ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

sumber: website resmi FIBA Basketball

Baru memasuki laga perdana, barisan Tim Nasional (Timnas) Basket Putri Indonesia U-18 harus menelan kekalahan pahit. Berjumpa dengan tim tuan rumah, China pada Senin, 24 Juni 2024, mereka tumbang dengan skor akhir 109-50.

Tetap bangga. Sejatinya, anak didik Bambang Asdianto Pribadi ini bermain dengan cukup baik. Bahkan di sisa waktu empat menit kuarter pertama, margin kedua tim hanya terpaut satu angka (14-13) keunggulan sementara untuk China.

Tak bisa dipungkiri, kehadiran Zhang Ziyu, pemain China setinggi 220 sentimeter ini membuat Indonesia tak mampu mencetak poin dalam kurun waktu yang cukup lama. Hingga tembakan dua angka I Gusti Ayu Krisabela di kuarter kedua membuat skuad putri perlahan mengejar ketertinggalan.

Memasuki satu menit terakhir paruh pertama terbilang cukup sengit. Tembakan tiga angka dari Putu Kezia Angelie Setiawan berhasil memperkecil margin yang semula dua digit menjadi tujuh angka (35-28). 

Baca Juga: Timnas Basket Putri Indonesia Siap Bersaing di Women’s Asia Cup 2024 China

Sayangnya, aksi gegabah Timnas Indonesia membuat China balaskan lebih kejam. Yakni menambahkan tujuh poin tanpa balas dan menutup paruh pertama dengan skor 42-28.

Paruh kedua berjalan lebih alot. Tim lawan mulai menemukan ritmenya. Sementara Timnas Indonesia tampak kesulitan. Paint area bukan lagi tempat yang aman untuk mencoba keberuntungan poin.

Timnas Womens Asia Cup 2024 China
sumber: website resmi FIBA Basketball

Peluang demi peluang yang diperoleh, gagal dikonversi menjadi angka. Hal tersebut, membuat Timnas Indonesia makin jauh tertinggal. Laga pertama seperti mimpi buruk bagi mereka. Skor berakhir 109-50.

“Menurut saya, Indonesia hebat. Kita terus compete dan mampu bersaing sepanjang pertandingan. Banyak yang positif dan banyak yang masih bisa kita kembangkan lagi dan belajar lagi buat next game,” kata Maxine Maria Sutisna, pemain dengan nomor punggung 15.

Disinggung soal pemain lawan, Maxine tak banyak memberikan komentar. “Ya mau gimana, emang dari sananya dia sudah segitu (tingginya). Kita cuma bisa kontrol apa yang kita bisa, yaitu adjust terhadap keberadaan dia dan terus fight,” tutupnya, lantas tertawa.

Baca Juga: Viral! Zhang Ziyu Remaja Usia 14 Tahun dengan Tinggi 2,26 Meter

Pada pertandingan berikutnya, Timnas Indonesia akan bersua dengan salah satu tim unggulan Asia, Jepang. Mereka akan berlaga pada Selasa, 25 Juni 2024 pukul 15.30 WIB. Siaran langsung dapat disaksikan melalui kanal YouTube FIBA.

Tetap semangat, girls! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY