ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Koreografi Smeas Mania dalam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Kalian pasti tahu dong Super Mario? Itu loh, karakter game populer pria berkumis yang identik dengan topi merahnya, lengkap dengan logo “M” di tengah. 

Memainkan game Super Mario mungkin sudah biasa. Tapi, pernah nggak terbayang bisa masuk ke dunianya?

Emang bisa? Jawabannya, bisa dong!

Di pertandingan yang berlangsung Sabtu, 31 Agustus 2024, Smeas Mania (sebutan suporter SMKN 1 Surabaya) berhasil menyulap tribun timur DBL Arena Surabaya menjadi area permainan ala Super Mario!

Pasukan berbaju putih itu seolah mengajak para penonton untuk merasakan “kehidupan” di dalam permainan legendaris ini, sembari bernostalgia. 

Aksi mereka bukan hanya sekadar menampilkan koreo tiga dimensi. Lebih dari itu!

Sebuah background bergambar khas latar game Super Mario perlahan diangkat. Lengkap dengan banner seperti bangunan benteng ala permainan ini. 

Tak berselang lama, muncul “wayang-wayangan” berbentuk sejumlah karakter ikonik Super Mario yang bergerak.

Mulai dari Mario itu sendiri, si monster bernama Bowser, jamur yang akrab dipanggil Toad, hingga Yoshi yang merupakan dinosaurus.

Terakhir, ditutup dengan koreo tiga dimensi yang menampilkan sosok Mario raksasa.

Lantas, dari mana Smeas Mania mendapatkan ide ini?

“Kami nge-scroll TikTok sebenernya ngelihat banyak video tentang game gitu. Terus, kami juga lihat di IG DBL kalo banyak juga yang bawa konsep tentang game. Jadi, kami nggak mau kalah,” ungkap Ridho, perwakilan koordinator Smeas Mania. 

“Kami punya banyak konsep. Dari Plant vs Zombie itu juga bisa, tapi kita ngambil Super Mario karena berdasarkan saran teman-teman juga kalo game ini lebih banyak dikenal terus pengerjaannya juga lebih gampang,” lanjutnya. 

Ia juga menuturkan bahwa ada filosofi tersendiri di baliknya. Bagi Smeas Mania, karakter Mario yang dibuat bisa bergerak melewati rintangan seolah menggambarkan aksi tim basket Smeas yang sedang menghadapi musuh di lapangan. 

Namun, siapa yang menyangka jika koreo spektakuler itu baru selesai dikerjakan dua jam sebelum match dimulai.

Ridho mengungkapkan bahwa waktu pengerjaan yang hanya enam hari tidaklah cukup. Belum lagi, sebagai siswa, mereka tentu harus mengutamakan kewajiban sekolah.

Ia pun tak menampik bila dirinya sempat diliputi rasa pesimis.

“Dari tadi, saya itu udah mikir kalo nggak jadi ini ya opo. Tapi, aku diyakinin temenku, katanya ‘wes mas, percoyo ae, (koreonya) bakal munggah kok’ (udah mas, percaya aja, (koreonya) bakal naik kok),” beber Ridho. 

Baca juga: Punya Jersey Baru, Ternyata Putra Smeas Terinspirasi Tim NBA!

koreo smeas mania
Koreografi Super Mario milik Smeas Mania dalam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Totalitas mereka belum berhenti di situ. Jadwal pertandingan putra Smeas yang bertepatan dengan laga terakhir hari ini tak menyurutkan semangat 700 massa Smeas Mania untuk nribun.

Sebagai perwakilan koordinator, Ridho tidak kehabisan akal untuk mengajak teman-temannya datang mendukung tim basket. 

Kalo dari saya sendiri ngajak yang kelas 12 dengan embel-embel nribun terakhir sebelum magang, karena kita besok Senin udah mulai magang,” tuturnya. 

Di balik gemuruh chant yang digaungkan, para koordinator Smeas Mania rupanya menyimpan perasaan campur aduk. Pasalnya, kesatria Smeas belum berhasil mengamankan tiket Round 2. Pertandingan ini sekaligus menjadi penutup rangkaian perjalanan mereka di Honda DBL 2024 East Java-North. 

Seneng juga karena kita bisa all out di match terakhir. Tapi, sedih juga karena basket kita kalah. Tiga kali game tanpa kemenangan,” ucap Ansori, perwakilan Koordinator yang turut menemani Ridho. 

Ridho yang mendengar hal itu tidak ingin ketinggalan mengungkapkan perasaannya. Menurutnya, suka duka yang dilewati Smeas Mania selama menyiapkan koreo demi penampilan terbaik di tribun menjadi momen yang memorable

“Bikin senengnya itu juga gara-gara proses pengerjaan terus temen-temennya. Momen-momen yang nggak bisa dilupakan. Apalagi, habis gini magang,” imbuhnya. 

Perjuangan SMKN 1 Surabaya di musim ini mungkin sudah terhenti. Namun, baik Ridho maupun Ansori tetap menyimpan harapan serta pesan untuk Smeas Mania. 

“Mungkin ke depannya, temen-temen Smeas Mania lebih siap buat dateng ke event-event selanjutnya karena massa yang banyak itu sebuah kebahagiaan buat koordinator. Proses pengerjaannya itu jadi nggak sia-sia,” tutup Ansori.

Baca juga: Sulit Cari Pemain, Smeas Jadikan DBL Sebagai Ajang Promosi

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY