paling empat kali,” beber pelatih kelahiran 1993. 

Kendati demikian, coach Damas menaruh keyakinan penuh kepada anak-anak didiknya. Ia optimistis bahwa kesatria Smansa mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain.

“Tinggal atur anak-anak aja gimana pola latihan dan istirahat yang bener. Pasti siap lawan siapa pun!” tutur coach Damas.  

“”Target yang diharapkan banyak belajar aja dari tim-tim yang pernah ngalahin kita. Terus, nggak jemawa. Itu aja, sih,” lanjutnya. 

Berbicara soal tim yang pernah berhadapan dengan Smansa, coach Damas ternyata sudah mengincar satu tim tertentu di ajang Round 2. Penasaran siapa yang menjadi targetnya?

“SMA 17 karena tahun lalu kita kalah satu poin. Kalo ada kesempatan pingin ngelawan lagi,” tutupnya dengan semangat. 

Baca juga: Cuma Iseng, Lano Flashback Perjuangannya Jadi Paskibraka Kabupaten Gresik

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY