ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Aksi tim putri SMAN 3 Sidoarjo (Drei) dalam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North menjadi ajang comeback bagi tim putri SMAN 3 Sidoarjo. Srikandi yang akrab dengan julukan Drei itu akhirnya mengakhiri tidur panjangnya usai absen tiga musim.

Penantian panjang itu pun terbayar lunas! Dalam laga perdana mereka yang berlangsung Senin, 26 Agustus 2024, putri Drei berhasil mengalahkan SMA Petra 5 Surabaya dengan skor akhir 24-8. 

Sebenarnya, permainan kedua tim tampak seimbang pada kuarter awal. Kedua tim berupaya saling menyerang meskipun eksekusinya belum membuahkan hasil. 

Permainan Drei mulai efektif ketika mendapatkan momentum mencetak poin lewat Raihana Tsabitah. Ia membuka kran poin lewat free throw. Setelah itu disusul layup Nabila Ariyan. 

Sejak itu, tim tersebut semakin menggebu-gebu melancarkan aksinya di lapangan. Baik pertahanan maupun serangan dari tim Petra 5 rupanya tak mampu menghalangi laju pasukan di bawah asuhan coach Aditya Febrianto ini.

Siapa sangka, putri Drei mampu menundukkan sang lawan yang tidak pernah absen dari panggung DBL. 

Rafdi Ghazi, sang asisten pelatih, yang harus mengambil alih nahkoda di laga hari ini pun mengungkapkan rasa bangganya kepada putri Drei. Sejak awal memutuskan untuk kembali melantai, tak pernah terbesit untuk membebankan target tinggi kepada anak-anak didiknya. 

“Saya nggak pernah menentukan yang gimana-gimana untuk mereka, yang penting targetnya step by step. Saya cuma ingin basket SMA 3, terutama cewek bisa hidup lagi,” tutur pria yang akrab disapa Ghazi. 

Bukan hal yang mudah menerima fakta kurangnya pemain wanita hingga terpaksa vakum beberapa musim di kompetisi ini. Ghazi menyebutkan bahwa situasi itu bermula kala Covid-19 menghantam.

“Kemarin sempet Covid jadi kendala di latihan sehingga orangnya semakin berkurang. Kalo memaksakan buat tetep ikut, percuma. Untungnya, setelah Covid sudah bisa latihan normal dan dapet pemain baru,” tutur Ghazi.

Lelaki kelahiran 1997 itu bersyukur bahwa formasi putri Drei semakin lengkap berkat relasi yang dimiliki pemain Drei yang masih tersisa.

“Anak-anak sekarang ini untungnya banyak yang saling kenal sebelumnya, jadi mereka tinggal saling ajak. Ibaratnya ‘kamu ikut, aku ya ikut’,” lanjutnya. 

Baca juga: Jose Tanadi, Anak Futsal yang Jago Main Basket!

sosok Rafdi Ghazi
Sosok Rafdi Ghazi, asisten pelatih SMAN 3 Sidoarjo, dalam Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Rasa syukur itu semakin membuncah ketika skuad Drei berhasil menembus waiting list setelah harus melalui masa tunggu sekitar dua minggu. Sebagai asisten pelatih, Ghazi tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas ini. 

Meski begitu, ia tidak mengelak bahwa rasa grogi sempat menghantui anak-anak didiknya. Apalagi, mereka langsung dihadapkan dengan nama besar Petra 5.

Tak ingin memperkeruh keadaan, pria berperawakan 180 sentimeter ini memilih menyikapinya dengan santai. 

“Anak-anak sempet nervous karena kita juga kemarin ada video session buat ngelihat cara mainnya Petra 5. Saya kasih beberapa part yang harus dikuasai dan mereka jujur ke saya kalo grogi,” beber Ghazi.

“Menurut saya, wajar kalo grogi, tapi yang penting cepet adaptasi aja,” lanjutnya. 

Baginya, menanamkan mindset untuk tetap fokus selama bertanding menjadi cara jitu yang dilakukan oleh Ghazi. Walau sederhana, pemain yang fokus dapat berkontribusi pada hasil akhir yang memuaskan. 

Jalan putri Drei masih panjang. Tersisa satu match lagi di Round 1 pada Rabu, 4 September 2024. Menariknya, laga tersebut akan menjadi derbi Sidoarjo, mengingat mereka bakal melawan SMA Untung Suropati Sidoarjo.

Ghazi pun mengaku belum memiliki merencanakan reward spesial untuk putri-putrinya. “Kita lihat dulu aja karena masih ada second round (Round 2). Kalo mereka bisa masuk second round, bisa jadi ada (reward),” tutupnya. 

Baca juga: Kekalahan Tanpa Penyesalan, Coach Richard Steven: Perbaiki Mental!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY