ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Cuplikan pertandingan Derbi Petra di DBL Arena Surabaya

SMP Petra 3 Surabaya menjadi tim berikutnya yang mengantongi kemenangan dalam laga Junior Exhibition Games 2024 Surabaya, Minggu, 25 Agustus 2024. Bertempur melawan “saudara-nya” sendiri, SMP Petra 2 Surabaya, mereka sukses pungkasi Derbi Petra dengan skor akhir 49-21.

Sempat alot, namun tak lama. Kuarter pertama sempat ditutup dengan skor imbang 8-8. Beruntung, Sutanto, nahkoda Petra 3 mampu mengendalikan timnya dengan sangat baik. Perlahan, Petra 3 memperjauh margin. 

Lini pertahanan rapat membuat Petra 2 hanya menambahkan dua poin di kuarter kedua dan ketiga. Di sudut lain, Petra 3 rutin menyumbangkan dua digit poin hingga kuarter pemungkas. Kejadian itulah yang membuat Petra 3 makin sulit untuk dikejar.

Ditambah dua pemain Petra 3 begitu “licin”. Sebastian Darren, pemain dengan nomor punggung 16 berhasil membukukan dobel-dobel dengan 21 poin dan 12 rebound. Disusul, Jayden Christian Thio dengan 20 poin. 

Baca Juga: Banjir Rookie Hingga Drama Laga Debut SCS di Junior Exhibition Games 2024

Hebatnya, kedua pemain itu bermain 38 menit, hampir empat kuarter penuh. Bukti bahwa mereka memang diandalkan di tubuh Petra 3. Bicara soal dua mesin poinnya, coach Sutanto, buka suara. 

“Hampir sembilan tahun saya bareng Petra 3. Pernah bawa tim putra juara JRBL 2021 sama tim putri juara tahun lalu, JRBL 2023. Saya sering dapat pemain yang belum bisa apa-apa. Bisa dibilang, spesialis poles pemain dari nol,” buka coach Sutanto, ditemui usai pertandingan Derbi Petra.

Kedua pemain andalannya ternyata tak serta-merta beliau dapatkan. Semuanya butuh proses yang panjang. Tentunya juga penuh lika-liku. “Sebenarnya ada satu lagi pemain saya yang bagus, tapi dia nggak bisa main karena cedera, tulang ekornya retak, waktu olahraga di sekolah,” jawabnya, seolah kecewa.

SMP Petra 3 Surabaya

Di gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North, pelatih berusia 50 tahun ini juga terdaftar sebagai pelatih SMA Petra 2 Surabaya. Beliau menyebut, adanya perbedaan signifikan dari gaya berlatih.

“Kalau SMP harus ngemong, gimana caranya anak-anak senang dan enjoy sama kita. Belum bisa dikerasin. Harus serius santai, harus lebih komunikatif, kasih support terus di luar atau di dalam lapangan. Sekalipun mereka buat salah, harus dikasih tahu baik-baik, harus menata kalimat dengan baik,” kata coach Sutanto, lantas tertawa.

“Saya juga sering ajak anak-anak ke luar setelah latihan. Makan bareng, main bareng. Makan bakso gitu biasanya, sama minum es bareng, saling ngobrol aja. Hal kayak gini yang akhirnya bikin komunikasi kita terjalin baik, sekalipun anak-anak sudah lulus,” sambungnya.

SMP Petra 3 Surabaya
Potret coach Sutanto (baju hitam) saat memberi arahan ke anak didiknya

Kemenangan ini berhasil membawa Petra 3 melaju mulus ke fase berikutnya. Namun, ke depannya mereka bakal melewati jalanan terjal. Mereka akan berjumpa dengan pemenang antara SMP Negeri 19 Surabaya atau SMP Gloria 2 Surabaya.

”Mungkin next game bakal berat, apalagi ada satu pemain kunci kita berhalangan main tahun ini kan. Jadi bakal cukup berat. Kalau saya lihat, dua musuh kita ini juga bagus sih. Merata lah pemainnya mereka, size juga gede-gede. Intinya kita nothing to lose aja, serahkan semuanya sama yang di Atas,” tutupnya.

Baca Juga: Kawal SMP dan SMA Little Sun, Coach Yang Yang: Pendekatannya Berbeda!

Junior Exhibition Games 2024 Surabaya merupakan bagian dari rangkaian panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North yang diikuti oleh 28 tim basket putra dan 12 tim basket putri. Tak hanya itu, sebanyak 16 tim dance juga bergabung pada ajeng Junior DBL Dance Competition 2024 Surabaya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil SMP Petra 3 Surabaya bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY