ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

credit: doblewaw

Usai mengantongi dua kemenangan di FIBA U18 Asia Cup Qualifiers 2024 Malaysia, kini Tim Nasional (Timnas) Basket Putra Indonesia harus mengakui ketangguhan dari Filipina. Mereka tunduk dengan skor akhir 87-64, Minggu, 21 Juli 2024.

FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024 Malaysia sendiri merupakan kualifikasi kelas Asia Tenggara sebelum akhirnya maju ke FIBA U18 Asia Cup 2024 di Yaman, Yordania.

Sukses mengantongi dua kemenangan di laga sebelumnya, yakni atas Malaysia dan Thailand. Serta menelan satu kekalahan atas Filipina membuat Indonesia harus puas di posisi runner up. 

Formasi utama dalam pertandingan penentu kali ini kembali melibatkan para pemain Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024, layaknya Cliffton Wijaya, Kennie Elbert Kristanto, I Nyoman Aldo Dharma Yudha, Halmaheranno Aprianto Lolaru Hady, dan I Ketut Gede Prayoga Putra.

Sejatinya, Indonesia membuka keunggulan lebih dulu. Di mana tembakan tiga angka dari Kennie Elbert sukses dikonversi menjadi angka. Sayang, hal itu tak bertahan lama. Lantaran Filipina juga ikut menambahkan pundi-pundi angka dan membalikkan keunggulan.

Filipina benar-benar mengejutkan. Percobaan tembakan tiga angka dari mereka, nyaris sempurna. Bahkan sempat membuat margin menjadi 10 angka, dalam lima menit pertandingan saja. Beruntung, Indonesia mampu mengejar ketertinggalan dan menutup kuarter pertama dengan skor 29-22.

Pelan, tapi pasti. Begitulah kalimat yang cocok menggambarkan permainan Filipina di kuarter kedua. Sementara, beberapa percobaan Indonesia, masih gagal bersarang di ring lawan.

Selisih poin makin jauh. Filipina sukses menambahkan 21 angka. Sedangkan Indonesia hanya sembilan angka. Alhasil paruh pertama ditutup dengan skor sementara 50-31.

Indonesia mencoba bangkit di kuarter ketiga. Beberapa pemain silih berganti. Andrie Ekayana seperti berusaha menemukan racikan terbaiknya. Namun, Filipina memang tak terbendung. Indonesia gagal memperkecil margin, kuarter ketiga berakhir dengan 68-47.

Pergerakan Filipina makin tak terduga di kuarter pemungkas, membuat Indonesia makin sulit mengejar ketertinggalan. Bahkan margin kedua tim nyaris mencapai 30 poin. Dengan segala usaha yang telah dilakukan, Indonesia akhirnya tunduk dari Filipina dan skor berakhir 87-64.

Situasi ini membuat Indonesia tegak berdiri di posisi runner up FIBA U18 Asia Cup Qualifiers 2024 Malaysia dan berkesempatan untuk terbang ke FIBA Asia Cup 2024 Yordania mendatang, bersama dengan tim-tim terbaik lainnya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY