ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Koreografi 3D Mussan Mania ajak penonton DBL untuk tetap merawat keberagaman dan toleransi di Indonesia

Pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North hari ke-16 jadi ajang unjuk gigi Mussan Mania lewat lima koreografi karya mereka. Tampil bersama putra Smamita -tim basket SMA Muhammadiyah 1 Taman-,  Mussan Mania ingin mengangkat tema yang serba Indonesia.

Ketua umum Mussan Mania, Jevon Febrianzah ingin menyampaikan maksud grup suporternya menampilkan tema tersebut. Bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia, Agustus.

Terlihat masih sibuk membereskan perkusi arek Mussan di stegen capo tribun timur DBL Arena, ia segera menuntaskan pekerjaannya untuk ikut dalam sesi wawancara bersama penulis menuju atrium arena.

Koreo penghuni tribun timur itu naik menjelang pertengahan kuarter ketiga. Tampil koreo pertama, yaitu ikon landmark terbaru Indonesia. Istana Garuda. Lengkap dengan ucapan Dirgahayu ke-79 berwarna merah putih.

Koreografi 3D Mussan Mania tampilkan latar Istana Garuda ikon Ibu Kota Nusantara

“Bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Indonesia Mas, kita masukkan juga Istana Garuda bersamaaan dengan ucapan Dirgahayu Indonesia,” ujar Jevon.

Tak selang lama, dua burung garuda terlihat di sisi utara dan selatan tribun. Muncul Candi Borobudur berlatar peta Indonesia dibelakangnya. Megah!. Si ketua kemudian menambahkan maksud dari fase kedua serangkaian koreo 3D milik grupnya.

Koreografi 3D Mussan Mania tampilkan latar Borobudur dan peta Indonesia bersama dua burung garuda

“Dua burung garuda melambangkan Bhinneka Tunggal Ika. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” tambah siswa Smamita itu. “Kalau Borobudur itu melambangkan ikon Indonesia yang dikenal hingga mancanegara,” tambahnya.

Masuk ke tahapan ketiga dan terakhir, tiga figur manusia dengan pakaian adat yang berbeda menutup rentetan koreografi Mussan Mania. Terlihat dari kiri pria berpakaian adat Jawa, wanita berpakaian Dayak, dan pemuda berpakaian adat Bali. Mereka kompak mengatupkan tangan.

“Kalau yang terakhir itu lebih menunjukkan indahnya keberagaman dan toleransi di Indonesia Mas,” kata Jevon.

Lima mahakarya arek Mussan dikerjakan bersama hingga larut malam di sekolah. Jevon berkata, pihak SMA Muhammadiyah 1 Taman sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan para suporter. Tak disangka, sejumlah seni suporteran itu digarap hanya dalam waktu satu minggu.

“Satu minggu tok (saja) Mas,” senyum Jevon seolah menjawab effort Mussan demi penampilan laga ini.

Terkadang jika mengerjakan koreo di sekolah hingga larut malam, acap kali para arek suporteran mengalami kejadian mistis. Tapi tidak dengan Mussan. Sekolah mereka ‘steril’ dari gangguan mahkluk astral karena rutin diadakan pengajian. Jevon lalu menutup sesi wawancara dengan pernyataan singkat dan jelas.

“Memang itu obatnya Mas,” tutupnya.

Meski kalah tipis dengan Sixers -SMAN 6 Surabaya- dengan skor akhir 13-18, Mussan Mania telah menunjukkan rasa bangga mereka sebagai warga Indonesia yang hidup di tengah keberagaman.

Baca Juga: OWL Mania Persembahkan 3D Pertempuran Maha Dahsyat Sonic the Hedgehog!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North merupakan salah satu rangkaian panjang dari kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY