Justin Patrick Alex, pemain SMA St. Louis 1 Surabaya (Sinlui) yang fenomenal. Musim keduanya di DBL East Java-North 2023, berhasil membawa pulang gelar juara kelima untuk almamater sekaligus predikat Most Valuable Player (MVP).

Baru pertama menjajal Kopi Good Day DBL Camp 2024, Justin juga langsung masuk dalam jajaran Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024, juga keluar sebagai MVP. Rupanya, Justin memang diandalkan. 

Bukan hanya untuk almamater, namanya kerap mengisi roster Tim Nasional Basket Indonesia kelompok umur. Semua, bermula saat dirinya bertanding pada salah satu kompetisi basket di Cirebon tahun 2021. Kala itu, Justin berhasil melesat sampai ke final dan menjadi sorotan.

Beberapa bulan setelahnya, Justin mendapatkan undangan seleksi terbuka dari Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi). “Pas April 2022, ada dua jenis seleksi terbuka, tapi seleksinya dikumpulin jadi satu. Setelah seleksi kurang lebih seminggu, akhirnya lolos ke tahap berikutnya dan dipanggil ke Jakarta,” buka pemain yang kini duduk di bangku kelas XII itu.

“Setelah seleksi lagi sebulanan, akhirnya kepanggil buat main di FIBA U16 (Asia Championship) 2023 Qatar. Itu pertama kali aku main di timnas. Masih ingat banget, itu bulan Juni 2022,” sambungnya, saat dihubungi via telepon.

Baca Juga: Justin Patrick Absen dari TC Pertama DBL Indonesia All-Star 2024

Sejak saat itu, nama Justin hampir tak pernah absen dari barisan Timnas Basket Indonesia kelompok umur. Bahkan Justin membawa nama Indonesia “terbang” makin jauh. Baru-baru ini, Timnas Basket Indonesia U18 berhasil meraih medali emas di ASEAN School Games 2024 Vietnam untuk pertama kalinya.

Ditambah, baru-baru ini Timnas Basket Indonesia U18 berhasil lolos meraih gelar runner up FIBA U18 Asia Cup Qualifiers 2024 Malaysia dan bakal terbang ke Yaman, Yordania untuk mengikuti FIBA U18 Asia Cup 2024.


Justin bersama skuad Timnas Basket Putra Indonesia U18 pasca dinobatkan lolos ke FIBA Asia Cup 2024 Yordania

“Terbang” tinggi bersama lambang Garuda di dada, Justin akui sangat bangga. “Bisa bawa nama negara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di negeri orang, rasanya bangga gitu sama diri sendiri. Mewakili Indonesia di ajang FIBA itu menurut saya sudah lumayan tinggi dan bergengsi sih,” jelas Justin.

“Pengalaman berharga banget. Apalagi bisa main buat Timnas juga kan. Benar-benar beda pas nyanyi lagu Indonesia Raya di negeri orang sama waktu upacara. Gimana ya? Kalau pas bareng timnas itu, kan murni suara kita-kita sendiri. Jadi bangga aja, bisa menyanyikan Indonesia dengan lantang dan lebih mendalami,” imbuh pemain yang baru saja pulang dari Amerika Serikat bersama skuad DBL Indonesia All-Star 2024.


Justin Patrick (jersei merah) saat melakoni laga National Summer Classic di Amerika Serikat

Perjalanan masih panjang. Sepanjang mimpi Justin. Begitu banyak harapan yang belum terealisasikan dan sedang ia usahakan. “Jujur, ketagihan bisa main bareng Timnas. Apalagi kalau bisa berprestasi di sana,” celetuknya, lantas semringah.

“Yang paling bikin ketagihan pas bisa juara di ASEAN School Games. Soalnya kan belum pernah juara di sana. Jadi salah satu yang bisa mewakili Indonesia di ajang itu jadi sebuah kehormatan sih. Semoga ke depannya bisa main lagi bareng timnas dan bawa prestasi lainnya,” tutup pemain berusia 17 tahun itu.

Baca Juga: Justin Patrick Core! Foul Out di Laga Kunci dan Nyaris Tak Masuk Top 50 Campers

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 30 kota dan 222 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Profil pemain ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Fixed! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team Putri West Nusa Tenggara 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!