ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Antonius Ferry Rinaldo (topi hijau) saat nribun Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - South Region, Minggu (15/10).

Salah satu sosok legendaris bola basket Indonesia mengisi bangku tribun Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - South Region, Minggu 15 Oktober 2023. Dia adalah Antonius Ferry Rinaldo atau AF Rinaldo.

AF Rinaldo merupakan pemain legendaris basket Indonesia. Ia pernah memperkuat Timnas Basket Indonesia dan meraih prestasi di SEA Games 1993, SEABA 1996, dan SEA Games 2001.

Di liga Kobatama (Kompetisi Bola Basket Utama), AF Rinaldo pernah menjadi juara di tahun 1990, 1993, 1995, 1996, 2000, 2001, dan 2002 bersama Aspac. Ia juga berhasil mengangkat trofi di IBL tahun 2003 dan 2005.

Di tahun 2021 lalu, ia dipercaya menakhodai klub profesional, Amartha Hangtuah. Sebelum akhirnya ditunjuk sebagai asisten pelatih di Dewa United pada April 2023 lalu untuk mengarungi musim baru IBL 2024 mendatang.

Baca juga: Mengusung Tema Subway Surfers, AIPL Dance Tampil Memukau

Sosok AF Rinaldo terlihat mengisi bangku penonton saat pertandingan tim putri SMA Al-Izhar Pondok Labu (AIPL) kontra SMAN 82 Jakarta. Ternyata, kehadiran AF Rinaldo di DBL Jakarta Selatan dimaksudkan untuk mendukung putri kesayangannya, yaitu Byakia Anjani Rinaldo yang merupakan pemain dari AIPL.

Antonius Ferry Rinaldo saat nribun Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series - South Region, Minggu (15/10).

"Pastinya ini pengalaman dia untuk pertama kalinya di DBL, level SMA. Euforia dan gamenya sudah ia rasakan, cuma memang experiencenya masih kurang. Kalau untuk Bya, dia sudah cukup baik untuk membantu rebound, penyerangan, dan lainnya. Memang game pertama pasti sulit untuk mereka," komentar Rinaldo ketika pertandingan usai.

Bagi Rinaldo, pengalaman pertama putrinya bermain di DBL untuk pertama kalinya cukup baik, walaupun masih harus menuai beberapa catatan dari pertandingan perdana ini. Kendati demikian, Rinaldo mengatakan putrinya memiliki semangat yang baik ketika membela timnya bertanding.

Berbeda dengan keseharian Bya (sapaan akrab Byakia), yang bertanding dan berlatih bersama klub basketnya di luar tim sekolah. AIPL sendiri harus menelan kekalahan atas Daha dengan skor akhir 25-31.

"Bya antusias banget main di DBL. Berbeda ketika dia main di klub, karena ini membawa nama baik almamater, nggak apa-apa kalah, ini salah satu proses perkembangan tim mereka," ujarnya.

Lebih jauh, kehadiran AF Rinaldo di DBL Jakarta Selatan tak hanya untuk mendukung putri dan tim basket almamaternya saja. Melainkan juga sebagai bentuk apresiasinya terhadap DBL Indonesia dalam menyelenggarakan liga basket pelajar serta menjaring bibit-bibit unggul untuk pemain terbaik nasional.

Baca juga: Daha Menang Atas AIPL, Dukungan Kopadja 82 Jadi Faktor Utama!

"(Untuk student athlete), nomor satu adalah belajar, kembali ke sekolah. Tapi yang namanya student athlete, prestasi itu dibentuk dengan disiplin dan sportivitas yang tinggi. Jaga sportivitas yang sehat, karena di luar DBL bisa satu tim tapi ketika di DBL bisa saja berbeda sekolah," harapnya.

DBL Jakarta Selatan sendiri telah memasuki hari keempat. Kompetisi ini berlangsung sejak 12 hingga 21 Oktober 2023 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan. Nantinya, seluruh finalis dari empat region akan kembali bertanding di babak Championship Series untuk memperebutkan gelar juara DKI Jakarta.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY