Theresiance Ingin Lawan Patriarki, Ajak Perempuan Jadi Lebih Baik

| Penulis : 

Panggung DBL Dance Competition 2024 North & Central Jakarta kini dimeriahkan oleh Dance Team SMA Santa Theresia, Theresiance pada Senin, 2 September 2024. Kehadiran mereka ke lapangan disambut meriah oleh para penonton yang hadir.

Para dancer Theresiance membuat posisi bersiap di belakang backdrop yang bertuliskan nama mereka. Backdrop tersebut mulai terkembang, tampak keseluruhan dancer Theresiance mulai muncul dan menunjukan penampilannya. Terdapat tiga dancer di sisi kanan dan kiri yang mengibarkan bendera.

Aksi mereka disusul oleh dancer lainnya yang mulai menunjukan penampilannya. Gerakan yang mereka suguhkan berupa tarian hip-hop khas Theresiance.

Baca juga Cosplay Jadi 'King of Pop', The Sapphire Crew Beri Tribute untuk Michael Jackson

Mereka dilengkapi dengan kostum luaran berwarna hitam serta celana berwarna silver. Pada tengah penampilan, Theresiance menanggalkan kostum luaran mereka, kini tampak kostum dengan perpaduan warna ungu dan pink.

Dancer Theresiance, Daria Sundjojo menyebut bahwa kali ini dance team nya membawakan tema feminisime. Mereka menunjukan perempuan yang hingga kini masih terkungkung oleh budaya patriarki

"Sering kami lihat perempuan terutama di Indonesia yang masih kurang dihargai dan ga dikasih kedudukan yang setara. Jadi kami ambil tema tersebut dengan memadukan gerakan khas kami yaitu hip-hop," ujar Daria.

Baca juga Armando Djesus, Dulunya Jadi Maskot, Sekarang Bisa Bawa PSKD Menang

Theresiance menggambarkan budaya patriarki yang dialami perempuan melalui kostum luaran mereka yang berwarna hitam itu. Pada kostum tersebut, terdapat gambar telapak tangan yang menggambarkan perempuan yang rentan mendapat pelecehan seksual. Selain itu tulisan "injustice" atau ketidakadilan turut tertulis pada bendera yang mereka kibarkan.

Daria berharap, pada penampilan Theresiance kali ini dapat menggerakan banyak orang terutama perempuan mengenai kesadaraan gender. Melalui hal tersebut, diharapkan perempuan dapat keluar dari budaya patriarki.

"Semoga mereka yang menonton penampilan kami lebih banyak orang termasuk perempuan yang sadar mengenai kesetaraan gende," pungkasnya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Saksikan siaran ulang penampilan Theresiance melalui live stream di bawah

Populer

Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara
To The Future: Merantau! Binus Jadi Destinasi Studi Gerry Sunandy