Laga basket penutup hari Senin, 26 Agustus 2024 antara putri Smada -SMAN 2 Surabaya- melawan putri Aremu -SMA Muhammadiyah 1 Gresik- berakhir dengan senyuman Makayla Athallee Raphaela Tuasuun. Ia senang timnya lolos Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North.

Ketika suara bising buzzer menandai pertandingan telah usai, saat itulah Putri Smada memastikan tiket babak Round 2. Hasil itu diraih setelah mereka menang 43-19.

Dengan hasil ini, tim besutan coach Dhimas Aniz itu akan kembali menebus langkah mereka yang terhenti di Sweet Sixteen Honda DBL East Java Series 2023-North Region musim lalu.

Dari ke-12 penggawa Srikandi Smada, ada satu siswi yang tampil dominan di laga kali ini. Namanya Makayla Athallee Raphaela Tuasuun. Panggilannya Meme.

Ia berhasil menjadi "donatur poin" terbanyak timnya. Ia sukses menorehkan 18 poin, 1 rebounds, 4 assists, dan 3 steals. Siswi dengan jersi nomor 12 ini ternyata punya persentase poin yang tinggi.

Dari total 12 tembakan, Meme berhasil menjebol ring Aremu sebanyak tujuh kali. Selain itu, akurasi tembakan gratis cewek kelahiran Philadelphia ini memang baik.

Tiga poin Meme berikan lewat lima kali percobaan free throw. Statistiknya diakhiri dengan 58 persen field goals dan 60 persen free throw. Keren!

Baca Juga: Mimpi Debut Aliqa dan Hadiah Ulang Tahun untuk Nenek

Seusai berfoto bersama, pemain putri Smada segera bergegas menuju ruang ganti untuk berganti pakaian dan berkemas pulang.

Penulis sempat mencari keberadaan Meme dengan bertanya ke Davy Latihihin, manajer tim Smada. Ia menyanggupi memanggil siswi kelahiran 2008 itu.

Tak lama selang itu, Meme keluar dari ruang ganti. Ia mencari penulis yang sedang duduk di kursi liaison officer (LO).

Agar perbincangan lebih nyaman, penulis dan dua petugas LO mempersilahkan Meme untuk ikut duduk dan menanyakan lagu apa yang ingin diputar lewat laptop.

“Lagunya Bruno Mars sama Lady Gaga yang baru itu lho, Die With A Smile,” pinta Meme pada kami. Ditemani alunan musik lagu yang baru rilis itu, kami mulai berbincang santai tentang gim tadi.

Putri dari pasangan Gustaaf Henry Tuasuun dan Wiwiek Widyawati ini membuka obrolan dengan mengatakan dirinya sudah pernah diwawancara rekan penulis pada gim lalu.

“Kemarin yang match pertama aku diwawancara mas satunya,” ujar Meme. Mas satunya yang dimaksud Meme juga salah satu penulis DBL.id bernama Louise Dewangga.

Ketika penulis memuji performanya barusan, gadis ini tertawa. Ia kemudian bercerita tentang bagaimana perjalanan awalnya menekuni basket.

Ternyata, Meme adalah alumni klub basket CLS Knights Surabaya. Selain itu, dia menambah jam terbangnya lewat latihan yang dilakukan bersama putri Smada.

“Dulu sempet ikut CLS,” ujarnya. “Kalo latihan sekolah dari jam 6 sore sampai 8 malam,” tambah gadis yang sempat mendapat gelar pemain favorit musim lalu itu.

Butuh porsi latihan yang intens agar dirinya bisa konsisten sebagai pencetak poin. Meme berkata ia punya model latihan sendiri yang membantu dirinya agar tampil optimal.

“Jadi gini, biasanya misal aku targetin free throw masuk 10, aku nggak pulang sampai masuk semua,” katanya.

Di tengah percakapan, tiba-tiba anggota putri Smada lainnya ikut nimbrung sambil menyinari kami dengan flash gawai. Bak konferensi pers. Setelah mereka pergi, obrolan kami berlanjut.

Meme punya kebiasaan yang cukup unik kala jenuh dengan kesibukan bermain basket. Ya, cewek Aquarius ini senang makan. Ketika ditanya makanan favorit saat sebelum latihan, ia menjawab bakpau.

“Biasanya kalau sebelum latihan aku makan bakpau sampai habis tiga,” ujarnya sambil tertawa. “Bakpau favoritku rasa coklat,” tambahnya.

Meme juga menyatakan kecintaannya pada basket. Ia sudah menaruh hati pada basket sejak masih kecil. Bahkan, ia bercita-cita akan melanjutkan hobi basketnya hingga di bangku perkuliahan.

“Dari kecil emang suka basket. Mau secapek apapun ya asik aja, karena emang suka. Nanti kelas 12 fokus pendidikan dulu, baru lanjut lagi pas kuliah. Rencana pengen nerusin sampai LIMA (Liga Mahasiswa), Amin,” tutupnya.

Obrolan kami berakhir sesaat setelah lagu yang diputar berakhir. Setelah berpamitan, kami berdua segera melanjutkan kegiatan masing-masing.

Pertempuran putri Smada akan lebih ketat di Round 2. Apakah perjuangan mereka terbayar tuntas hingga titik tertinggi? Apakah Meme akan lebih banyak makan bakpau coklat lagi? Simak terus perjalanan Srikandi Smada di pertandingan berikutnya.

Baca Juga: Sinar Matahari Arek Smada Terangi Jalan Srikandi Smada Menuju Round 2

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Lucu! Berikut Best Five DBL Dance Competition 2024 West Nusa Tenggara
Perjalanan Basket Mayviana dan Harapan Penghujung Musim Bersama Skuad Gloria 1
Bukan Basket, Ini Cinta Pertama Audrey Suyanto di Dunia Olahraga