ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret skuad putra SMA IPH East Surabaya ketika berhasil mengamankan satu tempat di babak playoffs DBL Surabaya 2023

Latihan pagi sore buat apa? Ya, biar bisa juara di Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java-North. Gelaran DBL Surabaya sebentar lagi dimulai. Beberapa partisipan mengaku sudah mempersiapkan diri sejak lama supaya bisa dapat hasil maksimal di DBL Surabaya 2024.

Salah satu sekolah yang sudah mempersiapkan diri sejak lama adalah tim putra SMA IPH East Surabaya. Ya, semifinalis DBL Surabaya 2019 punya jadwal latihan paten sebagai modal mereka mengarungi DBL Surabaya.

“Anak-anak sudah semangat banget latihan buat persiapan DBL. Minggu ini aja mereka mencoba buat latihan pagi dan sore. Paginya mereka fisik terus sore baru latihan materi gitu,” ungkap Gabriel Sophia, manajer tim SMA IPH East Surabaya.

Yup, gak salah memang, Gabriel Sophia saat ini merupakan salah satu guru di SMA IPH East Surabaya, dulunya dia merupakan pemain basket putri andalan tim nasional. Bahkan, Kak Gaby -sapaan karibnya-  ini sempat pernah jadi pemain impor di Liga Malaysia lho!

“Aku memang gak mengikuti proses mereka (tim SMA IPH East Surabaya) sejak awal. Kan mereka ada pelatih juga. Tapi, aku kadang ikut mereka latihan sore juga. Hitung-hitung jaga kondisi sama sentuhan, cielah,” sambungnya.

Kak Gaby paham betul posisinya di skuad IPH East Surabaya bukan sebagai pelatih. Maka dari itu ia hanya mendampingi sebatas di luar lapangan sebagai seorang guru dan manajer tim basket.

Baca juga: Menuju DBL Surabaya: Putra Smantaru Bidik Satu Tempat di Playoffs

“Tahun ini kan kita ganti pelatih. Saya gak terlalu banyak menganggu jadwal latihan mereka apalagi kan saya juga statusnya sebagai guru mereka bukan sebagai pelatih. Mungkin, saya hanya mengingatkan anak-anak buat tetap menjaga kedisiplinan di luar basket. Mengingatkan anak-anak juga terkait tugas sekolah walaupun sedang fokus latihan buat DBL,” terangnya.

Sebagai seorang guru dan manajer tim IPH East Surabaya, Kak Gaby tak ingin memberikan beban berat ke pundak siswa-siswanya di ajang DBL Surabaya. Menurutnya apa yang dilakukan penggawa IPH East Surabaya merupakan persiapan yang bukan setengah-setengah.

“Kita tahu anak-anak latihannya bagaimana. Usaha mereka buat persiapan DBL Surabaya juga seperti apa. Paling penting kita lakukan yang terbaik dan sisanya biar Tuhan yang mengatur jalan,” cetusnya.

Oh iya, selama dua musim (DBL Surabaya 2022 dan 2023) putra IPH East Surabaya selalu lolos dari babak grup. Sayang, selama dua musim itu juga langkah mereka terhenti di laga perdana babak playoffs. Menarik nih melihat persiapan latihan pagi sore ala penggawa IPH East dan hasilnya di DBL Surabaya seperti apa. Sampai ketemu di DBL Arena ya!

Profil sekolah ini bisa dilihat pada halaman di bawah ini (pengguna Android bisa melakukan scroll dengan double tap). 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY