ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Salah satu pemain Sabres (jersei gelap) saat berhadapan dengan SMA Petra 2 Surabaya

SMA Singapore National Academy Sidoarjo (Sabres) amankan tiket kedua menuju Round 2 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. Meski kurang persiapan, namun aksi mereka tetap maksimal kala di lapangan. 

Bagaimana tidak, Sabres menjadi tim berikutnya yang mengamankan dua kemenangan penuh di fase grup Round 1. Setelah menghentikan SMAN 1 Pacet Mojokerto dengan kemenangan tipis di laga perdananya, Sabres banyak berbenah dan menang di laga keduanya melawan SMA Petra 2 Surabaya dengan skor 17-7.

Terlihat mulus, namun tidak dengan prosesnya. Siapa sangka, perjalanan mulus Sabres menuju Round 2 rupanya dikebut dalam satu bulan saja. Bahkan, sebelumnya mereka sempat vakum selama empat bulan.

“Sebenarnya di game ini kita banyak belajar dari game sebelumnya, karena last match, anak-anak nervous, akhirnya kacau di lapangan. Memang mereka ini harus dihajar mentalnya, kalau soal skill, saya percaya lah sama mereka. Karena mereka ada ring sendiri dan latihan tambahan juga di rumah,” celetuk Cyntia, asisten pelatih Sabres saat ditemui usai pertandingan.

“Memang saya tekankan mental dan pattern system. Dua hal itu yang saya kebut selama ini. Saya juga baru pegang mereka gak sampai dua bulan, soalnya kalau libur sekolah, mereka pada liburan. Terakhir kompetisi bareng itu Februari 2024, setelah itu ya gak ada basket, karena mereka ada ujian internasional. Jadi selama itu mereka break, dan dikebut sebulan terakhir ini. Sudah biasa seperti itu,” imbuhnya.

Baca Juga: Visi Misi yang Sama jadi Alasan Rainer Anggakara Memimpin SCS!

Definisi student athlete seperti melekat kuat di tubuh barisan pemain Sabres. Mereka selalu berusaha untuk mengimbangi akademik dan non akademik. Meski pendidikan tetap nomor satu, terbukti mereka tetap lolos ke Round 2 DBL East Java-North 2024.

“Sekolah internasional itu banyak banget tes dan ujiannya. Setelah kompetisi terakhir, kita gak ada latihan  itu karena mereka sendiri yang minta. Mereka harus fokus belajar. Jadi, baru bisa latihan lagi tahun ajaran baru. Itu belum yang extend libur, karena masih ada yang di luar kota atau luar negeri,” saut sosok dengan zodiak Cancer itu.

SMA Singapore National Academy Sidoarjo
Potret srikandi Sabres bersama plakat Round 2 DBL East Java-North 2024

Satu bulan menuju fase berikutnya. Sabres punya lebih banyak waktu berbenah. Pada putaran selanjutnya, coach Cyntia tak banyak berharap. “Kalau saya mau mereka belajar aja sih, kayak bagaimana untuk respect sama lawan, dan bagaimana cara menghargai lawan,” jelasnya, serius.

“Karena itu nilai-nilai yang gak bisa mereka dapatkan di sekolah, belajar tentang aspek kehidupan. Biar pas mereka sudah kerja, mereka tahu bagaimana cara menghargai orang lain dan bangkit dari keterpurukan,” tutup Cyntia.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming DBL Surabaya Hari Ini 21 Agustus 2024

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition 2024-2025. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil SMA Singapore National Academy Sidoarjo bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY