ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Permainan bola basket nggak hanya mengandalkan kemampuan dan ketangkasan saja, lho. Lebih dari itu, dalam permainan bola basket juga dibutuhkan pemain yang memiliki karakter yang baik.

Seperti apa sih karakter yang baik itu? Erwin Triono, Basketball Director DBL Academy, menjelaskan seorang pemain basket harus mempunyai karakter disiplin, bertanggung jawab, dan juga konsisten.

Coach Erwin juga menekankan pada aspek disiplin. Hal itu sangat penting buat dimiliki oleh seorang pemain basket. Sebab, karakter disiplin pada pemain akan berpengaruh pada performa mereka ketika di lapangan nanti.

Selain itu, pemain basket juga harus pintar mengelola emosi mereka ketika berlatih dan bertanding. Mental atau emosi yang stabil juga dikatakan dapat memberikan pengaruh yang besar pada peran pemain dalam tim.

Baca juga: DBL Academy Gelar Family Camp untuk Tingkatkan Kedisiplinan Siswa

Nah, coach Erwin punya beberapa tips yang bisa dicoba oleh pemain basket, terutama bagi para pemula, dalam melatih disiplin dan mengelola emosi, nih. Tips ini terbukti works alias manjur untuk para pemain basket. Apalagi, coach Erwin sudah lama banget menjadi pelatih basket untuk anak usia 3-18 tahun di DBL Academy.

Berikut adalah 5 tips melatih disiplin dan mengelola emosi ala DBL Academy!

1. Cintai olahraganya!

Hal penting dan utama banget yang ditekankan oleh coach Erwin jika kamu ingin melatih disiplin dan mengelola emosi adalah kamu harus cinta dulu dengan olahraga yang kamu tekuni. Ketika kamu sudah cinta, maka kamu akan bertanggung jawab dengan apa yang kamu lakukan.

"Dari tanggung jawab itu, nanti sifat disiplin akan muncul. Walaupun hal itu bisa dilatih oleh pelatihnya masing-masing, alangkah baiknya sifat disiplin itu muncul dari diri pemainnya sendiri," kata coach Erwin.

2. Pelatih dan keluarga harus berperan!

Karakter seseorang itu dibentuk dari lingkungan terdekat mereka. Untuk pemain basket, sudah pasti karakter mereka dipengaruhi oleh peran pelatih dan keluarga. Jadi, pelatih dan keluarga harus membimbing sang pemain agar mereka bisa menimbulkan sifat disiplin dan pintar dalam mengelola emosinya.

Nah, di DBL Academy ada program baru bernama Family Camp. Di sana, pemain bersama sanak keluarganya akan menjalankan program camp selama sepekan yang berisi latihan, tanding, dan character building.

Baca juga: Tim DBL Academy Gelar Friendship Game Hingga Berlatih di MABA Stadium

Program ini mewajibkan pemain dan salah satu anggota keluarganya untuk mengikuti rangkaian acara dengan jadwal yang sudah ditentukan. Tujuannya, agar sang pemain bisa menumbuhkan sifat disiplin dan bertanggung jawab sejak dini.

"Family Camp itu nggak cuma basket, tapi juga ada character building. Mereka akan belajar bagaimana peran keluarga itu berpengaruh bagi tumbuh kembang pemain. Mereka juga akan belajar apa yang harus ditingkatkan dari pemain, misalnya soal respect, tanggung jawab, dan manajemen waktu," ujar coach Erwin.

3. Kumpul dengan lingkungan yang positif

Faktor kedua yang membentuk karakter seseorang adalah lingkungan hidup mereka. Jika pemain hidup di lingkungan yang positif dan suportif, maka dia akan tumbuh dengan karakter yang positif pula. 

Makanya, DBL Academy mengajarkan tentang permainan basket yang dikemas dengan cara yang asik tapi tetap kompetitif. Oh iya, DBL Academy juga punya program yang berbeda untuk setiap kelompok umurnya.

"Untuk usia tiga sampai lima tahun, latihannya dibikin fun. Kita cuma ajarkan bagaimana mereka bergerak, dari sini harus ke sana, tanggung jawab ambil bola setelah dimainkan, dan lainnya. Nanti, jiwa disiplin mereka akan tumbuh dari sana," jelas coach Erwin.

4. Lakukan latihan repetitif

Kata coach Erwin, latihan basket itu sifatnya repetitif atau mengulang. Kamu harus terus mengulangi latihan kamu sampai kamu jago. Sampai tubuh kamu terbiasa dan menguasai apa yang kamu latih. Dari sana pula, nantinya kamu akan terbiasa.

Kebiasaan itu lah yang dapat menumbuhkan sifat disiplin dan tanggung jawab kamu. Nah, setelah kamu dapat jam terbang yang tinggi dari hasil latihan, hal itu juga akan berpengaruh pada aspek pengelolaan emosi diri kamu.

Baca juga: Tim DBL Academy Dapat Ilmu Mahal dari Mantan Pelatih Timnas Malaysia

"Sifat disiplin kamu nanti akan terbentuk dengan sendirinya, kamu akan belajar dari basket. Nggak cuma belajar atau latihan basket saja, kamu akan belajar hidup dari basket," tegas coach Erwin.

5. Konsisten

Setelah kamu melakukan empat tips di atas, satu hal lain yang harus kamu lakukan adalah konsisten. Kamu harus bisa komitmen dengan apa yang kamu lakukan. Jika ingin jadi pemain basket yang baik, maka kamu harus konsisten berlatih.

Nah, jika kamu bisa menjaga konsistensi itu, sifat disiplinmu akan tumbuh dengan sendirinya. Selain itu, kamu juga akan bisa mengelola emosi dengan baik. Sehingga kamu bisa bertumbuh kembang menjadi pemain yang tidak hanya jago dalam bermain basket, tapi juga punya karakter yang baik.

Buat kamu yang ingin menjadi pemain basket mumpuni, yang nggak hanya jago basket, tetapi juga punya karakter yang baik, kamu bisa daftar untuk mengikuti program di DBL Academy, lho. Informasi selengkapnya bisa kamu dapat melalui akun Instagram resmi @dblacademy! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY