Tim basket putri SMAN 1 Bukittinggi harus absen satu musim di DBL Padang 2023 untuk beberapa alasan tertentu. Namun, mereka menyatakan siap kembali ke lapangan dan bersaing di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera.

Untuk mengarungi DBL Padang musim baru ini, putri Smansa Bukittinggi (julukan SMAN 1 Bukittinggi) tengah fokus menjalani rutinitas latihan. Mereka telah menjalani proses latihan sejak tiga bulan terakhir.

Dzulia Zahran, salah satu pemain Smansa Bukittinggi, mengatakan proses latihannya tidak selalu mulus. Apalagi, ia dan tim baru saja kembali ke lapangan setelah vakum selama satu tahun di DBL Padang.

Baca juga: Abas Padang Waspada! Berikut 3 Pemain Potensial di DBL Padang 2024

Kesulitan mereka, lanjut Dzulia, ada di segi fisik pemain. Ia mengatakan, pemain putri Smansa Bukittinggi kerap kesulitan dalam menjaga konsistensi latihan fisik. Memang, latihan fisik menjadi latihan yang sering kali dihindari oleh beberapa tim lantaran menguras tenaga dan termasuk salah satu latihan berat untuk student athlete.

"Cara yang kami lakukan untuk melewati permasalahan tersebut dengan mengubah mindset kami masing-masing bahwa fisik itu sangat penting dalam bermain basket," tuturnya.

Meski mengaku susah, pemain kelas XII itu mengaku selalu menikmati setiap proses yang dilakukan bersama timnya. Bahkan, ia dan rekan-rekannya di Smansa Bukittinggi sering bercanda-canda dalam lapangan untuk melepas penat saat latihan.

Tidak hanya itu, Dzulia juga selalu memberikan dukungan bagi temannya dalam tim. Terlebih, ia kini merupakan pemain senior dalam jajaran pemain Smansa Bukittinggi.

Baca juga: Abas Padang Merapat! Tiga Pemain Berbahaya di DBL Padang 2024

"Kami saling men-support satu sama lain, dengan memberi semangat satu sama lain, membangun mood bersama dengan saling tertawa dan bercanda ketika antrian drill," ujarnya.

Kembali melantai di DBL Padang, putri Smansa Bukittinggi sendiri membawa 10 pemain. Mereka dilengkapi oleh delapan pemain kelas XII, satu pemain kelas XI, dan satu pemain rookie alias kelas X.

Di tahun ini, Dzulia berharap timnya bisa melangkah lebih jauh dibanding tahun 2022 yang hanya bertahan selama dua pertandingan saja.

"Tentu keinginan semua orang yang mengikuti DBL berharap untuk menjadi juara. Tetapi apapun hasilnya, aku berserah diri kepada Allah SWT dengan diriingi usaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan yang terbaik," tutup Dzulia.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 West Sumatera sendiri bakal berlangsung pada 15-24 Agustus 2024 di GOR Prayoga Padang. DBL Padang sendiri merupakan salah satu kompetisi dari rangkaian panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Populer

Jadwal dan Link Live Streaming DBL Malang Hari Ini 20 September 2024
Big Match Playoffs DBL Malang: Smarihasta Kembali Bersua Bhawikarsu!
Hasil DBL Surabaya: Putri Gloria 1 ke Playoffs, Smamda Comeback Mengerikan!
Mengenal Pola Pertahanan dalam Permainan Basket dan Teknik Melakukannya
Sah! Berikut Nominasi Kopi Good Day First Team 2024 Putra West Nusa Tenggara