ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret salah satu pertandingan di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java-North

Ada yang baru di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North! Selain mengundang lebih banyak peserta untuk terlibat di medan pertempuran, Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North juga bakal memberlakukan “journey” baru.

Perubahan “journey” ditujukan untuk memberikan lebih banyak kesempatan bertanding bagi para peserta. Persaingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North dijamin bakal lebih merata. Pasalnya, tim yang mengamankan kursi Big Eight musim lalu, tak berlaga sejak awal (Round 1).

Di situlah letak perbedaannya. Rangkaian Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North akan terbagi menjadi tiga babak, yakni Round 1, Round 2, dan Playoffs. Delapan tim putra-putri terbaik musim lalu, bakal langsung beranjak ke Round 2.

Dengan begitu, hanya ada 72 tim putra dan 42 tim putri yang akan berlaga sejak Round 1. Alhasil, semua tim punya kans yang sama untuk dapat melaju ke putaran berikutnya hingga berdiri di tangga juara.

Baca Juga: Hasil Drawing DBL Surabaya: Pertempuran Round 1 Bakal Dimulai!

Sebelum memasuki medan pertempuran, berikut penjelasan Journey Competition Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North.

Round 1 (Round Robin)

Perjalanan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North dimulai dari fase Round 1. Bakal ada 72 tim putra dan 42 tim putri yang terbagi ke dalam beberapa grup. Pembagian ini terjadi pada sesi drawing di technical meeting (TM) Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North lalu.

Round 1 Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, yakni 8 Agustus sampai 8 September 2024.

Format yang diberlakukan pada Round 1 adalah Round Robin. Pengertian dari Round Robin itu sendiri merupakan format pertandingan yang bakal mempertemukan seluruh tim demi menemukan “si” pemuncak klasemen.

Pada sektor putra, sebanyak akan ada 72 tim yang terbagi ke dalam 18 grup. Artinya, masing-masing grup berisikan empat tim yang siap bertanding satu sama lain. Nantinya, 18 tim pemuncak klasemen dan 6 runner up grup terbaik berhak lolos ke Round 2.

Baca Juga: Debutan Hadir Lagi! Simak Daftar Peserta DBL Surabaya 2024

Sementara, dari sektor putri akan terpisah menjadi 14 grup. Yang mana masing-masing grup akan dihuni oleh tiga tim. Untuk mengisi kekosongan bangku Round 2, Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North akan memboyong 14 tim dengan label juara grup dan 2 runner up terbaik.

Round 2 (Round Robin)

Sebanyak 24 tim putra dan 16 tim putri akan “naik kelas”  ke Round 2 dan bertempur dengan tim-tim unggulan. Yap, tim-tim unggulan itu adalah delapan tim yang mengamankan Big Eight Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java-North.

Masih menggunakan format Round Robin, akan ada delapan grup di Round 2. Setiap grup dari sektor putra kembali berisikan empat tim. Sedangkan, untuk sektor putri berisikan tiga tim. 

Mereka akan bertemu satu sama lain dan berebut puncak klasemen. Peringkat pertama dari masing-masing grup akan berangkat ke babak Playoffs. Pertempuran fase Round 2 akan berlangsung selama dua pekan. Dimulai sejak 11-24 September 2024.

Playoffs (Double Elimination)

DBL Surabaya 2024

Perbedaan lain dari Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North ada di sini. Jika sebelumnya babak playoffs menganut sistem gugur, kali ini akan diberlakukan sistem double elimination.

Ada beberapa keuntungan bagi tim yang bertanding di babak playoffs. Pertama, setiap tim akan mengantongi dua nyawa. Sehingga, mereka punya kesempatan bermain yang lebih banyak.

Keuntungan lain bagi tim yang beranjak ke babak playoffs Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North adalah langsung melaju ke Round 2 di musim berikutnya. 

Oleh karena itu, kuota di babak playoffs sangat terbatas, hanya terbuka untuk delapan tim putra-putri yang berhasil mengamankan peringkat pertama dari masing-masing grup di Round 2. Pertandingan di babak playoffs akan berjalan pada 25 September sampai 4 Oktober 2024.

Baca Juga: Penjelasan Kuota Tim Basket DBL Surabaya 2024

Bakal ada drawing lebih lanjut untuk menentukan bagan tanding di babak playoffs. Segala informasi lebih lanjut seputar Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North akan tersaji di akun Instagram resmi @dblsub dan laman dbl.id.

Championship Series

Bukan lagi tingkat regional, Championship Series adalah medan tempur yang tersaji untuk para finalis gabungan dari empat region di Jawa Timur, antara lain Surabaya (East Java-North), Malang (East Java-South), Madiun (East Java-West), dan Jember (East Java-East).

DBL Championship Series merupakan puncaknya. Barisan tim terkuat Jawa Timur akan berkumpul di DBL Arena pada 6-11 Oktober 2024 untuk memperebutkan takhta juara di kancah Jawa Timur.

Berikut infografis Journey Competition Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North:

TIM PUTRA

Competition Journey DBL Surabaya2024

TIM PUTRI

Competition Journey DBL Surabaya2024

Siapkah kalian untuk menjadi yang terbaik di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North? Kami tunggu aksi kalian di DBL Arena Surabaya!

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan kompetisi 3X3. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY