Hari kedua berakhir. Empat tim yang berhasil mengantongi kemenangan pertamanya di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North pada Jumat, 9 Agustus 2024 secara otomatis bakal menduduki puncak klasemen. Sebaliknya, tim yang kalah akan berada di dasar klasemen untuk sementara waktu.

Begitu banyak cerita yang hadir pada hari kedua. Salah satunya putra-putri SMAN 1 Kebomas Gresik yang gagal kompak mengamankan kemenangan. Selain itu, partai ketiga antara SMAN 13 Surabaya kontra SMAN 1 Surabaya nyaris beranjak ke babak tambahan waktu. Adapula SMAN 8 Surabaya yang justru menelan kekalahan pada laga comeback-nya.

Pertempuran hari kedua DBL East Java-North 2024 kian kompetitif dan layak untuk disaksikan ulang. Buat kalian yang terlewat momen keseruannya, berikut rangkuman seluruh pertandingan.

SMAN 1 Kebomas Gresik vs SMAN 18 Surabaya


Pemain SMAN 1 Kebomas Gresik (jersei putih) saat berusaha mendobrak lini pertahanan lawan

Laga pembuka yang alot. Sejatinya, DBL East Java-North 2024 merupakan laga debut bagi tim putri SMAN 1 Kebomas Gresik atau Smabom Gresik. Meski baru pertama kali menjajal lapangan DBL Arena Surabaya, ditambah teriak riuh dari barisan suporter, Smabom Gresik langsung menundukkan SMAN 18 Surabaya di laga perdananya dengan skor 16-5.

Pertandingan sempat berjalan alot. Bahkan kuarter pertama ditutup tanpa adanya tambahan angka, yakni 0-0. Hingga salah satu pemain Smabom Gresik, Jacinda Alvina sukses membuka keran angka sekaligus meningkatkan rasa percaya diri teman-temannya.

Perlahan tapi pasti. Smabom Gresik berupaya memperjauh keunggulan di kuarter demi kuarter. Jacinda Alvina benar-benar berpengaruh besar dalam keunggulan tersebut. Hingga peluit buzzer resmi dibunyikan, tercatat pemain dengan nomor punggung 19 itu membukukan total 11 poin, 6 steal, 2 rebound, dan 1 assist.

Awal yang baik bagi Smabom Gresik. Namun, masih ada satu laga penentuan untuk mengamankan tiket menuju Round 2. Ke depannya mereka harus berhadapan dengan sesama pendatang, SMAN 2 Jombang pada Minggu, 18 Agustus 2024 pukul 11.00 WIB.

Sementara, SMAN 18 Surabaya juga bakal berjumpa dengan SMAN 2 Jombang pada Rabu, 4 September 2024 pukul 15.30 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 1 Kebomas Gresik vs SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

Aksi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya (jersei hitam) saat dipertemukan dengan SMAN 1 Kebomas Gresik

Beralih ke pertandingan sektor putra. Masih bersama SMAN 1 Kebomas Gresik, sayangnya nasib mereka tak sebaik srikandinya. Kembali ke medan pertempuran usai vakum tiga musim, tim putra Smabom Gresik justru menelan kekalahan telak atas SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dengan skor 54-4.

Memang, permainan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya atau Smamda begitu ciamik pada laga pertamanya. Ditambah duel maut antara Farrel Aulia Pramudana dengan Mochamad Zaid Abil sukses menyumbangkan total 35 angka. Lebih dari 50 persen poin keseluruhan berasal dari keduanya.

Farrel Aulia sendiri memimpin dengan perolehan 24 poin, 5 steal, 2 rebound, 1 assist. Disusul Mochamad Zaid dengan 11 poin, 6 steal, dan 3 rebound. Kolaborasi luar biasa yang membuat Smabom Gresik tidak bisa berkutat. 

Kemenangan meyakinkan, membawa Smamda tegak di puncak klasemen Grup B. Paling dekat, Smamda akan bertempur kembali melawan SMA Santa Maria Surabaya pada Kamis, 22 Agustus 2024 pukul 15.30 WIB. Sedangkan Smabom Gresik bakal bertemu rekan satu daerahnya, SMAN 1 Manyar pada Minggu, 18 Agustus 2024 pukul 12.30 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 13 Surabaya vs SMAN 1 Surabaya


Penampilan SMAN 1 Surabaya (jersei gelap) saat melakoni laga perdana di DBL East Java-North 2024

Dari tanpa harapan, sampai buat musuh ketar-ketir. Yap, meski harus pulang dengan kekalahan, semangat tim putra SMAN 13 Surabaya (Thirteen) patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, mereka berhasil mengubah margin poin dengan cepat dan nyaris membawa partai ketiga menuju babak tambahan waktu.

Berjumpa dengan SMAN 1 Surabaya (Satoe) di laga perdananya, pertandingan berakhir dengan skor 15-11. Sejak awal, Thirteen tertinggal cukup jauh. Bahkan paruh pertama ditutup dengan margin sembilan angka, 10-1. 

Siapa sangka, di kuarter ketiga, Thirteen justru membuat lawan tak berkutat. Mereka tak memberikan sedikit pun kesempatan bagi Satoe untuk menambahkan angka atau scoreless. Sehingga kuarter ketiga berakhir dengan skor 10-5. 

Makin malam, makin sengit. Merasa terancam, pola permainan Satoe kian tak terarah. Sedangkan, ambisi Thirteen makin besar untuk mengejar ketertinggalan. Tembakan gratis Mochammad Maulana Cahya Resya, pemain Thirteen sempat membuat poin hanya berjarak dua angka.

Sayang, aksi gegabah membuat Thirteen gagal memanfaatkan peluang dengan baik. Alhasil Satoe pulang dengan kemenangan dan membuat mereka ada di posisi aman. 

Pada laga yang akan datang, Satoe akan berjumpa SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik pada Sabtu, 17 Agustus 2024 pukul 17.30 WIB. Sedangkan, Thirteen bakal lebih dulu bertemu SMAN 1 Gresik pada Rabu, 21 Agustus 2024 pukul 18.30 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 2 Sidoarjo vs SMAN 8 Surabaya

Muhammad Rizky (jersei putih) kala mendobrak pertahanan lawan dan coba menambah poin

Partai penutupan yang luar biasa. Pada laga comeback-nya, SMAN 8 Surabaya (Delapan) harus bertekuk lutut, mengakui ketangguhan para penggawa SMAN 2 Sidoarjo (Smanda) setelah mengakhiri pertandingan dengan skor 40-19.

Meski berakhir dengan margin poin yang cukup jauh, pertarungan antardua sekolah sempat berjalan sengit. Utamanya di dua kuarter awal. Di mana kuarter pertama berakhir imbang (7-7) dan paruh pertama ditutup dengan selisih empat angka (15-11).

Tujuh poin beruntun dari Muhammad Rizky, pemain kunci Smanda pada pembuka kuarter ketiga berhasil mengejutkan lawan. Langsung tertinggal 11 angka, membuat Delapan terpaksa mengambil timeout untuk mengatur ulang strategi. 

Sayangnya, hal itu tak mengubah keadaan. Bahkan, Smanda makin nyaman menceploskan poin demi poin. Aksi Rizky berpengaruh besar di tubuh timnya. Selain menorehkan statistik manis, yakni 19 poin, 3 block, 3 steal, dan 3 rebound, Rizky juga membawa Smanda menuju kemenangan.

Namun, masih ada dua laga yang harus dihadapi. Dalam waktu dekat, mereka bakal berhadapan dengan salah satu tim kuat, SMA Nation Star Academy Surabaya pada Senin, 19 Agustus 2024 pukul 15.30 WIB. Sementara, Delapan akan berjumpa SMAN 22 Surabaya pada Kamis, 22 Agustus 2024 pukul 17.00 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Cek hasil klasemen sementara Round 1 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North secara berkala di halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Fixed! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team Putri West Nusa Tenggara 2024
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara