ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Aksi Coach Bhiant Lee saat memberikan arahan untuk putra Sabres

Bilingual. Itulah kata yang tepat untuk coach Bhiant Lee.

Pelatih SMA Singapore National Academy Sidoarjo ini menguasai tiga bahasa lho!

Beliau fasih berbahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Seperangkat kemampuan itu ia gunakan untuk melatih anak didiknya.

Kok bisa? 

Usut punya usut kemampuan itu dimiliki coach Bhiant Lee karena anak asuhnya datang dari latar belakang berbeda-beda.

SMA Singapore National Academy Sidoarjo yang merupakan sekolah internasional berkurikulum Cambridge itu punya pemain yang lahir di Tiongkok. Mereka tentu lebih fasih berbahasa Mandarin.

Nah, agar cara melatihnya bisa mudah dipahami anak asuhnya, coach Bhiant juga harus meng-upgrade cara melatihnya. Salah satunya dari penggunaan bahasa Inggris dan Mandarin.

“Karena sekolah internasional, beberapa anak baru paham ketika call dengan bahasa Inggris,” beber coach Bhiant.

“Ada satu pemain (Li Ye Cheng, jersey 27) yang lahir di Tiongkok. Khusus dia, harus pakai Mandarin. Kebetulan saya bisa karena ambil kuliah Sastra Mandarin,” lanjutnya.

Dalam melatih coach Bhiant sendiri tak memberikan target yang bisa membuat beban ke pemainnya. Apalagi ia sadar SNA merupakan pendatang baru di kompetisi selevel DBL.

“Saya tekankan ke anak-anak kalau main ya main aja. Meski nanti tidak lolos Round 2,  itu sudah rencana Tuhan. Berarti harus berbenah,”  ujarnya.

Baca Juga: Semangat Hayden Wibisono Bawa Sabres Melaju ke Round 2 DBL Surabaya

Tim putra SMA SNA Sidoarjo di game ketiganya ditantang SMKN 1 Surabaya (Smeas). Laga lanjutan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North yang berlangsung Sabtu, 31 Agustus 2024 itu berhasil dimenangkan SNA Sidoarjo dengan skor 26-15.

Di laga itu sedari awal match, putra Sabres cukup kesulitan menemukan pola permainan pamungkas untuk menembus pertahanan penggawa Smeas.

Menjelang kuarter ketiga, barulah Sabres mampu menciptakan pattern serangan yang cukup tajam. Dominasi tersebut bertahan hingga akhir pertandingan.

Dalam kesempatan itu coach Bhiant Lee juga menceritakan bagaimana kendala persiapan tim binaannya sebelum laga DBL perdana mereka.

“Mereka dapat jatah latihan itu agak susah. Sekolah memang lebih memprioritaskan akademik dulu. Latihan kami sempat off sejak Maret sampai Juni karena tabrakan dengan tiga ujian sekolah,” ujarnya.

“Untuk latihan efektif sebelum DBL, total hanya dapat sebulan,” tambah pria kelahiran 1988 ini.

Karena beberapa tim turut berlomba lolos ke Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North, SNA punya banyak pesaing. Apakah skuad besutan Bhiant Lee pantas melanjutkan perjalanan mereka? Nantikan kisah mereka selanjutnya.

Baca Juga: Vakum 4 Bulan karena Ujian, Sampai Proses Kilat Putri Sabres Menuju Round 2

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY