ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Mimpi itu akhirnya jadi kenyataan. Kalimat itu tepat untuk menggambarkan situasi Dewi Astuti, pelatih tim putri SMA 5 Penabur Jakarta. Timnya berhasil memetik kemenangan perdana di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 North & Central Jakarta.

Itu didapat usai mengalahkan Bunda Mulia School Jakarta dengan skor akhir 30-24, Kamis 29 Agustus 2024. Tapi, kemenangan ini adalah mimpi kedua bagi Dewi yang menjadi kenyataan. Mimpi pertamanya adalah berpartisipasi di DBL.

Ditemui usai pertandingan, raut bahagia, haru, sekaligus lega tidak lepas dari wajah pelatih baru putri SMA 5 Penabur Jakarta itu. Bagaimana tidak, Dewi sudah bermimpi untuk bisa menjadi partisipan DBL sejak 2017 lalu. Saat itu, dirinya masih duduk di bangku kelas XI SMA. Tepatnya di SMAN 2 Babelan.

“Waktu itu saya pengin banget ikut DBL, Kak. Sekolah saya masuknya ke DBL Jawa Barat (West Java). Tapi, nggak kesampaian karena tim basket putrinya nggak berkembang. Jadi saya memupuskan mimpi saya buat main di DBL,” ujarnya.

Baca juga: Jadwal dan Link Live Streaming DBL North & Central Jakarta, 29 Agustus 2024

Pada 2017 silam, Dewi sebenarnya sudah menekuni basket dan aktif bermain di berbagai kompetisi di wilayahnya. Bersama timnya di SMAN 2 Babelan lalu, ia punya mimpi buat melantai di DBL West Java Series-West Region. Namun, mimpi itu harus ia tunda. Dan baru bisa terwujud tujuh tahun setelahnya.

“DBL itu kompetisi yang besar banget. Apalagi buat anak-anak yang bersekolah di wilayah Kabupaten. Bagi saya, DBL itu isinya nggak cuma kompetisi, tapi juga peluang. Pemain dan pelatihnya berpeluang buat bisa mengembangkan diri dan punya pengalaman ke luar negeri,” tutur pelatih berusia 26 tahun itu.

Dewi melanjutkan, sejak tim basket SMAnya tidak bisa mengikuti DBL, ia pun banting setir menjadi pelatih basket. Mulai dari pelatih basket di level sekolah dasar (SD) hingga SMA. Tidak terasa, tujuh tahun memendam mimpinya untuk merasakan euforia DBL Jawa Barat, ternyata ia berkesempatan menjadi peserta DBL North & Central Jakarta. Siapa sangka?

"Jodohnya" bersama SMA 5 Penabur Jakarta bermula di awal tahun 2021. Saat itu, ia berkenalan dengan Ulfanny Seftiara (asisten pelatih putri SMA 5 Penabur Jakarta). Mereka berkuliah di jurusan yang sama walaupun berbeda universitas. Dari sana, hubungan keduanya makin dekat. “Sering main basket bareng dan selalu kontak-kontakan,” timpal Dewi.

Awal tahun 2024, Dewi diajak oleh Ulfa untuk melatih tim putri SMA 5 Penabur Jakarta. Sebelumnya, Dewi sebenarnya pernah menakhodai tim SMA Don Bosco 1 Jakarta, tetapi mereka tidak berpartisipasi di DBL Jakarta. “Nggak nyangka akhirnya bisa jadi partisipan DBL walaupun bukan jadi pemain,” ucap Dewi mengingat perjuangannya memperjuangkan mimpi.

Baca juga: Vote DBL Favorite 2024 North & Central Jakarta Dibuka! Gini Cara Votingnya...

Untuk tampil di DBL North & Central Jakarta pertama kali pun sebenarnya tidak mudah untuk Dewi. Ia dan rombongan putri SMA 5 Penabur Jakarta nyaris tersingkir di laga pertama. Seperti diketahui, laga perdana putri SMA 5 Penabur berlangsung hingga babak tambahan waktu alias overtime.

Sebelumnya, mereka pun tampak kesulitan untuk menjauhkan jarak dari Bunda Mulia School sejak kuarter pertama. Saat SMA 5 Penabur memimpin dengan dua poin di akhir kuarter empat, pemain nomor 5 BMS justru memaksa mereka untuk melanjutkan pertandingan ke babak tambahan waktu.

Beruntung, solidaritas antarpemain dan ketenangan putri SMA 5 Penabur Jakarta sukses membuat mereka lolos dari jeratan BMS. “Pokoknya jangan puas dengan hasil hari ini. Banyak yang harus diperbaiki,” ucap Dewi untuk timnya ketika sesi evaluasi setelah pertandingan.

Berkaca dari capaian SMA 5 Penabur Jakarta di DBL North & Central Jakarta musim lalu, mereka kandas di laga kedua. Dewi, selaku pelatih baru, tidak ingin anak-anaknya berkecil hati dengan track record itu. Ia optimistis timnya bisa melangkah lebih jauh di DBL North & Central Jakarta musim ini.

Sekaligus, ia juga percaya diri untuk memanjangkan mimpinya sebagai peserta DBL setelah tujuh tahun menundanya. “Harus lebih disiplin, lebih percaya diri, dan percaya sama teman satu timnya,” tegas Dewi. 

Di laga berikutnya, putri SMA 5 Penabur Jakarta bakal melawan SMA 1 PSKD Jakarta, lawannya di tahun 2023 lalu yang mengandaskan langkah mereka ke Fantastic Four atau semi final. Akankah SMA 5 Penabur Jakarta bakal menang melawan rivalnya di tahun lalu dan membawa Dewi Astuti memanjangkan mimpinya di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 North & Central Jakarta?

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 North & Central Jakarta berlangsung pada 29 Agustus hingga 6 September 2024 di GOR Cempaka Putih.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Lihat hasil pertandingan selengkapnya di halaman di bawah ini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY