ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim putra SMAN 9 Makassar saat berlatih menuju Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Sulawesi (dok.pribadi)

Semakin dekat dengan Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Sulawesi, seluruh tim mulai mengencangkan ikat pinggang mereka. Tak terkecuali tim basket putra SMAN 9 Makassar. 

Di musim lalu, Nine (julukan tim SMAN 9 Makassar) berhasil menembus babak Fantastic Four atau semifinal. Kekalahan atas SMAN 11 Makassar membuat putra Nine berlatih lebih giat untuk mencapai titik lebih tinggi di DBL Makassar musim ini, yaitu juara.

Muhammad Dziban Dinata, salah satu pemain Nine, mengatakan timnya telah menjalani latihan sejak empat bulan lalu demi mengikuti DBL Makassar. Tidak hanya latihan saja, putra Nine juga kerap menjalani uji tanding dengan tim lain demi menambah jam terbang.

Baca juga: Menuju DBL Makassar: TikTokan Bikin Putri Zion Makin Solid!

Selama empat bulan melakoni latihan, guard milik Nine itu mengungkapkan bahwa ia dan rekannya tidak lepas dari beberapa hambatan. Bahkan, ada beberapa momen mereka pernah mencurahkan keluh-kesah satu sama lain.

"Dari segi game kita masih kekurangan komunikasi, banyak pemain yang sering melamun, dan kurang percaya satu sama lain," ungkap Dziban.

Untuk mengatasi kendala itu, Dziban mengatakan ia berusaha untuk mengajak teman-temannya agar lebih giat dan fokus saat latihan berlangsung. Tidak hanya itu, saat tim putra Nine melakukan sparring, Dziban juga berharap rekan-rekannya bisa saling berkomunikasi dan membantu satu sama lain saat di lapangan.

Menurut Dziban, sparring yang kerap dilakukan timnya juga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dan solidaritas antarpemain. "Cara tim kami membangun chemistry yaitu memperbanyak sparing atau scrimmage setiap minggu agar bisa melihat perkembangan dan chemistry tim," ujarnya.

Baca juga: Menuju DBL Makassar: Putra Telkom Makassar Punya 'PR' Adaptasi di Lapangan!

Bagi Dziban pribadi, targetnya tidak hanya membawa Nine meraih gelar juara DBL Makassar di musim ini. Latihan selama empat bulan terakhir membuatnya juga memasang target untuk dirinya pribadi. 

"Semoga bisa final DBL dan lolos first team," tukasnya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Sulawesi akan berlangsung pada 10 hingga 16 Agustus 2024 di GOR Andi Mattalatta. Honda DBL with Kopi Good Day 2024 South Sulawesi sendiri merupakan salah satu kompetisi dari rangkaian panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menampilkan AZA 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY