ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim basket putra Twenty -sebutan SMAN 20 Surabaya- sukses membuka perjalanan mereka di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North dengan kemenangan.

Pada laga ketiga Opening Party, Kamis, 8 Agustus 2024 yang berlangsung di DBL Arena, basket Twenty berhasil mencuri kemenangan 24-19 atas Nineteen -sebutan SMAN 19 Surabaya.

Kemenangan ini bisa membuat tim putra Twenty layak ditahbiskan sebagai langganan menang di laga perdana. Ya, sejak 2018, tim basket putra Twenty hampir selalu memang di laga perdananya.

Menjaga konsistensi tersebut tidaklah mudah. Mengingat skuad Twenty yang terbatas. Belum lagi beberapa pemain yang sudah menamatkan masa SMA.

Konsistensi tersebut sempat putus di musim 2021. Kala itu basket Twenty harus tumbang di laga perdananya. 

Baca juga: 1 Km vs 47 Km di Opening Party Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North

Perlu diingat tidak mudah bagi setiap tim yang memulai laga perdana. Rasa gugup kerap terjadi pada para pemain. Terutama mereka yang berstatus ruki.

Apalagi, laga perdana senantiasa menghadirkan gemuruh suporter. Baik suporter sekolah sendiri, maupun pendukung tim lawan. Hal-hal itu berpotensi mengganggu fokus dan mental para pemain.

"Saya selalu menekankan ke anak-anak untuk selalu berani menghadapi tekanan. Ini gim perdana mereka, apalagi ini Opening Party. Saya paham betul mereka pasti merasa tertekan. Jadi saya cuman mengingatkan saja untuk bisa mengatasi itu," ungkap Septian Rizky, pelatih Twenty.

https://www.dbl.id/uploads/post/2024/08/08/Cedera di Laga Pembuka dan Cerita di Balik Konsistensi Basket Twenty.jpg

Di tangan coach Septian Rizky, Twenty punya formula untuk menjaga konsistensi spesialis menang di laga perdana. Apa tuhhh???

"Sebenarnya saya dari tahun ke tahun itu punya target sama. Harus bisa sampai delapan besar. Mau ada pemain atau enggak saya sudah menanamkan ke diri sendiri dan anak-anak untuk bisa capai target itu," terangnya.

Baca juga: Makin Seru! Banyak Hal Baru di DBL East Java-North 2024

Motivasi itu terbilang efektif. Pada tahun pertama (2018) sebagai nahkoda kapal, coach Septian Rizky sukses membawa basket Twenty menembus babak Fantastic Four!

"Ya, itu (tembus Fantastic Four) juga jadi semangat saya untuk terus percaya kalau Twenty ini bisa lebih. Kuncinya adalah selalu disyukuri aja sama roster tiap tahunnya," kelakarnya.

Coach Septian Rizky sendiri mengaku penuh perjuangan untuk tetap bisa menjaga tren positif Twenty di DBL Surabaya. Baginya, kuncinya ada menguatkan fundamental.

"Setiap pemain yang ada di Twenty saya selalu tekankan untuk benahi dan pertajam fundamental lagi. Saya percaya hal-hal dasar itu yang ternyata sangat berdampak bagus di lapangan," ujarnya.

Baca juga: Merahkan Tribun Opening Party DBL Surabaya, Fourteenation: Biar Sangar!

Keberhasilan basket Twenty membuka musim baru menjadi bukti mengenai kesabaran dan kepercayaan untuk terus berproses.

Sayang, kemenangan di laga perdana Twenty dibayar mahal oleh cederanya dua pemain mereka, Made Yoga dan Paksi Bimantara.

Kata coach Septian, untuk Yoga, sebenarnya ia sudah cedera sebelum DBL. Made Yoga sempat istirahat cukup lama cuman agar bisa bermain di DBL.

"Ya, ada senangnya ada sedihnya juga soalnya kan jadi kurang lengkap feel-nya buat menang. Buat Made semoga cepat sembuh, kemenangan hari ini buat dia," ungkap Rasya Ar-rahman, salah satu penggawa basket Twenty.

Cedera di Laga Pembuka dan Cerita di Balik Konsistensi Basket TwentyMade Yoga (tengah) hanya bermain selama 30 detik di laga perdana Twenty. Ia harus menepi karena cedera lututnya kambuh ketika di lapangan

Selanjutnya basket Twenty harus berjuang kembali pada Sabtu, 25 Agustus 2024. Mereka akan menjamu SMAN 1 Tuban.

Berhasilkah mereka menjaga tren apik musim ini? Menarik untuk ditunggu perjalanan basket Twenty di DBL Surabaya 2024.

DBL Surabaya masuk dalam rangkaian panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025. 

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

Statistik pertandingan SMAN 19 Surabaya melawan SMAN 20 Surabaya bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap)


Saksikan tayangan ulang livestream pertandingan lewat video di bawah ini:

Pengen dapetin info kode redeem baru dan jadi yang paling update soal esports? Klik sini. Atau gak mau ketinggalan update karya-karya biasmu di dunia KPOP, klik sini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY