ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sejarah baru kembali tercipta. Tim nasional (Timnas) basket muda putra U-18 menyusul jejak seniornya dua tahun lalu untuk mengharumkan nama Indonesia di level ASEAN. 

Panggung ASEAN School Games (ASG) 2024 yang digelar di Vietnam resmi menjadi saksi pasukan muda berhasil mencatatkan sejarah baru dalam basket Indonesia. Lebih hebat lagi, gelar juara ini mereka dapatkan setelah menang 56-54 atas tim yang selama ini merajai basket ASEAN di berbagai lini, Filipina. 

Sempat tunduk atas Filipina dan keluar sebagai runner up grup, rupanya tak bisa meruntuhkan ambisi Timnas Indonesia untuk menjadi yang terbaik. Pembalasan sempurna justru tersaji di partai final.

Baca Juga: Timnas Basket Putra Indonesia Raih Emas di ASG 2024!

Kilas Balik Indonesia di ASG 2024 Vietnam

Timnas Indonesia dan Filipina berjumpa sebanyak dua kali di sepanjang ASG 2024 Vietnam. Pertemuan itu membuahkan satu kekalahan dan satu kemenangan. Yap, satu kekalahan di fase grup dan satu kemenangan di laga puncak.

Pertemuan perdana, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dengan margin delapan angka, 65-57. Sisanya, mereka sapu bersih kemenangan hingga berdiri di partai final. Kemenangan mereka dapatkan dari Laos (128-45), Thailand (83-66), dan Singapura (64-55).

Bak kisah-kisah kepahlawanan, pasukan muda Indonesia yang kalah di laga awal, bangkit heroik di laga puncak. Tercatat tiga nama berhasil membukukan dua digit angka, mereka adalah I Ketut Gede Bayu Prayoga dan Richie Betrand Linardi dengan 12 angka, serta Fakhri Putra Afrinaldi dengan 10 angka. 

ASG 2024 Vietnam - Cerita Serial

Menariknya, ketiga pemain di atas juga berpartisipasi dalam Kopi Good Day DBL Camp 2024 beberapa waktu lalu. I Ketut Gede Bayu dan Richie Betrand adalah bagian dari Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024. Sedangkan Fakhri Putra terhenti sebagai Top 28 Campers.

Baca Juga: Selamat! Daftar Penggawa DBL All-Star yang Juara di ASEAN School Games 2024

Sejarah Baru Terpecahkan

Pulang tanpa penyesalan. Bahkan sejarah baru terukir manis. Sebelumnya, Timnas Basket Putra Indonesia U-18 hanya membawa pulang medali perak pada ASG 2019 Semarang. 

ASG 2024 Vietnam - Cerita Serial

Deja vu. Kemenangan ini juga menjadi kemenangan perdana atas Filipina di gelaran ini. Bahkan bisa dibilang ini adalah perolehan terbaik untuk kelompok umur di sektor putra. Hasil ini menyusul keberhasilan Timnas Indonesia senior pada SEA Games 2022 yang juga mengalahkan Filipina dan mengamankan medali emas pertama.

Itulah mengapa, cerita serial dari keberhasilan Timnas Basket Putra Indonesia U-18 kali ini berjudul “Menaklukkan ASEAN”. Keberhasilan mereka di ASG 2024 Vietnam diharapkan menjadi awal yang baik untuk kemajuan basket Tanah Air ke depannya.

Selamat untuk prestasi membanggakan Timnas Basket Putra Indonesia U-18 beserta jajarannya! (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY