ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

credit: doublewaw

Laga pertama dimulai. Skuad Tim Nasional (Timnas) Basket Putra Indonesia U18 menyelesaikan tugas perdananya dengan cukup baik. Berjumpa dengan Thailand pada FIBA U18 Asia Cup Qualifiers 2024 Malaysia, anak asuh Andrie Ekayana itu sukses menutup laga dengan kemenangan 70-56, Jumat, 19 Juli 2024.

Deretan pemain Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 menjadi starting five dalam laga ini, antara lain Cliffton Wijaya, Kennie Elbert Kristanto, Halmaheranno Aprianto Lolaru Hady, I Nyoman Aldo Dharma Yudha, dan Justin Patrick Alex.

Belum ada 10 detik berjalan, tembakan dua angka dari Kennie berhasil membuka keran poin untuk Indonesia. Mengalir cukup deras. Kuarter pertama ditutup dengan margin yang cukup jauh, 23-9.

Keunggulan tim Indonesia masih terus berlanjut. Sayangnya, di kuarter kedua, lini pertahanan mereka sedikit mengendur. Alhasil, Thailand sukses menambahkan 18 angka. 

Namun, hal itu tak membuat Indonesia tertinggal. Lantaran Cliffton dan rekan satu timnya juga menambahkan sebanyak 22 angka. Dengan begitu, paruh pertama disudahi dengan skor sementara 45-23. 

Baca Juga: Timnas Putra Indonesia Bakal Berjuang di FIBA U18 Asia Cup Qualifiers 2024

Kuarter ketiga dibuka dengan tak begitu baik. Thailand mulai memberikan serangan tanpa henti. Bahkan beberapa percobaan berhasil dikonversi menjadi poin. 

Melihat ancaman yang cukup serius, Indonesia langsung rapatkan pertahanan dan kembali menjaga margin. Permainan rapi, akhirnya membawa Indonesia kembali dalam posisi aman. Kuarter ketiga berakhir dengan skor 60-37.

Kuarter pemungkas berlangsung cukup sengit. Thailand terus mengirimkan ancaman untuk skuad putra Tanah Air. Margin terus terkejar. Beruntung Indonesia menanggapi dengan cukup tenang dan meresmikan kemenangan perdana dengan skor 70-56.

FIBA ASIA CUP 2024 PUTRA (5)
credit: doublewaw

Cliffton Wijaya berhasil menjadi bintang dalam laga ini. Pemain asal SMA St. Louis 1 Surabaya itu membukukan total 13 angka.

Ke depannya, Timnas Indonesia masih harus menjalani dua pertandingan lagi untuk mengamankan slot menuju FIBA U18 Asia Cup 2024, yakni melawan Malaysia esok hari, Sabtu, 20 Juli 2024 pukul 15.00 WIB. Serta melawan Filipina pada Minggu, 21 Juli 2024 pukul 15.30 WIB.

"Game hari ini bisa dibilang kita masih belum maksimal, masih ada banyak celah dan kekurangan. Kita harusnya bisa main lebih baik lagi di game berikutnya, supaya bisa lolos ke FIBA Asia," singkat Cliffton, soal pertandingan melawan Thailand.

Baca Juga: Nih Jadwal Pertandingan Skuad DBL All-Star di Nike Tournament of Champions 2024

FIBA U18 Asia Cup Qualifiers 2024 berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 19-21 Juli 2024. Adapun empat negara Asia Tenggara yang bakal berpartisipasi, antara lain Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. 

Seluruh pertandingan FIBA U18 Asia Cup Qualifiers 2024 Malaysia akan disiarkan secara langsung melalui YouTube FIBA - The Basketball Channel. Semanga terus, boys! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY