ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Koreo 3D dari Ultras Smekda tanpa memakai kacamata 3D merah biru

Koreo 3D dihadirkan di tribun DBL Arena? Itu sih sudah biasa. 

3D atau tiga dimensi yang dimaksud di sini adalah permainan layer dari spanduk yang dibentangkan para suporter dari berbagai sisi tribun.

Tapi, apa yang disuguhkan Ultras Smekda (kelompok suporter SMKN 2 Surabaya) di DBL Arena, Jumat 23 Agustus 2024, jauh berbeda. Mereka super kreatif. Ultras Smekda menghadirkan spanduk yang benar-benar bisa dinikmati secara tiga dimensi.

Menikmatinya pun harus pakai kacamata khusus. Kacamata 3D! Itu loh kacamata yang warna biru dan merah di sisi kanan dan kirinya.

Ada tiga spanduk yang dibentangkan anak-anak Ultras Smekda di tribun barat DBL Arena. Di sisi kanan dan kiri yang berbentuk potrait. Dan satu di sisi tengah yang membentang panjang.

The Real Koreo 3D yang dimaksud di sini adalah ketiga spanduk itu masing-masing punya dua gambar berbeda. Jika dilihat dari jauh menggunakan kacamata biru dan merah, akan terlihat dua gambar berbeda tersebut.

Nah, spanduk yang ada di sisi kiri gambarnya seorang perempuan menangis, jika dilihat menggunakan kacamata 3D bagian biru. Tapi ketika dilihat menggunakan kacamata 3D bagian merah, akan terlihat gambar perempuan yang sedang memegang medali.

Demikian juga gambar di spanduk tengah yang membentang landscape. Ada dua gambar yang berbeda jika dilihat dengan kacamata 3D. Satu gambar anak kecil yang melihat dirinya di masa depan terus termenung tak punya semangat hidup. Gambar satu lagi, seorang pemain basket memegang piala.

"Kalau gambar di spanduk sebelah kanan itu gambar remaja yang menunduk merasa menjadi beban, dan satu gambar lainnya remaja itu menggenggam piala. Kalau idenya sendiri itu rahasia, pokoknya dari tim kreatif dan hasil diskusi bersama hehe,” terang Mahmud Ali Zain selaku tim kreatif Ultras Smekda.

“Singkatnya pesan dari gambar di spanduk 3D ini mengajak basket Smekda untuk mengubah ketakutan tersebut menjadi kekuatan. Dengan itu kita berharap bisa menjadi apa yang kita inginkan,” cowok kelas XII tersebut.

Baca Juga: Manster Mania Hadirkan Koreo 3D Toothless di Laga Kedua MAN Surabaya

Koreo kacamata biru Ultras Smekda
Tampak koreo 3D Ultras Smekda menggunakan kacamata 3D berwarna biru

Koreo 3D kacamata merah Ultras Smekda
Tampak koreo 3D Ultras Smekda menggunakan kacamata 3D berwarna merah

The Real Koreo 3D itu dikerjakan sendiri oleh tim Ultras Smekda dalam kurun waktu satu minggu saja. Tim Ultras Smekda juga sempat terkendala beberapa hal ketika mempersiapkan koreo 3D keren tersebut.

“Sempat mencoba beberapa kali dengan kacamata dari mika dan skotlet ternyata tidak bisa, akhirnya beli kacamata 3D di online baru bisa. Terus juga harus bolak balik menambahkan cat karena kurang gelap dan lainnya. Kesusahannya di penggabungan warna biru dan merah tadi,” cetus siswa yang akrab disapa Zain.

Zain menyebut tingkat kesulitan spanduk 3D ini lebih kompleks dari pembuatan spanduk biasa. 

“Dari sisi teknik itu bedanya di bagian sketsa. Kalau spanduk biasanya hanya membuat sketsa satu kali, tetapi koreo 3D ini sketsanya double. Nah, sketsanya sendiri itu memakai kapur. Untuk cat sama saja seperti biasanya kita menggunakan cat kiloan,” jelas Bagas Dwi Laksono, koordinator Ultras Smekda. 

Ternyata pemilihan warna di The Real Koreo 3D ini juga punya makna. Merah melambangkan keberanian dan kemenangan. Sedangkan warna biru memiliki makna kekalahan bagi tim Ultras Smekda. 

Menarik dinantikan nih, kira-kira Ultras Smekda akan kembali nribun di DBL Arena pada Jumat, 30 Agustus 2024 mendatang dengan membawa ide apa ya? FYI, di pertandingan pertamanya, Ultras Smekda menampilkan 12 gambar ilustrasi.

Baca Juga: Kisah Cat Tumpah di Balik Koreo Keren Sejarah Perobekan Bendera Songo Mania

Kreativitas anak-anak Ultras Smekda merupakan secuil cerita di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North (DBL Surabaya).

DBL Surabaya sendiri merupakan rangkaian panjang kompetisi basket DBL. Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia.

Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

 

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY