ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Berikut 5 fakta tentang DBL Jakarta yang harus diketahui oleh student athlete!

Tahukah kamu, kalau DBL Jakarta itu dimulai sejak 2012 lalu?

Yap, sudah satu dekade lebih DBL Indonesia menggelar kompetisi di Jakarta. Kali ini, Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 Jakarta akan digelar di empat wilayah (region).

Pendaftaran untuk Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 Jakarta - West serta North & Central telah dibuka sejak 10 Juni hingga 20 Juli 2024 melalui aplikasi DBL Play.

Sebelum memulai kompetisi, DBL Play mengumpulkan fakta-fakta tentang DBL Jakarta yang harus diketahui oleh student athlete. Nah, fakta-fakta ini juga membuat kalian makin semangat mengikuti DBL Jakarta, lho.

Baca juga: Jadwal dan Tempat Penyelenggaraan DBL Jakarta, Catat Tanggalnya!

Berikut 5 fakta tentang DBL Jakarta yang harus diketahui oleh student athlete!

5. Jakarta Bukan Ibu Kota Lagi

Seperti yang telah diberitakan di berbagai platform, Jakarta saat ini bukan lagi menjadi Ibu Kota Indonesia. Per 28 Maret 2024 lalu, DPR RI mengesahkan Undang-undang Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ).

Isi UU DKJ itu menjelaskan bahwa Jakarta tidak lagi sebagai Daerah Khusus Ibu Kota. Tetapi, kini Jakarta menjadi Pusat Perekonomian Nasional saja.

Artinya, walaupun sudah nggak jadi Ibu Kota Indonesia lagi, Jakarta tetap jadi pusat bisnis Indonesia. Selain itu, Jakarta juga menjadi wilayah aglomerasi bersama kota satelit dan sekitarnya.

Terus, apa hubungannya dengan DBL Jakarta? Nah, sering kali DBL Jakarta disebut sebagai DBL di Ibu Kota. Tetapi, karena sekarang Jakarta bukan lagi jadi Ibu Kota, maka penyebutannya akan menjadi DBL Jakarta saja.

Baca juga: Jakarta Bukan Ibu Kota Lagi, Ini yang Harus Diketahui Student Athlete!

4. Penamaan DBL DKI Jakarta Series Menjadi DBL Jakarta

Seperti yang sudah dikatakan di bagian kelima, DBL Jakarta kini juga berubah penyebutan nama eventnya akibat status yang sudah tidak lagi jadi Ibu Kota.

Sebelumnya, penyebutan event DBL adalah DBL DKI Jakarta Series. Sekarang menjadi DBL Jakarta saja. 

Perubahan ini juga menyusul dengan pembaharuan di Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025. Di mana, setiap kota ditulis tanpa menggunakan 'Series' dan 'Region'.

Contohnya Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 Jakarta - West, Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 East Java - North, Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 North Sumatera, dan lain-lain.

3. DBL Jakarta Dipecah Menjadi Empat Wilayah pada 2018

Buat para student athlete yang pernah mengikuti DBL Jakarta mungkin sudah mengetahui kalau kompetisi DBL Jakarta dibagi menjadi empat wilayah. Yaitu wilayah barat (Jakarta Barat), wilayah utara dan pusat (Jakarta Utara-Pusat), wilayah timur (Jakarta Timur), dan wilayah selatan (Jakarta Selatan).

Tapi, kamu tahu nggak, sih, sejak kapan DBL Jakarta dipecah menjadi empat wilayah? 

DBL Jakarta dipecah kompetisinya menjadi empat wilayah sejak tahun 2018. Hal ini diputuskan untuk menanggapi antusiasme dan antrean pendaftaran DBL Jakarta yang sangat membludak di tahun-tahun sebelumnya.

Makanya, DBL Indonesia memutuskan DBL Jakarta buat dipecah menjadi empat wilayah. Supaya tim-tim dari empat wilayah tersebut mendapat kesempatan bermain dan bisa bersaing di wilayahnya masing-masing.

Sebelum nantinya para finalis akan kembali bertanding di babak Championship buat menentukan siapa yang juara di DBL Jakarta.

2. Lima Kali Pindah Tempat untuk Partai Final

Sejak digelar pertama kali pada 2012 lalu, DBL Jakarta sudah berpindah-pindah tempat buat menyelenggarakan partai final, lho.

Final pertama digelar di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, pada 16 Mei 2012. Nah, saat itu, pertandingan masih digelar secara terpusat. Artinya, belum dipecah jadi empat wilayah.

Kemudian, karena banyaknya peserta dan antusiasme pada DBL Jakarta, tahun 2015 partai final DBL Jakarta dilaksanakan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Pada tahun 2021, saat itu seluruh kompetisi DBL Jakarta diadakan secara terpusat akibat pandemi Covid-19. Ibaratnya, DBL Jakarta harus kembali mengambil langkah mundur untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Saat itu pula, penyelenggaraan DBL Jakarta diadakan di GOR Cempaka Putih. Partai final berlangsung pada 7 Oktober 2021 dan tanpa penonton. 

Di tahun berikutnya (2022), akhirnya DBL Indonesia kembali membuka kesempatan untuk penonton menonton langsung pertandingan DBL. Nah, DBL Jakarta juga kembali dipecah menjadi empat region dan diadakan dengan penonton.

Partai final DBL Jakarta pada 2022 kembali dilaksanakan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Beranjak ke tahun berikutnya, DBL Indonesia membuat trobosan baru. Yaitu menyelenggarakan Final DBL Jakarta di Indonesia Arena pada 2023. 

1. Pertandingan Final Pertama Kali di Indonesia Arena

Pertandingan final DBL Jakarta di Indonesia Arena pada 2023 menjadi bagian sejarah bagi DBL Indonesia dan Indonesia Arena sendiri.

Final DBL Jakarta di Indonesia Arena jadi satu-satunya partai final basket yang diselenggarakan di stadion basket indoor terbesar se-Tanah Air. Sebelumnya, tidak ada partai final yang diselenggarakan di Indonesia Arena.

FIBA World Cup 2023 yang diselenggarakan di Indonesia Arena pun hanya babak penyisihan saja.

Hebatnya, tim yang berlaga di partai final yang diselenggarakan di Indonesia Arena itu adalah tim SMA. Mereka adalah tim basket dari SMA Bukit Sion Jakarta, SMAN 70 Jakarta, dan SMA Jubilee Jakarta.

Ada pula tim dance yang tampil di sana. Mereka adalah tim dance dari SMA Highscope Indonesia - Tb. Simatupang, SMA Labschool Rawamangun, SMA Santa Theresia Jakarta, SMAN 6 Jakarta, dan SMA Santa Ursula Jakarta.

Nah, karena Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 Jakarta akan digelar, apakah ada kemungkinan partai final akan dilaksanakan di Indonesia Arena lagi? Hmmm...buat tahu jawabannya, buruan daftar DBL Jakarta lewat aplikasi DBL Play sekarang!

Lihat informasi mengenai Pendaftaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 di sini!

Lihat informasi mengenai DBL Jakarta di sini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY