Persaingan di DBL Jakarta Timur selalu ramai. Sejak kompetisi dipecah menjadi empat bagian, Barat, Utara-Pusat, Timur, dan Selatan, wilayah Timur selalu menyumbang antusiasme dan euforia fantastis setiap tahunnya.

Mengingat perjalanan tim-tim wilayah Timur di DBL Jakarta, pasti tak lepas juga membicarakan tentang tim-tim kuda hitam yang kerap membuat kejutan ketika kompetisi berlangsung. Ya, tidak bisa disangkal, bahwa banyak tim kuda hitam yang hadir di lingkaran persaingan Jakarta Timur.

Baca juga: Road to DBL Jakarta Championship Series Digelar di Lippo Mall Kemang

Itu dimulai dari tahun 2017, tim putra SMAN 22 Jakarta datang membawa kejutan tak terduga. Mereka berhasil menjadi juara DBL Jakarta di tahun itu. Tak hanya itu, mereka juga menjadi satu-satunya wakil dari Timur yang berhasil menjadi juara di DBL Jakarta.

Namun, sebenarnya tim-tim asal Timur sering kali tampil di final. Hal itu menunjukkan jika poros kekuatan tim di wilayah Timur juga patut diperhitungkan.

Legasi dari Timur di Final DBL Jakarta

Sejak pertama kali DBL Jakarta resmi digelar pada tahun 2012, tak jarang Jakarta Timur mengirim wakil mereka di final. Misalnya di tahun 2013 lalu, tim putri SMAN 22 Jakarta berhasil lolos ke babak final meskipun harus tunduk dari SMAN 3 Jakarta.

Tahun selanjutnya, SMAN 22 Jakarta juga harus menghadapi SMAN 3 Jakarta di partai final. Hanya saja, hasil yang sama harus mereka telan ketika kalah dengan skor 48-54.

Baca juga: Jakarta Belum Padam! 16 Tim Akan Bersaing di Championship Series...

Di tahun 2015, dua wakil dari Timur juga berhasil lolos ke final. Mereka adalah tim putra SMAN 21 Jakarta dan tim putri SMAN 71 Jakarta. Tahun berikutnya, tim putra SMAN 71 Jakarta yang berhasil tampil di final.

Selanjutnya di tahun 2017, final DBL Jakarta justru dikuasai oleh wilayah Timur. Tim putra SMAN 22 Jakarta berhasil menuai kemenangan perdana mereka atas SMAN 71 Jakarta dengan skor akhir 58-55.

Baca juga: DBL Jakarta Barat: Lahirnya Raja Basket Ibu Kota!

Di tahun 2018, ada tim putra SMAN 61 Jakarta yang harus menghadapi SMA Bukit Sion di putaran puncak DBL Jakarta. Ini tahun pertama DBL Jakarta dipecah menjadi empat region. Tahun 2019, giliran SMAN 71 Jakarta yang menghadapi Buksi di final.

Tim putra SMAN 71 Jakarta berhasil lolos ke final DBL Jakarta Championship Series 2019

Prestasi itu berhasil dijaga hingga ke tahun 2021. Bahkan, tim-tim dari wilayah Timur berhasil mendominasi partai Fantastic Four atau semifinal. Mereka adalah tim putra SMAN 71 Jakarta, tim putra dan putri SMAN 61 Jakarta, dan tim putra SMA Al-Maruf Jakarta. Di tahun itu, akhirnya SMAN 61 Jakarta yang berhasil lolos ke partai final.

Baca juga: Ini 3 Momen Seru DBL Jakarta Championship Series 2022, Mana Favoritemu?

Di tahun 2022 lalu, tidak ada satu wakil pun dari Timur di final DBL Jakarta. Namun, keadaan bisa saja berubah di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series nanti. 

Pasalnya, jika menilik prestasi wilayah Timur di tahun-tahun sebelumnya, mereka selalu memberikan gebrakan yang mengejutkan. Seperti di tahun 2023 ini, tim putra-putri SMAN 71 Jakarta berhasil mengawinkan gelar di DBL Jakarta Timur.

Lantas, adakah wakil dari Timur nanti di final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series?

Populer

Final Overtime Setelah 20 Tahun, Gloria 1 Pertahankan Gelar Juara DBL East Java
Berbagi Kisah Sukses 20 Tahun DBL di Indonesia Sports Industry Summit 2024
Hasil DBL South Jakarta: Gonzaga Menang, Putra-putri Bukit Duri Solid!
Jadwal DBL Bali: Enam Laga Seru Malam Minggu!
Jadwal DBL Riau: Hari Kedua, Finalis Musim Lalu Langsung Melantai!