ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Seru! Laga penutup hari ke-13 Selasa, 20 Agustus 2024, Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North berakhir epik. Putra Fourteen -sebutan SMAN 14 Surabaya- menang dengan skor tipis 28-27 atas Stag -sebutan SMA Santa Agnes Surabaya.

Selama pertandingan berlangsung ada satu sosok yang selalu gelisah di DBL Arena. Bukan, bukan pemain Santa Agnes atau Fourteen yang adrenalinnya meningkat karena laga yang ketat.

Bukan juga kedua pelatih yang tampak pusing meramu strategi. Sosok tersebut berara di tepi lapangan, tepatnya di barisan bangku VIP DBL Arena.

Orang yang selalu gelisah itu adalah Anakletus Laurensius Arens Batbual Angewarmase, salah satu guru SMA Santa Agnes Surabaya.

Baca juga: Baru Dua Musim Menemani Smantass di DBL, Coach Alfian: Suatu Keberuntungan!

Sepanjang empat kuarter Pak Arens -begitu ia kerap disapa- tak bisa duduk dengan tenang. Setiap kali pemain Stag memegang bola, ia ikut mengarahkan eksekusi serangan.

"Sebenarnya anak-anak itu bisa menang lho. Mereka cukup jaga saja nomor sembilan (Bisma Bagaskara, pemain nomor punggung sembilan dari Fourteen) jangan dikasih jarak," buka Pak Arens.

Anakletus Laurensius Arens Batbual AngewarmasePada laga melawan Santa Agnes, Bisma Bagaskara mencetak 24 poin dan membawa Fourteen menang

Ternyata Pak Arens dulunya selalu terlibat langsung dalam tim Santa Agnes di DBL Surabaya lho. Pak Arens merupakan sosok legendaris di tim basket Santa Agnes.

"Saya sudah menjadi manajer Santa Agnes itu sejak 2009 sampai 2019. Sekarang gantian saja sama yang muda-muda, biar tidak saya terus," ujarnya.

Alasan tersebut ternyata bukan menjadi alasan utama di balik berhentinya Pak Arens menjadi manajer. Sejatinya ia ingin menikmati basket dari sudut pandang yang lain. Cara menikmati basket yang ternyata selama ini selalu ia tahan kala menjadi manajer.

"Saya kalau duduk di bench itu tidak bisa ekspresif seperti tadi. Harus diam jaga image dan menenangkan anak-anak. Kalau duduk di kursi penonton kan bisa ekspresif. Saya bisa teriak-teriak hahahaha," ungkap Pak Arens yang menjadi guru Seni Musik di Santa Agnes.

Usut punya usut perjalanan karier Pak Arens di DBL Surabaya sudah sejak lama lho! Ia sudah merasakan atmosfer DBL Surabaya sejak 2004! Bukan, bukan sebagai pemain. Statusnya masih sama yaitu menjadi manajer salah satu sekolah.

"Sebenarnya saya sudah jadi manajer di kompetisi DBL itu sejak 2004. Sebelumnya itu engga di Santa Agnes, tapi di Stella Maris. Baru di Santa Agnes itu tahun 2009," terangnya.

Baca juga: Punya Jersey Baru, Ternyata Putra Smeas Terinspirasi Tim NBA!

Yap, Pak Arens menjadi salah satu figur yang pernah merasakan ajang DBL pada awal-awal bergulir. Bahkan, saat ini Pak Arens merasakan betul dampak hadirnya DBL untuk perkembangan bola basket Indonesia.

"Perjalanan DBL itu sama seperti perjalanan karier saya hahahahaha. Bagaimana animomya yang selalu meningkat setiap tahun. Pada tahun-tahun awal mereka pindah-pindah lapangan untuk menggelar kompetisi sampai bisa punya DBL Arena. Dampaknya DBL ini juga sangat terasa lho," sambungnya.

Dampak yang dimaksud Pak Arens adalah banyak alumni DBL yang berprestasi di level internasional. Utamanya alumni yang masih melanjutkan basket selepas menamatkan masa SMA.

Baca juga: Debut Gemilang! Putri Sekawan Jadi Tim Pertama yang Sukses Amankan Tiket Round 2

"DBL ini sangat berpengaruh buat perkembangan bola basket Indonesia. Perbasi harusnya bersyukur karena ada DBL yang jadi tempat mereka untuk mencari pemain-pemain bertalenta," cetus Pak Arnes yang pernah menyambet lima gelar Best Manager di ajang DBL Surabaya.

SMA Santa Agnes merupakan partisipan DBL Surabaya. DBL Surabaya masuk dalam rangkaian panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil sekolah ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY