Comeback tim basket SMAN 8 Surabaya di Honda DBL with Kopi Good Day East Java-North 2024 terasa spesial. Sebab ketika mereka menjalani laga perdana lawan SMAN 2 Sidoarjo, Jumat 9 Agustus 2024, mereka mencatatkan sejarah.

Buzzer beater pertama di Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 tercipta dari pemain SMAN 8 Surabaya, Fauzta Rajendra Mahawirya.

Laga antara SMAN 8 Surabaya vs SMAN 2 Sidoarjo itu sendiri menjadi pemungkas hari kedua Honda DBL with Kopi Good Day East Java-North 2024 atau DBL Surabaya.

Di laga itu sebenarnya SMAN 8 Surabaya sejak awal tepis mula sudah tertinggal dari SMAN 2 Sidoarjo. Namun momen epik terjadi di akhir kuarter pertama.

Ketika laga kurang dari dua detik, pemain SMAN 8 Surabaya Fauzta Rajendra Mahawirya berhasil memasukan bola dari tengah lapangan. Blaarrr! Gemuruh pun seketika terjadi di DBL Arena.

Tiga poin dari buzzer beater yang dicetak Fauzta Rajendra Mahawirya itu membawa SMAN 8 Surabaya menahan SMAN 2 Sidoarjo, 7-7 di kuarter pertama.

Di laga itu, SMAN 8 Surabaya memang menelan kekalahan pertama mereka atas SMAN 2 Sidoarjo, 19-40.

Namun momen itu tetap istimewa buat sang kapten, Fauzta Rajendra Mahawirya.

Fauzta sendiri tak bisa melanjutkan pertandingan hingga akhir. Ia ditarik keluar di awal kuater ketiga. Fauzta mengalami cedera ankle kanan.

Sejak Fauzta ditarik keluar, SMAN 8 Surabaya memang makin kesulitan mengimbangi permainan SMAN 2 Sidoarjo. Meskipun tak bermain hingga tuntas, tapi Fauzta tetap menyumbang poin terbanyak untuk SMAN 8 Surabaya.

Fauzta membuat 11 poin dalam 20 menit bermain. Sementara poin terbanyak di laga itu dibuat oleh Muhammad Rizky dari SMAN 2 Sidoarjo. Ia mencatatkan 19 poin dalam 33 menit bermain.

Meski dibekap cedera ankle yang membuatnya berjalan tertatih, namun siswa kelas 12 itu tetap ingin bersama-sama skuad Smandela -julukan SMAN 8 Surabaya. Ia tetap menguatkan semangat untuk berdiri menyanyikan anthem SMAN 8 Surabaya di akhir laga.

Bahkan ketika DBL.id meminta waktunya untuk wawancara. Fauzta tetap semangat. Ia meminta teman-temannya untuk lebih dulu menuju locker room. Tak perlu menunggunya wawancara.

"Wis tinggalen sik, aku kuat jalan sendiri," ujarnya pada teman-temanya.

Ternyata cedera ankle yang diderita Fauzta itu kambuhan. Sekitar dua minggu jelang perhelatan DBL Surabaya, ia sudah dibekap cedera.

"Gantian Mas. Awale yang kiri, terus kanan. Saya memang punya riwayat cedera ankle," terangnya.

Meskipun dibekap cedera sebelum perhelatan DBL, putra pasangan Jefri Yoelianto dan Pungky Kusumawati itu tak mau menyerah. Ia tetap ingin bersama skuad Smandela mengarungi kompetisi Honda DBL with Kopi Good Day East Java-North 2024.

"Saya sempat istirahat total. Tapi begitu pulih, saya kejar porsi latihan. Kadang sampai malam," ujarnya.

Fauzta punya mimpi di tahun terakhirnya sebagai pelajar SMA, ia ingin membawa Smandela melanju ke babak Round 2.

"Jadi, meskipun tadi diagnosa tim medis saya sudah tidak boleh bermain, tapi saya ingin tetap main. Sambil melihat kondisi besok seperti apa," ujarnya.

Fauzta sendiri tak kaget ia bisa membuat buzzer beater. Sebab di porsi latihannya, ia memang beberapa kali latihan shooting dari jauh. Apalagi ini bukan buzzer beater pertamanya di turnamen basket.

"Tahun ini saya sempat bikin buzzer beater juga saat membela sekolah main di turnamen Unair (Universitas Airlangga)," kata cowok kelahiran 4 Mei itu.

Fauzta selama ini juga ikut klub basket di luar ekskul sekolahnya. Di sana ia banyak ditempah teknik maupun mental bertanding. Namun Fauzta sejauh ini belum berpikiran untuk melanjutkan kariernya menjadi pemain basket profesional.

Cita-citanya saat ini adalah mengejar masuk Akademi Kepolisian atau Akpol. "Saya ingin jadi polisi seperti ayah saya," ujar anak dari seorang perwira polisi yang bertugas di Polres Pelabuhan Tanjung Perak itu.

Ia akan belajar dan berlatih fisik sekuat tenaga untuk bisa menembus Akpol. "Mungkin saya akan coba beberapa kali. Jika tahun pertama gagal, saya akan coba lagi tahun berikutnya sambil belajar bisnis dengan ikut di perusahaan mama," ungkapnya. "Mama punya bisnis suplier selang," pungkasnya.

Menarik dinanti cerita Fauzta dan tim Smandela di laga-laga berikutnya. Apakah comeback SMAN 8 Surabaya tahun ini bakal berakhir manis? Apakah tahun terakhi Fauzta akan sesuai harapannya? Ikuti terus di Honda DBL with Kopi Good Day East Java-North 2024.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North sendiri merupakan rangkaian panjang kompetisi basket DBL. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Smanike Tetap Lolos Playoffs Walau Kalah dari Smai! Ini Penjelasannya...
Panas! Berikut 24 Tim yang Lolos ke Babak Playoffs DBL Malang
Berikut Ukuran dan Tinggi Ring Basket yang Sesuai Aturan FIBA
Reuni Guru dan Murid di DBL Arena, Coach Deo: Bangga Pernah Dilatih Legenda!