ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh tim ofisial dan peserta yang akan bertanding di Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 terkait man to man defense.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 punya aturan bermain khusus untuk para peserta yang akan bertanding. Salah satunya adalah man to man defense.

Man to man defense merupakan formasi bertahan di mana pelatih menugaskan setiap pemain untuk berhadapan satu lawan satu dengan pemain tim lawan bertahan di lapangan. 

Pola pertahanan ini membuat setiap pemain akan mengikuti dan menahan gerakan menyerang dari tim lawan. Alasan ini pula yang membuat DBL Indonesia menerapkan aturan man to man defense bagi seluruh peserta yang bertanding.

Selain itu, man to man defense sendiri punya banyak kegunaan untuk atlet basket muda. Salah satunya untuk mengasah fundamental sekaligus mengembangkan permainan mereka.

FIBA juga menganjurkan man to man defense diadopsi oleh pemain kategori pelajar. Hal ini dimaksudkan untuk melihat pengembangan dan peningkatan skill pemain muda ketika berada di lapangan. 

Baca juga: 10 Syarat dan Aturan Jersey di DBL 2024-2025, Pemain Wajib Catat!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh tim ofisial dan peserta yang akan bertanding di Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 terkait man to man defense.

Pertama, setiap tim yang bertanding WAJIB menggunakan man to man defense. Double team, switch defense, trapping diperbolehkan dalam pertandingan asal memenuhi prinsip triangle defense.

Kemudian, setiap tim bebas menggunakan man to man defense halfcourt (setengah lapangan) atau full court (satu lapangan penuh) sepanjang pertandingan.

Ketiga, setiap pemain yang tidak menjalankan man to man defense akan dibebankan illegal defense. Hukuman yang diberikan adalah satu free throw dan penguasaan bola akan diberikan kepada tim lawan.

Aturan mengenai teknis bermain dan syarat khusus lainnya akan disampaikan oleh panitia saat Technical Meeting (TM) di kota atau series masing-masing.

Pendaftaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 sendiri telah dibuka sejak 10 Juni hingga 10 Juli 2024. Seluruh pendaftaran dilakukan melalui aplikasi DBL Play. (*)

Lihat informasi mengenai Pendaftaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 di sini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY