Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera tak hanya jadi tempat para pelajar untuk menunjukkan skill basketnya. Melainkan juga kreativitas dan kemampuan mengemas cerita yang unik dalam koreografi dance.

Selama jeda antarbabak laga Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera, giliran tim dance sekolah-sekolah yang unjuk diri di DBL Dance Competition 2024. Pada Jumat, 16 Agustus 2024, terdapat delapan tim dance yang tampil dengan cerita unik tampil di GOR Prayoga, Padang.

Karena tema tahun ini adalah 'Move Up', DBL Dance Competition 2024 West Sumatera berusaha mengajak peserta DBL Dance untuk berani menunjukkan kemajuan dirinya, memberikan cerita inspiratif, hingga menuangkan ide kreativitas dalam koreografi serta properti dance yang dipakai. 

Baca Juga: Hasil DBL Padang: Putri Don Bosco Perkasa, Adabiah 2 Berjaya di Laga Perdana

Penasaran seperti apa penampilan mereka? Berikut adalah preview penampilan dari tim dance yang tampil Jumat, 16 Agustus 2024 di GOR Prayoga, Padang. 

SMA Kartika 1-5 Padang

Tim dance SMA Kartika 1-5 Padang, Smakar Dance Academy, sukses membuat GOR Prayoga Padang terenyuh. Dalam penampilan DBL Dance Competition 2024 West Sumatera hari ini, Smakar Dance Academy membawakan konsep "Bangkit dari Keterpurukan". Mereka mengangkat kisah nyata dari seorang penari wanita asal Simalungun, Sumatera Utara, Laura Sinaga. 

Laura dikisahkan mengalami kecelakaan dan tidak bisa berjalan. Kejadian tersebut dialaminya pada 2017. Namun, perlahan, Laura bangkit kembali ke dunia tari, mendirikan sanggar, dan sukses membawa muridnya memenangkan kompetisi tari di Turki. 

"Di awal gerakan, semua dancer duduk di atas lantai, yang di mana gerakan ini menggambarkan keterpurukan yang dialami oleh penari tersebut. Di tengah tari, baju berubah menjadi lebih bewarna dan berkilau yang mengartikan sebuah kebangkitan," kata Jennifer Julianis Gaurifa, leader dari Smakar Dance Academy. 

Hal tersebut sejalan dengan tema 'Move Up' yang diadaptasi oleh DBL Dance Competition 2024. Di mana mengajak pemuda bangkit dari keterpurukan. 

SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh

Prince Kopa, tim dance asal SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh, tak mau kalah. Mereka membawakan tarian yang dikolaborasikan dengan seni bela diri. Kreasi tersebut pun dipilih oleh sang guru dengan gerakan yang sangat tegas. 

Menariknya, para peserta dance dari SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh tidak pernah mengikuti ekstrakurikuler dance. Sehingga mereka melakukan persiapan secara mandiri dalam waktu tiga minggu.

"Dengan tantangan tersebut, Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan dengan baik," ungkap Muhammad Zaidul Khair, salah satu member dance dari SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh. 

SMAN 7 Padang

Kalau SMA Kartika 1-5 Padang terinspirasi oleh penari asal Sumatera Utara, berbeda halnya dengan SMAN 7 Padang. Dengan tema 'Move Up' dari DBL Dance Competition ini, SMOKAHONDANCE -julukan dari SMAN 7 Padang- ingin menunjukkan kebangkitannya di DBL Dance Competition 2024. 

"Seperti yang di ketahui, pada 2022 DBL dance SMAN 7 Padang mendapatkan peringkat ketiga, tetapi pada 2023, dance SMAN 7 Padang mendapatkan kegagalan placement, dan pada tahun ini kami bersemangat dan kompak ingin merebut juara kembali," kata Indra Loka Hermawan, perwakilan dari SMAN 7 Padang. 

SMAN 13 Padang

Konsep 'Move Up' unik juga dibawakan oleh SMAN 13 Padang. Tim dance dari Tibel -julukan SMAN 13 Padang- mengisahkan persahabatan yang berhenti di bawah zona nyaman. Namun, salah satu dari mereka mendapatkan motivasi untuk berubah. 

"Nah, teman yang mendapatkan motivasi untuk Move Pp lalu mengajak temannya ikut bersamanya agar menjadi orang yg lebih maju," ungkap Yolanda Maha Dewi. 

SMA Don Bosco Padang

Tak mau kalah dengan tim putrinya, skuad DB CRUSH, tim dance SMA Don Bosco Padang, juga tampil totalitas dalam DBL Dance Competition 2024. Mereka mengusung konsep REDEMPTION FOR REVENGE. Secara harfiah, DB CRUSH ingin bangkit untuk balas dendam atas kebencian, kecurangan, hingga kekalahan yang mereka hadapi bersama. 

"Kami bangkit dari kekalahan-kekalahan yang kami hadapi. tekanan serta cacian yang kami dengar," ungkap Brighita Prabowo. 

Untuk tampil di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera, banyak tantangan yang harus DB Crush lalui. Latihan koreografi dan fisik sudah dijalankan selama dua bulan lebih. 

"Untuk bulan pertama kami banyak mengulik dan memikirkan konsep, bulan kedua kami full memantapkan materi dan persiapan penampilan. Namun, untuk minggu terakhir, kami penuhi dengan doa," kata Brighita. 

Semua yang dilakukan skuad DB Crush tak lain demi menjadi juara DBL Dance Competition 2024. Penasaran bagaimana penampilannya? Cek video di bawah ini!

SMAN 6 Padang

Konsep yang dibawakan oleh SMAN 6 Padang tak kalah unik. Dalam DBL Dance Competition 2024 West Sumatera, mereka mengusung tema nusantara. Sejalan dengan 'Move Up'. Pun cocok untuk merayakan Hari Kemerdekaan ke-79 RI. Sixcrew -julukan tim dance SMAN 6 Padang bahkan memakai kostum yang sangat Indonesia, mengandung corak-corak tradisional.

Meskipun banyak kendala yang dihadapi, Sixcrew tetap tampil kompak. Nayla Aulia Putri Suryadi, salah satu member Sixcrew menyebut bahwa banyak suka-duka dalam mempersiapkan DBL Dance Competition 2024 West Sumatera. "Tetapi kami berhasil melewatinya dan terus berusaha," katanya. 

SMAN 12 Padang

SMAN 12 Padang juga tak mau kalah. du&ce -nama bagi tim dance SMAN 12 Padang- mengadopsi tema dari film Marvel fenomenal yakni Wakanda. Mereka mengapresiasi film tersebut karena menyorot kebangkitan perempuan. Ini sejalan dengan tema DBL Dance Competition tahun ini, 'Move Up'. Tema tahun ini mengajak semua orang untuk terus bergerak maju.

Butuh waktu sekitar 2 bulan bagi du&ce untuk mempersiapkan konsep tersebut. Tantangan dan kendala pun mereka lewati dengan baik. "Prosesnya itu luar biasa banget, capek, seru, seneng, sedih semua ada deh," kata Chaeira Puti Zeika, salah satu anggota du&ce.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Smanike Tetap Lolos Playoffs Walau Kalah dari Smai! Ini Penjelasannya...
Panas! Berikut 24 Tim yang Lolos ke Babak Playoffs DBL Malang
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA
Reuni Guru dan Murid di DBL Arena, Coach Deo: Bangga Pernah Dilatih Legenda!