Mungkin tak pernah terbayangkan bagi abas di seluruh Sumatera Barat bahwa skuad putra SMA Adabiah 2 Padang akan bertengger di bagan terakhir Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera. Pasalnya, musim ini, DBL West Sumatera kian kompetitif. Banyak kemenangan baru yang tercipta, juara musim lalu yang pulang, hingga catatan statistik yang mengagumkan. 

Ini merupakan kali pertama bagi putra Adabiah 2 Padang mencicipi final sejak musim 2019. Musim lalu, langkah putra Adabiah 2 Padang berhenti sampai Big Eight. Bahkan di musim 2022 mereka harus puas dengan Sweet Sixteen. Namun, kini putra Adabiah 2 Padang berbenah. 

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana peluang SMA Adabiah 2 Padang di final Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera, berikut riwayat pertandingan sekolah tersebut di musim ini. 

Versus SMAN 12 Padang

Tim putra SMA Adabiah 2 Padang memulai perjalanan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera dengan mengesankan. Mereka berhasil mengalahkan SMAN 12 Padang, pada Jumat, 16 Agustus 2024 di GOR Prayoga Padang. Adabiah 2 Padang memungkasi pertandingan dengan skor akhir 37-14.

"Awal kuarter satu lumayan kejar-kejaran poin sama SMAN 12 Padang soalnya ini juga first game kami kan, terus jalan kuarter kedua sudah lumayan enjoy," terang Khevin Juliandra, top score dari Adabiah 2 Padang. 

Setelah meraih gelar Big Eight pada penyelenggaraan musim 2023 dan memegang gelar Sweet Sixteen pada musim 2022, Adabiah 2 siap melaju ke babak yang lebih tinggi lagi.

"Harapan ke depannya kami berusaha sekuat mungkin buat ngalahin Champions West Sumatera," tandas Khevin.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Saksikan siaran ulang pertandingan SMAN 12 Padang versus SMA Adabiah 2 Padang di bawah ini

Versus MA Ar Risalah Padang

Kalau kamu penasaran dengan sosok tim yang berhasil membuat pulang MA Ar Risalah Padang, mereka adalah SMA Adabiah 2 Padang. Yes, ketika pertama kali melantai di DBL West Sumatera 2024, mereka bertemu putra Adabiah 2 Padang. 

Sepanjang permainan, MA Ar Risalah kewalahan menghadapi strategi defense dari SMA Adabiah 2 Padang. Banyaknya foul yang tidak perlu dari MA Ar Risalah malah menguntungkan tim lawan. Tentunya, skuad putra SMA Adabiah 2 Padang memanfaatkan peluang ini dengan baik. Hasilnya, SMA Adabiah 2 Padang menang atas MA Ar Risalah Padang dengan skor 27-21. 

Meskipun begitu, skuad MA Ar Risalah Padang bukan menyerah tanpa perlawanan. Ketika margin poin semakin menjauh di kuarter ketiga, Muhammad Harits HAZMI dan timnya berusaha mengejar hingga kuarter terakhir. Sayangnya, buzzer tanda waktu berakhir berbunyi lebih dulu sebelum MA Ar Risalah mengejar skor. 

"Permainan hari ini memang cukup ketat, point dibalas point, dan pada akhirnya kami menguasai jalannya pertandingan, itu semua karena doa, dan support semuanya terutama, kedua orang tua," kata Atha Lariq, top score dari SMA Adabiah 2 Padang. 

Atha begitu terharu atas perolehan timnya. Pasalnya, ini bukan kali pertama SMA Adabiah 2 bertemu MA Ar Risalah. Pada penyelenggaraan musim 2022 dan 2023, SMA Adabiah 2 dua kali berturut-turut harus bertekuk lutut. "Dan tahun ini akhirnya bisa memenangkan pertandingan," tutur Atha.

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Saksikan siaran ulang pertandingan MA Ar Risalah Padang dan SMA Adabiah 2 Padang di bawah ini.

Versus SMAN 1 Solok 

Setelah menang atas MA Ar Risalah padang, skuad putra SMA Adabiah 2 Padang sukses menyusul tim putrinya ke babak Fantastic Four Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera. Skuad putra Adabiah 2 berhasil melaju ke semifinal setelah mengalahkan SMAN 1 Solok di partai perempat final dengan skor 42-16.

Adalah Atha Lariq, yang masih menjadi top score dari Adabiah 2 dalam laga kali ini. Ia sukses mencetak 21 poin. Disusul dengan Khevin Juliandra yang berhasil mencetak 10 poin. "Seru banget pertandingan hari ini, kami manfaatin chance Smansa Solok (sebutan untuk SMAN 1 Solok) yang baru sampai Padang terus tadi keliatan nervous," kata Khevin Juliandra, salah satu top score dari SMA Adabiah 2 Padang. 

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Saksikan siaran ulang pertandingan SMA Adabiah 2 Padang dan SMAN 1 Solok di bawah ini

Versus SMAN 3 Bukittinggi

Di Fantastic Four, SMA Adabiah 2 Padang berjumpa dengan SMAN 3 Bukittinggi, Kamis, 22 Agustus 2024. Keduanya memperebutkan slot final terakhir usai tim putra Don Bosco memantapkan langkah ke partai puncak beberapa jam sebelumnya. 

Kuarter pertama dibuka dengan cukup santai. Tak banyak fastbreak yang disajikan. SMAN 3 Bukittinggi unggul di kuarter awal tersebut. Namun, semua berubah memasuki kuarter kedua. Baik SMA Adabiah 2 Padang dan SMAN 3 Bukittinggi saling membalas poin. Skor kuarter kedua menunjukkan angka 28-28. Imbang. 

Tetapi di kuarter ketiga, putra Adabiah 2 Padang berhasil memperlebar margin dan menutupnya dengan skor 44-36. Sayangnya, saat SMAN 3 Bukittinggi memiliki semangat untuk membuntuti skor putra Adabiah 2 Padang di kuarter keempat, banyak kesempatan cetak poin di free throw terlewatkan, bad pass, hingga turn over yang dilakukan. 

Akhirnya, Adabiah 2 Padang sukses memenangkan pertandingan atas SMAN 3 Bukittinggi dengan skor akhir 52-46. Dengan begini Adabiah 2 Padang berhasil mengunci slot final dan akan berjumpa dengan SMA Don Bosco Padang. 

Statistik lengkap pertandingan ini bisa cek halaman di bawah ini (pengguna Android bisa scroll dengan dobel tap)

Saksikan siaran ulang pertandingan SMA Adabiah 2 Padang dan SMAN 3 Bukittinggi di bawah ini

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Pemain Basket Harus Pintar
Yuk kenalan Sama si Jaguars, Maskot Pertama di Seri Ibu Kota
Preview Opening Party North Region : Depoel Punya Rookie yang mengancam
Bikin Iri! Cewek ini Cobain Lapangan DBL Academy Jogja untuk Pertama Kalinya
Inilah Sinji, si Maskot Enerjik dari SMA Kolese Gonzaga