Akhir pekan bersama Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North tak mengecewakan. Memasuki hari ke-17, pertarungan di panggung DBL Arena Surabaya makin panas, Sabtu, 24 Agustus 2024.

Round 1 DBL East Java-North 2024 masih akan terus berjalan, sampai ditemukannya kandidat terbaik untuk melesat ke fase berikutnya. Setidaknya, bakal ada 24 tim putra dan 16 tim putri yang mendapat kesempatan untuk terbang ke Round 2.

Di sudut lain, pertarungan Junior Exhibition Games 2024 Surabaya sudah memasuki hari ketiga. Buat kalian yang terlewat keseruan rangkaian DBL East Java-North 2024, berikut rangkuman dari seluruh pertandingan.

SMP Santa Clara Surabaya vs SMP Surabaya Cambridge School

Laga pembuka milik SMP Surabaya Cambridge School (SCS). Meski sempat berjalan alot saat berhadapan dengan SMP Santa Clara Surabaya (Sanclar), skuad SCS berhasil menutup pertandingan dengan skor akhir 34-21.

Sejatinya, margin dari kedua tim tak pernah lebih dari 13 poin. Bahkan di paruh pertama, SCS tak langsung berada dalam posisi aman. Mereka sempat kesulitan menahan gempuran lawan, walau keunggulan selalu menjadi milik SCS.

Beragam drama di lapangan pun sempat hadir. Salah satunya, pemain kunci SCS yang mendapatkan eject akibat unsportsmanlike foul dan technical foul. Beruntung, hal itu tak mengubah keadaan. SCS tetap unggul hingga kuarter pemungkas.

Tercatat dua pemain SCS nyaris menorehkan dua digit poin, yakni Avner Wijaya dan Jordan Tekadjaya yang masing-masing membukukan sembilan poin. Selebihnya, terbagi rata oleh beberapa penggawa SCS.

Dominasi ini, sukses membawa skuad SCS terbang ke fase berikutnya sekaligus memulangkan tim Sanclar. Ke depannya, SCS bakal berjumpa dengan pemenang antara SMP Cita Hati East Surabaya melawan SMP Xin Zhong Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Muhammadiyah 10 Surabaya vs SMA Gloria 2 Surabaya

Permainan solid SMA Gloria 2 Surabaya lagi-lagi membuahkan kemenangan manis. Pada laga keduanya, mereka kembali meraih keunggulan atas SMA Muhammadiyah 10 Surabaya (Smamx) dengan skor akhir 30-20.

Sejak tepis mula, Gloria 2 langsung memimpin jalannya pertandingan, meski tak semulus laga perdananya. Anak asuh Risto Gerol Foekh itu sempat memimpin di dua kuarter awal, yang mana paruh pertama ditutup dengan skor sementara 10-6, keunggulan untuk Gloria 2.

Namun, kendurnya tembok pertahanan Gloria 2 membuat banyak celah yang hadir di kuarter ketiga. Alhasil, Smamx sempat membalikkan keadaan dan menyudahi kuarter ketiga dengan keunggulan satu poin, 13-12.

Kuarter pemungkas adalah puncaknya. Tak mau membawa pulang kekalahan, Gloria 2 langsung berbenah. Seketika, mereka tak henti melesatkan pundi-pundi angka menuju ring lawan dan memastikan kemenangan. Kekuatan merata dari para pemain Gloria 2 lah yang menjadi kunci kemenangan dari laga ini

Masih ada satu penantang lain yang harus dihadapi, baik dari tubuh Smamx, maupun Gloria 2. Paling dekat, Smamx bakal menjalani laga terakhirnya lebih dulu melawan SMA 17 Agustus 1945 Surabaya pada Jumat, 30 Agustus 2024 pukul 17.30 WIB.

Sedangkan, laga penentuan Gloria 2 akan tersaji pada Jumat, 6 September 2024 pukul 16.00 WIB melawan SMAN 10 Surabaya.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 18 Surabaya vs SMA Mawar Sharon Christian School

Debutan masih belum beruntung. Di pertempuran keduanya, SMA Mawar Sharon Christian School (MSCS) kembali ditumbangkan oleh penantangnya. Kali ini, mereka harus berhadapan dengan SMAN 18 Surabaya (Wolulas) dan kembali menelan kekalahan dengan skor akhir 43-15.

Meski unggul jauh, namun pertandingan tak sepenuhnya berjalan mulus. Bahkan kuarter pertama, sempat berlangsung sulit dan ditutup dengan skor sementara 4-2, keunggulan untuk Wolulas. 

Mulai menemukan celah permainan, Wolulas berikan serangan tanpa henti sejak kuarter kedua. Beruntung, beberapa kali percobaan berhasil dikonversi menjadi poin. Wolulas perlahan menambahkan dua digit poin di setiap kuarternya dan mulai memperjauh keunggulan. 

Tak sanggup mengimbangi permainan lawan, MSCS kembali mengakui ketangguhan lawannya. Kekalahan kedua untuk MSCS dan kemenangan perdana untuk Wolulas. 

Tersisa satu pertandingan terakhir bagi kedua tim. Pada laga mendatang, MSCS akan berhadapan dengan SMA Petra 1 Surabaya pada Rabu, 28 Agustus 2024 pukul 15.30 WIB. Sedangkan, Wolulas akan berjumpa SMA Petra 5 Surabaya pada Rabu, 4 September 2024 pukul 18.30 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Xin Zhong vs SMKN 7 Surabaya

Tim sophomore kembali unjuk kualitas dirinya. SMA Xin Zhong berhasil mengamankan kemenangan kedua usai menggilas pertahanan SMKN 7 Surabaya (Stemda) dengan skor akhir 39-5. 

Kualitas merata benar-benar membuat Xin Zhong sulit untuk dibendung. Pada kesempatan ini, nyaris semua pemain Xin Zhong ikut menyumbangkan poin. Bahkan anak asuhan Agus Suryadi ini punya catatan waktu bermain yang cenderung merata. Tak ada satu pun pemain yang melantai lebih dari 22 menit.

Hal itu, menjadi bukti bahwa rotasi pemain Xin Zhong pun berjalan dengan baik. Lorddeus Laird Stefanus dan Frederick Vieri Yauwhanes, dua pemain andalan Xin Zhong sama-sama menyumbangkan tujuh poin dan menjadi yang terbanyak dalam laga ini. 

Setelah membungkus dua kemenangan sekaligus, Xin Zhong bakal berjumpa dengan lawan terakhirnya, SMAN 14 Surabaya, Minggu, 18 September 2024 pukul 15.00 WIB. Sementara, Stemda akan bertanding lebih dulu melawan SMA Santa Agnes Surabaya pada Sabtu, 31 Agustus 2024 pukul 13.00 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Sidoarjo vs SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

Telat panas. SMAN 1 Sidoarjo (Smanisda) belum bisa mengamankan kemenangan keduanya setelah gagal menyusul ketertinggalan atas SMA Muhammadiyah 3 Surabaya (Smamga), kala laga berakhir dengan skor tipis 34-30.

Smanisda sendiri bukan tanpa perlawanan. Mereka justru memberi perlawanan tanpa henti. Memang benar, Smanisda selalu tertinggal. Bahkan tertinggal cukup jauh di paruh pertama, di mana kuarter kedua berakhir dengan skor sementara 18-7.

Margin dua digit tak menghalangi semangat Smanisda. Mereka tetap bersikeras untuk meraih kemenangan. Mengingat, pada laga sebelumnya, mereka berhasil unggul atas rivalnya, SMAN 4 Sidoarjo. Sayang, laga ini tak sesuai harapan.

Smanisda sempat menambahkan 23 poin di paruh kedua. Sementara, Smamga hanya menambahkan 16 poin. Namun, hasil itu rupanya masih belum bisa membawa Smanisda mengantongi kemenangan kedua. Akhirnya, mereka harus merelakan poin kemenangan untuk Smamga dan makin jauh dari posisi aman.

Laga terakhir Smanisda akan tersaji pada Sabtu, 7 September 2024 pukul 17.30 WIB melawan SMAN 17 Surabaya. Sedangkan, skuad Smamga juga akan melantai kembali, Sabtu, 31 Agustus 2024 kontra SMAN 4 Sidoarjo pada pukul 17.30 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Mojokerto vs SMA Santo Yusup Surabaya

Tim pendatang tak mau kalah. Sumbangan 22 poin dari Agheea Khilwani berhasil memboyong SMAN 1 Mojokerto (First) mengantongi poin penuh atas kemenangan kedua kontra SMA Santo Yusup Surabaya dengan skor akhir 42-13.

Tembok pertahanan SMA Santo Yusup Surabaya lagi-lagi mudah ditembus oleh lawan, membuat mereka belum mengamankan satu pun poin kemenangan.

Di sisi lain, skuad First memang gahar. Sebelumnya, mereka sempat meraih kemenangan telak atas SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya pada laga perdananya. Kini, tim tuan rumah kembali menjadi korbannya.

Kemenangan ini tak luput dari peran penting Agheea Khilwani di tubuh First. Pemain bernomor punggung 11 itu rutin menyumbangkan dua digit poin. Bahkan dalam laga ini, Agheea membukukan lebih dari 50 persen poin keseluruhan milik First.

Laga do or die First akan hadir pada hari terakhir Round 1 DBL East Java-North 2024. Mereka akan bertemu SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo pada Minggu, 8 September 2024 pukul 16.30 WIB. 

SMA Santo Yusup Surabaya juga masih menyimpan satu pertandingan lagi. Mereka bakal berjumpa dengan SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, Minggu, 1 September 2024 pukul 18.00 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMKN 3 Surabaya vs SMA Vita Surabaya

SMA Vita Surabaya masih menguasai. Melakoni laga keduanya melawan SMKN 3 Surabaya, Vita kembali pulang dengan hasil memuaskan. Mereka menyudahi partai terakhir hari ke-17 DBL East Java-North 2024 dengan kemenangan manis, 36-18.

Tak ada celah sedikitpun bagi SMKN 3 Surabaya (Stigabaya) untuk mengungguli Vita dalam laga ini. Sejak tepis mula, Vita langsung memimpin dan jauh meninggalkan lawannya.

Duel maut antara guard dan forward Vita lah yang menjadi kuncinya. Joshua Connor dan Nelson Gunawan adalah poros dalam pertandingan melawan Stigabaya. Keduanya masing-masing membukukan 13 dan 9 poin, serta menjadi yang terbanyak dalam pertandingan ini.

Menariknya lagi, Nelson Gunawan bermain selama empat kuarter penuh. Hal itu yang akhirnya membawa kemenangan kedua untuk Vita. Masih ada satu laga terakhir yang menentukan siapa pemuncak klasemen sesungguhnya.

Pada laga do or die, Vita akan bertemu dengan SMAN 21 Surabaya pada Kamis, 5 September 2024 pukul 18.30 WIB. Sedangkan laga terakhir Stigabaya akan tersaji pada Sabtu, 31 Agustus 2024 pukul 16.00 WIB melawan SMAN 1 Taman Sidoarjo.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Cek hasil klasemen sementara Round 1 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini

Populer

Lucu! Berikut Best Five DBL Dance Competition 2024 West Nusa Tenggara
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Shuttle Run: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukannya
Yuk kenalan Sama si Jaguars, Maskot Pertama di Seri Ibu Kota