ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Micah Lancaster saat melatih skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024, pada Rabu, 24 Juli 2024

Skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 punya kesempatan untuk berlatih dengan Micah Lancaster pada Rabu, 24 Juli 2024. Pelatih ketangkasan individu ternama di Amerika Serikat. Ia bahkan telah terbiasa menangani para bintang NBA. Di antaranya, mendiang Kobe Bryant, Karl-Anthony Towns, Victor Oladipo hingga Brandon Ingram. 

Untuk bertemu Micah, skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 harus datang ke lokasi gym miliknya di Grand Rapids. Salah satu kota di pinggiran state Michigan. Dari Chicago, Illinois, jaraknya sekitar 300 Km. Jadi butuh waktu paling cepat tiga jam menggunakan transportasi darat untuk ke sana. Kalau traffic padat bisa mencapai lima jam.

Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 bertolak ke Grand Rapids menggunakan bus. Mereka berangkat pukul 07.30 pagi. Dan sampai sekitar pukul 11.30. Nyebrang ke Michigan dari Chicago, Illinois harus melalui wilayah utara Indiana. Melintasi Portage sampai ke New Buffalo. Untungnya, perjalanan tak terasa lama karena pemandangan cantik kebun-kebun jagung. Pun lahan-lahan kosong pedesaan. 

Baca Juga: Coach Bisma Takjub dengan Gaya Melatih Para Pelatih Amerika!

Sampai di Grand Rapids, para skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 disambut oleh Micah Lancaster. Mereka juga langsung diminta untuk warming up dan membuka latihan dengan model dribble manipulation. Skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 harus melakukan dribble sambil memainkan lampu yang berganti-ganti warna. 

Tujuan dari latihan dribble manipulation adalah melihat konsistensi dari para pemain Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 dalam melantunkan bola. Maka dari itu, selama Micah memberikan arahan untuk dribble satu ini, ia mengatakan bahwa pemain harus tetap mengikuti pola. Untuk melihat seberapa konsisten para pemain. 

Skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 Grand Rapids

Selain itu sesi berlanjut ke decision making practice. Para pemain diminta untuk melakukan drive, kemudian menekan cone yang ada lampu otomatis. Setiap warna lampu yang didapatkan mengharuskan mereka untuk melakukan gerakan tertentu seperti shoot to the basket atau lay up.

Baca Juga: Harapan Besar Elang Dewanto di Amerika Serikat!

"Tujuan dari latihan ini adalah menciptakan fokus nomor satu dalam membuat keputusan dari perspektif yang berbeda. Karena pemain basket biasanya dihadapkan dengan banyak pengambilan keputusan. Nah, saya di sini ingin melihat pengambilan keputusan dari perspektif skill pemain tersebut," kata Micah. 

Menurut Micah, meminta berlatih pengambilan keputusan (decision making) dapat menguji skill pemain tersebut. "Dan ketika skill tersebut bisa digunakan dalam hal membuat keputusan, itu berarti pemain telah memiliki kemampuan untuk menghadapi lawan dalam membuat 'game decision'," tutur Micah. 

Skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024, Justin Patrick Alex, dari SMA St. Louis 1 Surabaya menyebut bahwa ada beberapa latihan yang diberikan oleh Micah Lancaster yang baru ia ketahui. 

"Belajar banyak hal tentang basket, finishing drills, dribble dan speed dan kekuatan. Beberapa ada ilmu baru yang dipelajari. Terus pakai alat-alat gitu kan. Jadi menarik, dan bisa menambahkan ilmu ke kemampuan basket saya," kata Justin. 

Selain berlatih dengan Micah Lancaster, para skuad DBL Indonesia All-Star 2024 juga memiliki agenda bertanding. Tim putri telah mengikuti Nike Tournament of Champions, yang diselenggarakan pada 19-22 Juli 2024. Sementara tim putra mengikuti National Summer Classic, yang akan diselenggarakan pada 26-29 Juli 2024. 

Baca Juga: Tim Putra Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 Mendarat di Chicago

Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 merupakan skuad elite yang terseleksi melalui program Kopi Good Day DBL Camp 2024. 

Kopi Good Day DBL Camp 2024 sendiri merupakan kamp yang menyaring para pemain terbaik yang berkompetisi di Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024, yang digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. 

Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY