Derbi Gubernur Suryo -dua sekolah yang beralamat di Jalan Gubernur Suryo Surabaya- yang melibatkan SMAN 6 Surabaya dan SMA Trimurti Surabaya tak hanya seru di pertandinga basketnya saja. Tapi persaingan untuk tampil memukau juga terjadi di kompetisi dance-nya.

Itulah gambaran ketika tim dance SMAN 6 Surabaya dan SMA Trimurti Surabaya tampil di Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East-Java North.

Aroma kompetitif begitu terasa. Tim dance kedua sekolah itu berusaha menampilkan aksi terbaik. Menariknya, mereka membawakan konsep yang berbeda.

Sixers One Blood -sebutan tim dance SMAN 6 Surabaya- hadir dengan konsep futuristiknya. Mereka yakin konsep tersebut sejalan dengan tema kompetisi dance tahun ini: “Move Up”.

Mereka juga yakin konsep itu belum pernah dibawakan oleh tim dance sekolah lain. Selain itu ada pesan mendalam di balik pemilihan konsep tersebut. 

“Kita tuh ngerasa kalau negara ini masih harus mengerjar ketertinggalan sama negara lain, kayak misal di Jepang kan udah ada robot yang jadi waiters. Nah, kami terinspirasi sama itu,” ungkap Aurelia Novita Widjaja, kapten dari Sixers One Blood. 

Mereka pun berhasil menyulap lantai DBL Arena Surabaya layaknya sebuah laboratorium pembuatan robot. Di balik penampilan yang mampu mengudang decak kagum, rupanya ada tantangan yang harus mereka hadapi. 


Penampilan Sixers One Blood dalam Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Properti dan kostum yang kompleks menjadi tantangan terbesar. Sebab, tak mudah untuk menyesuaikannya dengan tempo dari gerakan dance yang mereka lakukan. Bahkan, mereka juga baru memulai proses pembuatan kostum robot pada empat hari. 

“Kami baru bikin kostum robot ini di H-4. Mepet banget. Terus, kami juga kesusahaan nyari model dan warnanya karena kostum kami banyak banget. Jadi, kami harus cari warna yang nggak nabrak,” tutur Aurel. 


Penampilan tim dance SMA Trimurti Surabaya, Skyvader, dalam Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Hal yang sama ternyata juga terjadi pada tim dance SMA Trimurti, Skyvader. Soal persiapan yang dadakan juga terjadi pada Skyvader.

Bahkan saking mendadaknya, persiapan Skyvader bukan hitungan hari. Skyvader baru menyelesaikan seragam mereka hanya beberapa jam sebelum penampilan!

Fun fact nih, kostum kami itu baru tadi pagi banget. Dicoba karena waktu kemarin malam pas kostumnya dateng, ukurannya bener-bener kecil kaya boneka gitu. Jadi, kami nggak bisa nyoba,” ucap Christziva Valencia Yhunta, kapten dari Skyvader. 

Kejadian ini harus diterima Skyvader karena mereka tak menyangka sekolahnya mendapat kesempatan tampil di ajang pembukaan DBL East Java-North 2024.

Gadis yang akrab disapa Valencia itu mengaku pelatih dan rekan-rekannya tak memiliki planning untuk melantai di opening

Sebenernya, pelatih kami punya penjahit sendiri. Tapi, tiba-tiba dikabarin opening dan nggak ada plan buat jahit secepat mungkin. Eh, ternyata penjahit biasanya penuh. Jadi, harus puter otak cari penjahit lain,” cerita Valencia. 


Penampilan tim dance SMA Trimurti Surabaya, Skyvader, dalam Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Berbeda dengan Sixers One Blood, Skyvader mengusung tema menjadi anak sekolahan.

Mereka membawa pesan bakat seorang siswa sebagai bentuk sebuah prestasi nonakademik. Pesan itu mereka kaitkan dengan tema dance tahun ini: “Move Up”.

“Di sekolah kan ada akademik dan nonakademik. Nah, biasanya kan orang pinter akademik dipandang lebih tinggi. Padahal, kita nggak bisa memandang lemah nonakademik karena setiap murid bisa berprestasi,” tuturnya Valencia. 

“Konsep kita ada anak yang pusing sama akademik dan akhirnya masuk ke pergaulan buruk. Tapi, dia punya banyak bakat nonakademik. Gara-gara bakat itu, dia pelan-pelan bisa berkembang dan lepas dari hal buruk,” ceritanya. 

Baik Sixers One Blood maupun Skyvader tampak ingin menunjukkan sisi fresh dari konsep yang diusung.

Dari sisi prestasi dance, sekolah bertetangga ini sama-sama oke. Musim lalu mereka sama-sama bisa mengamankan tiket Top 10 DBL Dance Competition. 

Berbicara soal target, kedua kapten tim tentu ingin mempertahankan gelar tersebut. Atau jika bisa, mereka ingin mencapai posisi lebih tinggi.

Lantas, akankah keduanya kembali menyabet gelar Top 10 dalam DBL Dance Competition 2024 East Java-North? Kita tunggu saja.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.

Statistik pertandingan yang mempertemukan SMAN 6 Surabaya vs SMA Trimurti Surabaya bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Fixed! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team Putri West Nusa Tenggara 2024
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!