Hari pertama tuntas. Sebanyak delapan tim memperoleh kesempatan bertanding di Opening Party sekaligus  menjajal lapangan “baru” di DBL Arena Surabaya pada Kamis, 8 Agustus 2024. Empat di antaranya, unggul dan berhasil mengamankan kemenangan perdana.

Satu poin kemenangan tentu berpengaruh besar menentukan dalam posisi klasemen dan hasil akhir menuju Round 2 DBL East Java-North 2024. Di mana, hanya ada 24 tim putra dan 16 tim putri yang berhak lolos ke fase berikutnya.

Oleh karena itu, Opening Party DBL East Java-North 2024 berhasil menyajikan pertarungan yang luar biasa. Bahkan dua laga terakhir berakhir dengan margin yang tak lebih dari 10 angka.

Hasil tersebut menjadi bukti bahwa persaingan yang terjadi musim ini kian kompetitif. Slot terbatas membuat semua tim berlomba-lomba untuk menjadikan yang terbaik demi membuat bangga almamater.

Dapat disimpulkan, pertempuran hari pertama DBL East Java-North 2024 berlangsung kompetitif dan panas. Buat kalian yang terlewat momen keseruannya, berikut rangkuman seluruh pertandingan.

SMAN 1 Mojokerto vs SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya


Aksi SMAN 1 Mojokerto (jersei putih) saat berusaha mendobrak lini  pertahanan lawan

Menjadi satu-satunya tim pendatang yang bertanding di laga pembuka DBL East Java-North 2024, SMAN 1 Mojokerto (First) tak mengecewakan. Berjumpa SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya (Smabhaone) pada pertemuan perdana, First menang jauh 34-10.

Sejak tepis mula, First memang tampil dominan. Boosting-an dari barisan suporter membuat mereka makin tak terbendung. Baru memasuki paruh pertama saja, margin dari kedua tim sudah menyentuh dua digit, 15-3. Keunggulan sementara untuk First.

Usai jeda turun minum, perlawanan dari Smabhaone rupanya belum bisa mengubah keunggulan. Lebih-lebih First juga makin membara. Agheea Khilwani, guard First jadi satu-satunya pemain yang membukukan dua digit angka. 

Pemain dengan nomor punggung 11 itu membukukan total 11 poin, 5 steal, dan 3 rebound. Sekaligus menjadi top skor dalam laga perdana di Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North.

Kemenangan ini membawa First berada di puncak klasemen Grup G dengan torehan dua poin. Pada laga Round 1 berikutnya, First akan berjumpa dengan SMA Santo Yusup Surabaya pada Jumat, 23 Agustus 2024 pukul 17.30 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)


Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 14 Surabaya vs SMAN 16 Surabaya


Queen Shera, salah satu pemain kunci Sixteen yang mengamankan double-double

Partai kedua milik SMAN 16 Surabaya. Satu-satunya laga srikandi yang tersaji di Opening Party DBL East Java-North 2024 itu benar-benar membuat SMAN 14 Surabaya atau Fourteen tak berkutat, di mana game berakhir dengan keunggulan telak 67-6.

Dua pemain Sixteen “haus” kemenangan, antara lain Maorin Alifia Azzahra dan Queen Shera F Pattipeilohy. Meski baru memasuki laga perdana, mereka langsung tancap gas dan memecahkan double-double pertama untuk gelaran DBL East Java-North 2024.

Istimewa. Queen Shera menjadi satu-satunya pemain yang mencetak angka “berkepala” dua, yakni 25 poin dan 10 steal. Hebatnya lagi, pemain sophomore Sixteen itu mengantongi 84 persen field goals. Di sudut lain, Maorin Alifia, forward sekaligus kapten Sixteen itu menyumbangkan 16 poin dan 10 rebound.

Dua poros utama Sixteen sukses menggusur Fourteen ke dasar klasemen Grup H. Ke depannya, Fourteen masih akan berjumpa dengan SMAN 1 Tuban pada Minggu, 25 Agustus 2024 pukul 13.30 WIB. Sedangkan pertemuan SMAN 1 Tuban versus SMAN 16 Surabaya tersaji pada Minggu, 1 September 2024 pukul 13.30 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)


Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMAN 19 Surabaya vs SMAN 20 Surabaya


Salah satu penggawa Twenty (jersei gelap) berusaha mencetak poin ke ring lawan

Sengit nan dramatis. Pertarungan panas antara SMAN 19 Surabaya versus SMAN 20 Surabaya tak hanya dirasakan di lapangan, namun sampai ke bangku tribun. Mengingat loyalitas barisan pendukung SMAN 19 Surabaya (Nineteen Mania) dan SMAN 20 Surabaya (Twyster) selalu terjaga demi kebanggaan.

Hal itulah yang akhirnya membuat kedua tim saling berambisi untuk mengantongi kemenangan. Sayangnya, dewi fortuna kini berpihak ke SMAN 20 Surabaya (Twenty). Mereka sukses mengakhiri pertandingan dengan kemenangan tipis 24-19.

Sejatinya, margin dari kedua tim tak pernah lebih dari tujuh angka. Pembuktian bahwa Nineteen -sebutan tim basket SMAN 19 Surabaya- dan Twenty benar-benar setara dari segi kualitas dan mental. Hanya saja, Twenty tampak lebih siap.

Walau dua penggawa Twenty mengalami cedera, hebatnya sang nahkoda, Septian Rizky Saputra, pandai dalam mengubah formasi pemain demi memenuhi syarat minute play. “Pas masuk kuarter tiga, lawan kan mainin pemain cadangannya, saya justru menurunkan pemain utama. Jadi sempat unggul agak jauh, dan anak-anak juga lebih pede setelah itu,” celetuknya, saat ditemui pasca pertandingan.

Kekalahan tipis penggawa Nineteen membuka peluang mereka untuk bisa mengamankan predikat runner up terbaik. Dalam waktu dekat, Nineteen bakal bertemu SMA IPH East Surabaya pada Minggu, 18 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB. Sementara, Twenty akan berjumpa SMAN 1 Tuban pada Minggu, 25 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)


Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

SMA Trimurti Surabaya vs SMAN 6 Surabaya


Potret pemain Trimurti (jersei gelap) saat melantai di Opening Party DBL East Java-North 2024

Laga penutup yang tidak kalah meriah. Turun ke DBL Arena Surabaya dengan titel Derbi “Gubernur Suryo”. Selain berebut kemenangan, ada gengsi yang harus dijaga. Setelah melewati 40 menit waktu pertandingan, SMA Trimurti Surabaya akhirnya tunduk atas rivalnya, SMAN 6 Surabaya dengan skor akhir 24-17.

Trimurti memang tak pernah unggul sejak tepis mula. Sementara, Sixers -sebutan SMAN 6 Surabaya- cukup pintar menjaga margin, meski tak pernah lebih dari 13 angka. Kemenangan ini menjadi bukti, bahwa Sixers masih yang terbaik di sepanjang Jalan Gubernur Suryo.

Pada pertandingan ini, Sixers juga lebih solid. Sebanyak 8 dari 12 pemain mereka, turut menyumbangkan poin. Prastya Ahmad Dzaky memimpin dengan 6 poin, 5 rebound, 1 assist. Kemenangan yang membuat Sixers berada di posisi aman dalam sementara waktu.

Sixers masih harus berhadapan dengan dua penantangnya. Paling dekat, mereka akan berjumpa dengan SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo pada Jumat, 23 Agustus 2024 pukul 16.00 WIB. Di sisi lain, SMA Trimurti Surabaya akan lebih dulu bertemu SMA Hang Tuah 1 Surabaya pada Minggu, 18 Agustus 2024 pukul 17.00 WIB.

Statistik pertandingan ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)


Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara