Ahmad Shafwan, pemain SMAN 16 Makassar, menjadi bahan perbincangan pebasket muda, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan. Pasalnya, ia baru saja terpilih menjadi Most Valuable Player (MVP) atau pemain terbaik di gelaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Sulawesi.

Prestasinya itu tentu membanggakan. Apalagi, pemain berusia 17 tahun ini juga berhasil men-checklist satu mimpi lainnya. Yaitu membawa tim putra SMAN 16 Makassar (Sixteen) melaju ke babak final.

"Ini jadi pengalaman yang nggak bisa aku lupain. Bawa sekolah yang tidak pernah sama sekali sentuh final di DBL sebelumnya dan terpilih dua kali buat ikut DBL Camp dan MVP," ujarnya.

Baca juga: Pilih Basket karena Iseng, Kini Deivy Rumayar Bisa Pamer Tiga Jersey First Team!

Yap, di musim-musim sebelumnya, Sixteen belum pernah menyentuh hingga ke babak final. Baru tahun ini mereka berhasil lolos hingga ke babak final. Bahkan, Sixteen mengirim dua wakilnya di partai final, tim putra dan putri.

Di tahun-tahun sebelumnya, langkah Sixteen paling jauh adalah Fantastic Four. Capaian ini membuat pemain andalan milik Sixteen itu tidak bisa menahan rasa bangga sekaligus haru.

"Rasanya sangat bersyukur sekali dan luar biasa bisa bawa sekolah sampai final walaupun belum rejekinya champion tapi sudah bersyukur banget karena sampai final. Apalagi, ini kompetisi DBL. Kompetisi yang jadi idaman buat semua anak basket SMA buat bertanding," ucapnya.

Fafan sempat bernostalgia saat pertama kali ia mengenal DBL. Saat itu, ia masih duduk di bangku SMP. "Pertama kali tahu DBL dari kakak kelas yang ada di klub basket bareng aku. Mereka sering ngomongin DBL," tutur Fafan.

Dari sana, rasa penasaran Fafan akan DBL tumbuh. Semakin besar ketika ia lulus dari bangku SMP dan melanjutkan studi ke SMA. Fafan semakin dekat dengan mimpinya bermain di DBL saat itu.

"Waktu itu ngelihat DBL pertama kali perasaannya, kayak, wow banget. Sekarang, lebih wow lagi," cetusnya.

Walaupun tahun ini menjadi tahun terakhirnya berdansa bersama Sixteen, pemain yang karib disapa Fafan itu masih punya kesempatan untuk kembali mengukir prestasi di DBL. Ia terpilih mengikuti DBL Camp lagi.

Baca juga: Cek Nih! Deretan Kopi Good Day First Team Putra 2024 South Sulawesi

Di tahun 2023 lalu, Fafan berhasil terpilih menjadi Top 50 Campers atau 50 campers terbaik di Kopi Good Day 2023 DBL Camp. Di tahun ini, targetnya lebih tinggi.

"Harapannya semoga bisa jadi Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star. Soalnya pengin ngewakilin Sulawesi Selatan buat ke Amerika," pungkasnya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Lihat profile Ahmad Shafwan dari SMAN 16 Makassar selengkapnya di halaman di bawah ini!

Populer

Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Smanike Tetap Lolos Playoffs Walau Kalah dari Smai! Ini Penjelasannya...
Panas! Berikut 24 Tim yang Lolos ke Babak Playoffs DBL Malang
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA
Reuni Guru dan Murid di DBL Arena, Coach Deo: Bangga Pernah Dilatih Legenda!