ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Potret I Nyoman Aldo dan I Ketut Gede usai menjuarai DBL Bali 2023

Bukan sekolah biasa. Namanya harum di panggung DBL Bali. Rekor demi rekor telah dipecahkan. Kawin gelar hingga juara beruntun berhasil ditamatkan. SMAN 1 Denpasar atau lebih dikenal dengan sebutan Smansa Denpasar adalah sebuah fenomena. 

Konsistensi bukanlah hal yang mudah. Terlebih Smansa Denpasar berada di bawah naungan pemerintah. Yang mana kebijakan kerap berganti seiring berjalannya waktu. Memastikan basket terus berkembang dari tahun ke tahun tentu butuh perhatian khusus. 

Smansa Denpasar berhasil membuktikan konsistensinya. Sejauh ini, DBL Bali terus mereka kuasai, tak tertandingi, baik di putra ataupun putri. Bahkan, saat kita bicara gelaran DBL Indonesia di 30 kota dan 22 Provinsi, Smansa Denpasar pun hanya memiliki tandingan sekolah swasta. 

Total 19 gelar juara telah dikantongi. Dengan rincian 10 gelar juara untuk skuad putra dan 9 gelar juara untuk skuad putri. Lima juara beruntun untuk tim putri dan tiga juara beruntun untuk tim putra. Plus tujuh kali kawin gelar kampiun di DBL Bali.

"Di Smansa sebenarnya banyak pemain yang datang. Namun, tidak sedikit juga yang tidak siap bersaing. Alias berhenti di latihan tim. Jadi setiap ada yang masuk tim, ya mereka harus siap mental dan fisik," buka Rustawijaya, pelatih skuad putra Smansa Denpasar.

"Karena pada akhirnya di Smansa bukan hanya soal latihan skill dan taktik, tapi juga mental yang siap bersaing dalam kompetisi. Jadi kita memilih pemain dengan mental juara," sambungnya.

Sejatinya, DBL Bali sendiri sudah berlangsung selama 14 musim sejak 2009. Artinya, tidak lebih dari lima kali masing-masing skuad Smansa Denpasar absen dari podium.

Lebih dalam seputar Smansa Denpasar, mereka juga dikenal sebagai penghasil para pemain berkualitas. Sudah banyak sekali pemain hingga pelatih Smansa Denpasar yang menghiasi barisan DBL Indonesia All-Star.

Baca Juga: 15 Sekolah Penyumbang Pemain Terbanyak di DBL Indonesia All-Star

Rekor Spesial Smansa Denpasar di DBL Camp

DBL Indonesia All-Star 2024

Ditarik lebih jauh ke belakang, DBL Indonesia telah mengirimkan pemain-pemain terbaiknya dengan tajuk DBL Indonesia All-Star ke Amerika Serikat dari 2010. Terhitung sejak itu pula, Smansa Denpasar kerap terlibat.

Sekolah yang beralamat di Jalan Kamboja No. 4, Denpasar Utara tersebut hampir tak pernah absen mengirimkan delegasi terbaiknya ke DBL Camp. Bahkan Smansa Denpasar menduduki peringkat kedua sebagai sekolah yang paling banyak  menembus DBL Indonesia All-Star.

Ada 22 pemain sampai pelatih Smansa Denpasar pernah menimba ilmu di Amerika Serikat. Lima pemain di antaranya sempat menyandang predikat DBL Indonesia All-Star sebanyak dua kali. Posisi pertama sendiri, masih dipimpin SMA St. Louis 1 Surabaya dengan 23 pemain. Sesuai namanya, Sinlui (SMA St.Louis 1) adalah SMA swasta. 

Beberapa nama dari daftar pemain berprestasi Smansa Denpasar masih berkutat di dunia basket, baik secara profesional atau tidak. Kadek Pratita Citta Dewi mengukir sejarah bersama tim nasional putri Indonesia dalam meraih emas di SEA Games 2023. Bersama Made Dita Pramesti Sandradewi, Citta juga tergabung dengan Surabaya Fever. Regita Pramesti yang pernah masuk skuad tim nasional senior putri Indonesia juga sekarang sibuk melatih di Merpati Bali.

Untuk sektor putra, beberapa nama yang masuk DBL Indonesia All-Star pernah mencicipi level profesional. Dari pelatih, nama Rustawijaya sampai sekarang masih menjabat sebagai asisten pelatih Bali United Basketball. Handri Satrya Santosa yang pernah meraih gelar juara bersama Aspaf dan Stapac, kini membela Bima Perkasa Jogjakarta. Ricky Kartika Istiadi pun sempat terdaftar sebagai pemain Pelita Jaya. 

Baca Juga: Menyala Lagi! Bali Kembali Mengisi Bangku DBL Indonesia All-Star 2024

Meski terus menjadi juara, Smansa Denpasar sempat mengalami paceklik mengirim pemain ke DBL Indonesia All-Star. Setelah empat tahun absen, kini ada dua nama yang mengisi skuad DBL Indonesia All-Star 2024, yakni I Nyoman Aldo Dharma Putra dan I Ketut Gede Bayu Prayoga. 

Tak berhenti di situ, saat gelaran DBL Camp 2024 lalu, penyanyi, Mahalini, juga dengan bangga menyebutkan bahwa ia adalah bagian dari Smansa Denpasar. Bahkan, Mahalini sempat nribun bareng Temuyuk Crew. 

Berikut daftar lengkap pemain dan pelatih SMAN 1 Denpasar yang pernah masuk sebagai bagian dari skuad DBL Indonesia All-Star. (*)

1. Handri Satrya Santosa (DBL Indonesia All-Star 2010)

2. Ida Ayu Draupadi Dewi Agung (DBL Indonesia All-Star 2010)

3. Kadek Pratita Citta Dewi (DBL Indonesia All-Star 2011)

4. Ida Ayu Komang Widiastiti (DBL Indonesia All-Star 2011)

5. Ricky Kartika Istiadi (DBL Indonesia All-Star 2012)

6. Kadek Rima Anggen Suari (DBL Indonesia All-Star 2012)

7. Kadek Pratita Citta Dewi (DBL Indonesia All-Star 2012)

8. Regita Pramesti (DBL Indonesia All-Star 2013)

9. Kadek Rima Anggen Suari (DBL Indonesia All-Star 2013)

10. Ni Nyoman Winda Ayu Lestari (DBL Indonesia All-Star 2013)

11. Ida Ayu Nirmala Ratih Wijaya (DBL Indonesia All-Star 2013)

12. Dewa Ade Ryan (DBL Indonesia All-Star 2014)

13. Krisna Danuarta Dyputra (DBL Indonesia All-Star 2014)

14. Ida Ayu Nirmala Ratih Wijaya (DBL Indonesia All-Star 2014)

15. Ni Nyoman Winda Ayu Lestari (DBL Indonesia All-Star 2014)

16. Regita Pramesti (DBL Indonesia All-Star 2014)

17. Made Dita Pramesti Sandradewi (DBL Indonesia All-Star 2017)

18. Charisma Lie (DBL Indonesia All-Star 2018)

19. Made Dita Pramesti Sandradewi (DBL Indonesia All-Star 2018)

20. Coach - Rustawijaya (DBL Indonesia All-Star 2019)

21. I Nyoman Aldo Dharma Yudha (DBL Indonesia All-Star 2023)

22. I Ketut Gede Bayu Prayoga (DBL Indonesia All-Star 2023)

Ikuti terus serial Story of Glory SMAN 1 Denpasar di DBL.id.

Seri kedua: Coach Rusta dan Keabadian Smansa: Tak Semua Pemain dan Pelatih Siap di Smansa

Seri ketiga: Sinar Terang Yudi Hartawan untuk Smansa Denpasar

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY