ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Berikut adalah penjelasan dan aturan sistem gugur dan setengah kompetisi di Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025

Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 siap kembali menyapa 30 kota di 22 provinsi Indonesia. Pendaftaran telah dibuka untuk 7 kota pertama sejak 10 Juni hingga 10 Juli 2024.

Perlu diketahui, Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 memberlakukan sistem kompetisi yang berbeda di beberapa kota penyelenggaraan. Sistem kompetisi ini terbagi dua, yaitu sistem gugur dan setengah kompetisi (round robin).

Sistem kompetisi ini diterapkan untuk menyesuaikan jumlah peserta dan lamanya hari pelaksanaan. Selain itu, DBL Indonesia juga ingin membuat pertandingan jadi lebih kompetitif dengan adanya sistem kompetisi ini.

Baca juga: Regulasi Baru DBL 2024-2025, Tim Basket dan Dance Merapat!

Berikut adalah penjelasan dan aturan sistem gugur dan setengah kompetisi di Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025:

Sistem Gugur

Sistem gugur juga dikenal sebagai pertandingan do or die. Setiap tim hanya mempunyai satu nyawa di sistem pertandingan ini. Jika tim kalah, maka akan gugur dari kompetisi. Sementara jika menang, mereka berhak lanjut ke babak berikutnya.

Pada Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025, pembagian kompetisi sistem gugur akan dilakukan dengan cara drawing (undian) saat Technical Meeting di setiap kota-kota.

Saat proses drawing, tim Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 juga menerapkan sistem seeding. Champion dan runner up di musim selanjutnya akan ditempatkan di bagan yang berlawanan.

Baca juga: Cara Daftar DBL 2024-2025 untuk Tim Basket dan Dance di DBL Play

Champion akan ditempatkan di posisi bagan kiri atas, sementara runner up akan ditempatkan di posisi kanan bawah.

Syarat Sistem Gugur:

1. Setiap tim WAJIB mendaftarkan minimal 10 orang pemain dan maksimal 12 orang pemain untuk sistem gugur. 

2. Setiap tim basket juga wajib memiliki minimal satu kostum basket dengan warna dominan yang sama antara baju dengan celana. 

3. Tim dance pendamping basket wajib mendaftarkan minimal 8 anggota dan maksimal 12 anggota tim.

Sistem Setengah Kompetisi

Sistem setengah kompetisi atau round robin akan membagi tim basket ke dalam beberapa grup. Pembagian ini dilakukan dengan cara drawing saat Technical Meeting (TM).

Pada sistem pertandingan ini, pemenang dari babak grup akan lolos ke babak berikutnya. Urutan peringkat di setiap grup ditentukan oleh jumlah nilai yang diperoleh setiap tim dari semua pertandingan dalam grup.

Tim yang menang di pertandingan babak grup akan mendapat 2 poin, jika kalah akan mendapat 1 poin. Sementara tim yang kalah karena didiskualifikasi akan mendapat 0 poin.

Baca juga: Syarat Pendaftaran DBL Musim 2024-2025, Student Athlete Wajib Catat!

Jika ada dua tim dengan nilai klasemen akhir yang sama, akan berlaku head-to-head.

Syarat Sistem Setengah Kompetisi:

1. Tim basket wajib mendaftarkan 12 pemain

2. Tim basket wajib memiliki dua kostum basket. Masing-masing mempunyai warna dominan yang sama antara baju dengan celana.

3. Tim dance pendamping basket wajib mendaftarkan minimal 10 anggota dan maksimal 12 anggota tim.

4. Tim medis wajib menyertakan sertifikasi medis, seperti sertifikat atau ijazah.

Waktu Pertandingan

Waktu pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 menggunakan 4x10 menit kotor dengan 2 menit terakhir kuarter keempat menggunakan waktu bersih.

Untuk babak Fantastic Four, dan Final akan menggunakan 4x10 menit bersih. Ketika time out, waktu pertandingan akan berhenti.

Jika pertandingan berakhir imbang, maka akan diberikan overtime (babak tambahan waktu) sampai ada pemenang. Setiap tim akan diberikan masing masing 1 (satu) kesempatan time out untuk setiap babak overtime. (*)

Lihat informasi mengenai Pendaftaran Honda DBL with Kopi Good Day 2024-2025 di sini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY