ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Apa arti dari Respect The Game dalam DBL? Kenapa ini digunakan dalam Honda DBL with Kopi Good Day?

Honda DBL with Kopi Good Day punya aturan unik dalam pertandingan. Yaitu Respect The Game. Sebagian student athlete yang pernah berlaga di DBL mungkin sudah familiar dengan istilah ini.

Tapi, apa arti dari Respect The Game dalam DBL? Kenapa ini digunakan dalam Honda DBL with Kopi Good Day?

Menyambut Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025, sebenarnya tidak ada sistem pertandingan yang berubah secara signifikan. Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 masih mengadopsi regulasi dari musim-musim sebelumnya. Termasuk regulasi pertandingan Respect The Game.

Respect The Game adalah regulasi khusus yang dibuat oleh DBL Indonesia untuk tim basket yang bertanding. Respect The Game mulai diadopsi oleh DBL sejak 2016 lalu.

Baca juga: Syarat Pendaftaran DBL Musim 2024-2025, Student Athlete Wajib Catat!

Respect The Game sendiri merupakan sebuah aturan pertandingan di DBL, di mana tim yang unggul 20 poin wajib melakukan formasi bertahan yang tidak melewati garis tengah lapangan (half court).

"Awalnya tim yang unggul harus bertahan di three point area, tapi sejak tahun 2021 kita sudah merubah menjadi tidak melewati garis half court," jelas Stephen Ricky, Assistant Manager Event DBL Indonesia.

DBL Indonesia memberlakukan aturan Respect The Game supaya tim basket bisa mengembangkan permainan mereka. Terutama tim yang tertinggal 20 poin.

Respect The Game dapat memberikan kesempatan tim yang kalah untuk mengejar ketertinggalan dengan mengevaluasi lini serang (offense) mereka.

Baca juga: 10 Syarat dan Aturan Jersey di DBL 2024-2025, Pemain Wajib Catat!

Respect The Game juga bisa membuat daya juang (psikologis) student athlete dalam tim yang kalah meningkat, untuk mengejar selisih poin.

Selain itu, Respect The Game juga dapat membuat tim yang unggul bisa mengevaluasi lini bertahan (defense) mereka. Dua tim ini (kalah dan menang) bisa mendapat kesempatan untuk mencari formula yang tepat dalam offense dan defense.

Tidak jarang pula dalam sebuah pertandingan DBL, tim yang tertinggal bisa kembali mengejar poin dengan adanya aturan Respect The Game ini. Regulasi ini juga membuat tim yang unggul bisa mengevaluasi fundamental mereka ketika dalam posisi bertahan. (*)

Lihat informasi mengenai Pendaftaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 di sini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY