Hari Kesehatan Mental Dunia atau World Mental Health Day diperingati setiap 10 Oktober. Seperti hari-hari lain yang memiliki perayaannya sendiri, Hari Kesehatan Mental Dunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat atas sebuah isu, dalam hal ini kesehatan mental. 

Melalui laman resminya, organisasi kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) membawa pesan “Our Minds, Our Rights”, untuk kampanye tahun 2023. WHO menekankan bahwa kesehatan mental untuk setiap manusia di dunia adalah bagian dari Hak Asasi Manusia. 

Semua orang di dunia berhak dan layak mendapatkan standar terbaik untuk mental mereka. Perlu diketahui, secara statistik, 1 dari 8 orang di dunia memiliki masalah kesehatan mental. Kesehatan mental ini berpengaruh langsung terhadap kondisi fisik mereka, cara sosialisasi mereka terhadap sesama, hingga bagaimana mereka menjalani kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial. 

DBL dalam hal ini di DBL.id juga tak tutup mata mengenai hal ini. Per musim ini, kami menyajikan rubrik baru yang bertujuan untuk mendukung kesehatan mental generasi muda yakni rubrik “Bench Talk.” Di sini, kami menjadi wadah untuk seluruh bagian dari Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 untuk bercerita mengenai apapun yang mungkin mengganggu pikiran mereka. 

Kami memang tak bisa menjanjikan solusi atas hal-hal yang dituliskan oleh narasumber kami. Namun, berkaca pada pengalaman dan data yang ada dari WHO, salah satu langkah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi adalah bercerita, baik secara langsung atau secara tulisan. 

Kami harap, rubrik Bench Talk bisa menjadi wadah tersebut. Kami harap, semua saling peduli dan sadar betapa pentingnya kesehatan mental untuk seluruh pihak, termasuk para generasi muda ini.

Permasalahan kesehatan mental bisa menyerang siapa saja dan semoga kita semua bisa terus saling membantu untuk menjaga mental setiap rekan kita di titik terbaiknya. Selamat Hari Kesehatan Mental Dunia 2023!

 

Populer

Final Overtime Setelah 20 Tahun, Gloria 1 Pertahankan Gelar Juara DBL East Java
Berbagi Kisah Sukses 20 Tahun DBL di Indonesia Sports Industry Summit 2024
Hasil DBL South Jakarta: Gonzaga Menang, Putra-putri Bukit Duri Solid!
Jadwal DBL Bali: Enam Laga Seru Malam Minggu!
Jadwal DBL Riau: Hari Kedua, Finalis Musim Lalu Langsung Melantai!